Terkena Sindrom Malas Ngeblog

Malas Ngeblog

Akhir-akhir ini saya merasa bahwa saya malas untuk ngapa-ngapain, termasuk untuk Ngeblog. Entah bermula dari mana, tiba-tiba sindrom itu menerpa begitu deras dari belakang punggung saya. Tetapi walaupun begitu saya rasa semua Blogger di dunia ini pasti pernah mengalami dimana ia tiba-tiba malas untuk Ngeblog.

Dan akhirnya dimulai dari postingan saya ini saya mulai memiliki power lagi untuk melesat jauh ke depan untuk menyusul para senior-senior blogger yang sudah meninggalkan saya jauh di dibelakang.

Dan setelah saya memiliki semangat ini lagi, saya ingat pertanyaan tentang mengapa seorang Blogger terkadang malas ngeblog atau update artikel?, Nah untuk itu saya sekalian ingin intropeksi diri kenapa saya bisa malas Ngeblog sampai hari ini.

Lupa dengan Tujuan pertama Ngeblog.

Pertama kali mengenal Ngeblog saya hanya ingin mengenal dunia internet dan mencoba-coba apa itu blog dan bagaimana rasanya menjadi seorang blogger?, dimana dia bisa membuat tulisan yang begitu panjang-panjang, yang kadang orang rela pergi ke warnet untuk mencari tulisannya itu.

Dan akhirnya saya pun keturutan untuk membuat Blog pertama kali. Dimana isinya adalah artikel-artikel kopas dan celotehan yang tidak jelas. Saya ingat sekali jika saya mulai mengenal Ngeblog di Tahun 2010. Dan disitu saya sangat berterimakasih kepada Alfian Fahrizal yang telah membimbing saya dan mengenalkan saya kepada dunia Blogger.

Dan setelah saya sejenak merenung di antara para tulisan para senior Blogger, akhirnya saya memutuskan untuk memantapkan kenapa saya Ngeblog?. dan Tujuan saya Ngeblog adalah:

"Saya ngeblog untuk menulis atau belajar menulis, dan dengan apa yang telah saya tulis ini berharap bahwa tulisan sederhana ini bisa meringakan kesulitan orang lain, walaupun itu berbentuk kebahagian emosianal yang sedikit, saya sudah bahagia, setidaknya saya bisa berguna bagi mereka"

"Dan ketika kelak saya sudah tiada, setidaknya ilmu dan pengetahuan serta apa yang pernah saya tahu tidak hilang begitu saja di saya, dan saya harap akan terus mengalir di kehidupan ini". Saya ingat kutipan disalah satu blog teman blogger saya, yaitu blognya bang Herdiansayah Hamzah,

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."

Tetapi seiring waktu yang berjalan saya hampir lupa dengan tujuan utama itu, Dan hal apa yang membuat saya sampai bisa lupa?, apa hambatan dan godaan itu?.

1. Uang

Siapa yang tidak mengenal dengan uang?, sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh manusia dimasa sekarang. Manusia berlomba-lomba untuk mencari uang, guna untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari dan guna untuk bertahan hidup dari terpaan gelombang-gelombang kehidupan.

Dari mulanya Ngeblog untuk menulis dan menjadi orang yang berguna bagi orang lain, menjadi suatu usaha untuk mencari uang dari Ngeblog. Dan sekarang saya ingat kata mbak Indri Lidiawati di salah satu tulisannya, Blogger Sejati itu bermula dari hobby, bukan karena keterpaksaan atau ketertarikan dengan uang.

Namun jika suatu saat kita mampu menghasilkan uang dengan tulisan kita bukan berarti kita sudah berubah. Tetapi kita sudah memasuki jenjang yang lebih tinggi, dari jenjang Blogger Sejati menjadi Blogger Sejati yang Profesional. Dan dari tulisan itu saya terinspirasi untuk membuat artikel dengan inspirasi dari tulisan mbak Indri itu.

2. Lingkungan

Selain minat dan keteguhan hati, lingkungan juga mempengaruhi hasil dari tujuan kita. Pada poin saya, yang saya maksud lingkungan adalah teman-teman saya. Yah, teman kita dapat mempengaruhi kehidupan kita, seperti ungkapan yang mengatakan bahwa sahabat kita mencerminkan diri kita.

Teman-teman saya didunia nyata sedikit yang mengetahui tentang Dunia Blogger. Pernah juga saya kenalkan tetang blog tetapi sekarang sudah menyerah, karena katanya "tidak bisa menulis". Mungkin ada benarnya jika blogger sebenarnya adalah untuk para "Penulis".

Jika kita tidak bisa atau sulit menulis maka Ngeblog menjadi suatu beban. Padahal disitulah salah satu manfaat Ngeblog, yaitu sebagai wadah untuk belajar menulis. Mungkin pada mulanya kita susah untuk menulis, tetapi jika kita disiplin maka akan menjadi kebutuhan yang menyenangkan.

3. Menulis butuh waktu lama

Kadang sebagai blogger kita merasa untuk membuat artikel butuh waktu yang relatif lama. Dan jika begitu berarti lamanya waktu itu akan menjadi kualitas dari tulisan atau artikel kita. Karena waktu itu adalah bahan untuk berfikir dan menulis.

Dan yang saya juga sedihkan disini adalah ketika tulisan kita yang susah payah kita buat ternyata dikopas tanpa izin dari kita. Apalagi dikopas oleh blog AGC, yang secara rutin mengambil artikel kita dengan di spin terlebih dahulu.

Tetapi jika kita ingin menjadi Blogger Sejati, hal ini bukanlah tembok penghalang, tetapi akan menjadi tangga kita untuk mempelajari lebih jauh tentang ilmu Blogging seperti SEO dan bagaimana kita menciptakan blog yang berkualitas dan profesional bagi semua orang.

Mungkin itulah beberapa alasan yang menyebabkan saya malas menulis atau Ngeblog. Dan saya berharap mulai dari sekarang saya akan terus menulis. Setidaknya inilah Hobby pilihan saya. Hobby Ngeblog atau bisa dikatakan Hobby Menulis.

Baca Juga: Motivasi untuk menulis artikel blog

Karena bagi saya menulis adalah hal yang luar biasa, dimana kita mampu mengungkapkan apa yang dipikiran kita menjadi sebuah tulisan yang dapat dibaca oleh orang lain. Dan tentunya menulis bukan hobby biasa. Karena menulis butuh wawasan yang mengajak kita utuk terus membaca, seperti pepatah yang mengatakan,

"Penulis yang baik dimulai dari Pembaca yang baik."

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para sahabat, khususnya bagi para sahabat blogger agar tetap semangat berkarya dengan tulisan-tulisan yang sangat bermanfaat. Salam dan Happy Blogging.

8 comments:

  1. Replies
    1. tapi jangan kalah dengan rasa malas sob, tetap berkarya :D blogger adalah seorang penulis yang berbagi pengetahuan kepada sesama, :D

      Delete
  2. Terkadang malas memang menjadi masalah dalam ngeblog y mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dan banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk juga kesibukan dan tuntutan didunia nyata. :)

      Delete
  3. Kuncinya bisa menikmati aktifitas blogging ya sob. Mantap nih, jadi makin semangat jadi blogger sejati, pastinya uang, reputasi, dan pengunjung mengalir dengan sendirinya.

    Salam dari masalvi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dan yang paling utama bagi saya adalah menjadi seorang blogger yang menulis untuk berbagi, salam kenal juga mas

      Delete
  4. Karena malas nulis, saya malah pernah hiatus begitu lama, saya menyesal menuruti kemalasan menulis, saya pikir menuruti rasa malas tidak akan memberikan manfaat apapun buat kita, dan benar saja, pembaca pun berkurang karena saya hiatus pada waktu itu, so, in conclusion pas lagi males, jangan diturutin malesnya. hehe :)

    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sepertinya sekarang malah lagi hiatus mas, karna kesibukan di dunia nyata seperti kesibukan di kampus... :)

      Delete