Motivasi Untuk Menulis Artikel Blog

Motivasi Untuk Menulis Artikel Blog

Sebagai seorang Blogger, kita akan bersahabat dengan aktivitas yang namanya menulis. Dan jika kita belum bisa menulis artikel sendiri berarti belum sepenuhnya disebut seorang Blogger. Walaupun menulis adalah aktivitas utama seorang blogger, tetapi terkadang kita juga bisa membeli artikel di pihak ketiga.

Yang beli artikel-artikel seperti ini biasanya adalah para blogger yang membangun blog/websitenya untuk mencari pundi-pundi dolar/rupiah, atau mungkin belum bisa menulis artikel sendiri, atau bisa juga karena tidak punya banyak waktu untuk membuat artikel.

Bagi blogger yang menulis sendiri artikelnya seperti saya, terkadang ada waktunya kita tehempas oleh rasa malas untuk menulis, atau dibilang down menulis. Jadi kita membutuhkan percikan-percikan cahaya motivasi agar kita bisa semangat untuk menulis lagi.

Baca Juga: Kenapa blogger malas menulis artikel?

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi motivasi menulis pada sahabat blogger. Walaupun sebenarnya saya juga masih berjuang untuk melawan rasa malas ini setiap hari. Disini saya akan membedakan motivasi menjadi 2 yaitu sesuai dengan tujuan utama kita menjadi seorang blogger.

1. Blogger untuk mencari Uang.

Pada era kini, semakin banyak blogger yang bermunculan, yang mayoritas bertujuan untuk mencari uang di dunia maya melalui blog-blog mereka. Tidak hanya 1 sampai 3 blog, tetapi puluhan blog dibuatnya untuk mencapai target penghasilan tertentu.

Adapun hal yang harus selalu kita pegang teguh dalam hati kita, agar diri kita tetap termotivasi untuk selalu berjuang keras mencari uang dengan menulis artikel dan menjadi seorang blogger. Yaitu mengetahui manfaat menjadi seorang blogger.

a. Menebar manfaat kepada semua orang

Bekerja dengan membuat blog yang banyak, berarti kita ikut menyumbang tempat untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Tahukah kita, saat orang berkunjung ke blog kita pada detik itu juga kita mencoba untuk membantu mereka dengan artikel yang telah kita buat dan beli.

Semakin banyak artikel berarti semakin banyak kita menyumbang informasi dan membantu semua orang. Disini pasti ada kebahagian rohani dalam hati kita, dimana pekerjaan kita tidak hanya memberi manfaat bagi kita, tetapi bermanfaat bagi orang lain.

Dan bagaimana dengan blog yang kontennya gambar, vidio, template blog, dll yang bukan mengutamakan artikel?, jawabannya adalah sama saja, semua itu pasti dibutuhkan oleh orang.

Apa ada pengunjung yang datang ke blog/website kita tanpa ada tujuannya?, setidaknya saling menjalin silahturahmi antar blogger bukan?.

b. Bisa dilakukan dimana saja

Pekerjaan menjadi seorang full-time blogger sangatlah pantas menjadi pilihan utama jika kita adalah seorang yang ingin bekerja tanpa dibatasi oleh jam kerja. Kita bisa melakukan pekerjaan dimana saja, sambil dengerin musik di kamar, hingga di taman sambil lihat orang-orang lewat (cewek-cewek hingga kakek-nenek).

c. Mempunyai banyak waktu

Dengan kita bekerja dimana saja dan kapan saja, akan membuat kita mempunyai banyak waktu  bersama untuk keluarga dan teman-teman kita. Tidak ada yang namanya tanggal warna hitam dan merah pada kalender para logger, karena menurut blogger tanggal bisa jadi merah dan hitam kapan saja, sesuka kita. Kita tidak harus bekerja setiap hari, jika kita ingin libur, yaa libur saja.

2. Blogger untuk Menulis

Sedangkan untuk blogger yang ini sangatlah keren menurut saya. Mereka menjadi blogger untuk menulis bukan untuk mencari uang semata. Tetapi meskipun kita bertujuan untuk menulis, tetapi kita harus memanfaatkan blog kita untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblog kita.

Blogger seperti ini adalah para sahabat yang hobinya menulis dan membaca, kenapa membaca juga dimasukkan?, karena sebelum menjadi seorang penulis yang baik kita harus menjadi seorang pembaca yang baik.

Adapun manfaat dari aktivitas ngeblog kita yang dapat kita jadikan motivasi untuk terus melanjutkan ngeblog kita.

a. Menulis membuat kita cerdas dan pintar

Saya lupa dari mana saya pernah membaca tentang statment ini, tetapi menurut saya hal ini benar adanya. Tahukah sahabat bahwa tidak semua orang itu bisa menulis seperti seorang blogger?, banyak dari mereka pandai dan pintar dalam menerima informasi dan pengetahuan, tetapi tidak semua dari mereka bisa membagikannya/mengamalkannya dengan baik.

Mengamalkan suatu ilmu dapat dilakukan dengan suara dan tulisan. Jadi agar ilmu yang kita miliki bermanfaat maka kita harus bisa mengamalkannya dengan bisa menuliskannya atau mengungkapkannya seperti menyampaikannya dimuka umum.

b. Menulis adalah hobi yang baik

Daripada kita menghabiskan waktu luang yang tidak produktif seperti bermain game online. Lebih baik kita menulis dengan menjadi seorang blogger. Hal ini menurut saya lebih produktif daripada menghabiskan waktu dengan bermain game, bersosial media dan nongkrong dipinggir jalan.

Baca Juga: Kenapa harus berhenti bermain Game Online?

Berikut ini adalah beberapa kata-kata bijak menulis, yang meningkatkan motivasi saya untuk menulis:

1. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. (Pramoedya Ananta Toer)

2. Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi. (Helvy Tiana Rosa)

3. Sepintar dan Secerdas apapun anda bila itu hanya ada di otak anda, maka anda bukanlah termasuk orang yang Pintar dan Cerdas seperti kata orang. Tetapi, sebodoh dan setolol apapun anda, bila anda mampu merangkai imajinasi dan kata kata dalam tulisan maka anda bukanlah sebodoh dan setolol seperti yang orang-orang katakan. Maka menulislah!, biar kelihatan anda itu sebenarnya pintar atau bodoh. (Askar Marlindo)

4. Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya. (Stephen King)

5. Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis. (Imam Al- Ghazali)

6. Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya. (Stephen King)

7. Apa boleh buat, jalan seorang penulis adalah jalan kreativitas, di mana segenap penghayatannya terhadap setiap inci gerak kehidupan, dari setiap detik dalam hidupnya, ditumpahkan dengan jujur dan total, seperti setiap orang yang berusaha setia kepada hidup itu sendiri satu-satunya hal yang membuat kita ada. (Seno Gumira Ajidarma)

8. Jika aku menulis dilarang, aku akan menulis dengan tetes darah. (Wiji Thukul)

9. Seorang penceramah akan menginspirasi orang-orang dalam ruangan. Sedangkan, seorang penulis mampu menginspirasi seluruh dunia disaat yang bersamaan. Dan berlangsung ber abad-abad.

10. Buku adalah sahabat orang-orang berilmu. Saat mereka berdiskusi dengan bukunya, mereka diam-diam mengagumi dan mendoakan penulisnya.

11. Sebuah tulisan yang menggugah, akan menjadi amal yang tidak mampu anda hitung jumlahnya.

12. Seorang penulis adalah seorang pembicara yang mampu menembus ruang dan waktu.

13. Selembar artikel yang telah anda tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa mendatang.

14. Anda tidak selamanya bisa berbicara, dan tidak selamanya juga bisa bergerak membantu orang. Tetapi tulisan yang anda tulis akan selamanya mampu dimanfaatkan oleh orang.

15. Buku selalu disanjung-sanjung oleh orang-orang berilmu. Itulah sebabnya penulis mampu mengubah dunia ini.

16. Menulis akan menambah pengetahuan anda, dan juga menjaga ilmu anda agar tidak hilang.

17. Anda tidak akan mampu menghitung jumlah orang yang anda bantu melalui satu buku bermanfaat yang anda tulis.

18. Jika hari ini anda pintar dalam menulis, itu akan menjadi salah-satu kemampuan yang paling anda syukuri di masa mendatang.

19. Kita mampu menjadi seorang ilmuan meskipun tanpa sekolah, tetapi tidak tanpa tulisan.

20. Menjadi seorang penulis bukan hanya sekedar menghasilkan tulisan yang mantap. Ini juga tentang mempermantap daya pikir kita.

21. Menulis adalah jalan menuju surga. (Zain alfaruq)

22. Karena Menulis Adalah Cara Kita Berbicara Dengan Zaman. (Herdiansyah Hamzah)

Baca Juga: Belajar inovasi bisnis dari sejarah google adsense

Demikianlah postingan kali tentang Motivasi Untuk Menulis Artikel Blog. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kita, khususnya bagi para sahabat blogger yang membutuhkan sebuah motivasi. Salam blogger.

4 comments:

  1. Setuju sama semuanya, saya seneng baca-tulis dan bangga rasanya bisa membagi ilmu dengan yang lain. Kalo soal uang itu kan bonusnya ya kang... :)

    Salam sukses dari Surabaya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, saya juga berfikiran seperti itu, kalau menulis cuma memburu uang rasanya hati tidak nyaman. Kita harus menikmati setiap apa yang kita lakukan, termasuk juga menulis sebagai seorang blogger yang berbagi pengetahuan dan bermanfaat bagi orang lain... Salam blogger gan :)

      Delete
  2. Eeh aku ngeblog untuk menulis loh, berarti aku keren dong. Hahaha.. Makasih sharingnya ya, salam kenal dari nurulnoe.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deh, mbak nurul memang keren :D thanks juga atas kunjungannya :)

      Delete