Kenapa harus berhenti bermain Game Online?

berhenti bermain Game Online

Kenapa harus berhenti bermain Game Online?. Inilah pertanyaan yang pertama muncul dari diri saya ketika hati ini bertekad untuk Move On dari dunia Game. Dan Alhamdulilah sekarang sudah tidak lagi bermain Game Online dan terlepas dari kebahagiaan yang semu ini.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa alasan kenapa saya harus meninggalkan Game Online dan memulai hidup yang baru dengan pencapaian dan harapan yang nyata. Sebenarnya postingan ini juga ingin saya tunjukan pada teman saya yang sekarang kecanduan Game Online dan berharap mulai sekarang untuk tidak menjadi candu lagi.

Inilah Alasan Kenapa Harus Meninggalkan Main Game Online

1. Banyak waktu yang terbuang

Semua aktivitas manusia pasti memperlukan waktu, termasuk bermain Game Online. Tetapi kadang kita harus selektif dan lebih bijaksana dalam memanfaatkan waktu yang diberikan Tuhan pada kita. Setiap detik ini berharga dan hidup ini sangat pula berharga jika disia-siakan.

Dulu saya merasa bermain Game adalah hal yang menyenangkan dan mampu menghilangkan rasa jenuh dan bosan pada rutinitas aktivitas saya. Dan inilah awal saya menjajaki dunia semu ini dan terpesona keindahannya.

Dan dari awal yang coba-coba, akhirnya saya ketagihan untuk bermain lagi, lagi, dan lagi. Ketika ada waktu luang baik itu pagi, siang, maupun malam terus bermain game. Terasa dalam fikiran ini hanya berfikir tetang game, game, dan game lagi.

Entah berapa waktu yang terbuang karena itu, waktu yang harusnya untuk tidur, belajar, dan bekerja tersita untuk bermain Game. Pernahkan sahabat berfikir, ketika kita sedang bermain Game, mungkin teman-teman kita sedang sibuk untuk menyiapkan diri untuk SUKSES dengan Belajar dan Bekerja Keras?.

Mungkin sekarang sahabat masih dalam tanggung jawab Orang Tua, tapi apakah kita baru memikirkan masa depan kita setelah Orang Tua tidak lagi bertanggung jawab atas hidup kita. Dan mugkin pada waktu itu semua sahabat kita sudah merasakan SUKSES dari jerih payahnya selama kita masih bermain Game Online.

Sukses itu tidak mudah, dan butuh waktu yang sangat panjang. Dan alangkah bijaknya jika waktu yang dipakai untuk bermain Game kita alihkan untuk membangun Kesuksesan kita di Masa Depan.

2. Kebahagiaan dan Pencapaian yang Semu/Tidak Nyata

Saya merasa didalam game kita lebih dihargai oleh orang lain, benar bukan?. Walaupun kita seorang pemulung jika kita pandai bermain game itu maka kita akan lebih dihargai dari pada saat kita menjadi pemulung didunia nyata.

Namun sayangnya, Kebahagiaan dan Pecapaian itu semu, tidak nyata, dan sementara. Kita hanya bahagia di dunia Game itu, dan hanya dihargai dan dipuji oleh para pemain yang berada di game yang sama. Gimana jika berada di Game yang lain?.

Di Game yang lain mungkin kita tidak lagi dipuji oleh para Gamer lain, malah sebaliknya kita menjadi seorang pemain yang baru/Newbie. Sedangkan Game di era ini sangatlah banyak, bertambah dan selalu berkembang.

Dan suatu saat nanti tidak menuntut kemungkinan Game yang sedang kita mainkan di TUTUP. Dan segala sesuatau yang kita dapat akan Hilang dalam Sekejap. Dan waktu yang kita habiskan hanya terbuang begitu saja dan tidak dapat kembali pada diri kita.

3. Game berbeda dari Kehidupan kita

Semua yang ada di Game bukanlah sesuatu yang benar-benar nyata. Mungkin alur ceritanya sama namun rasa untuk menjalankannya tetaplah semu. Ketika kita berhasil menjadi pembalap nomor satu digame bukan berarti kita benar-benar nomer satu didunia nyata.

Karena untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan di dunia nyata tidak semudah bermain game, tidak semudah duduk didepan laptop kita dan menggerakkan jari-jari kita.

Di dalam kehidupan nyata kita perlu menguras segala tenaga dan fikiran kita untuk mencapainya, tubuh ini, fikiran ini, skill ini, semuanya yang mencerminkan diri kita akan mengambil bagian dalam proses perjalanan hidup kita.

Berbeda dengan bermain Game yang sebagian besar adalah dari imajinasi para Game Developer atau Game Desainer. Ketika kita berhasil menang di dunia game, dan mendapat banyak pujian dari para gamer lain bukan berarti kita akan mendapat pujian dari keluarga, tetangga, dan teman-teman kita.

Mungkin tetangga kita malah beranggapan bahwa kita adalah orang yang malas dan kerjaannya hanya duduk-duduk dirumah. "Mana mungkin dia akan menjadi orang sukses jika pekerjaannya gitu-gitu saja tiap hari?".

Agar postingan ini tidak berat sebelah, maka adapun beerapa manfaat yang bisa kita dapat dari bermain Game Online, yakni sebagai berikut ini :

Manfaat Dari Bermain Game Online

1. Mungkin akan menjadi Developer Game

Banyak dari para Developer Game mulanya adalah seorang Gamer. Mungkin semuanya akan melewati masa untuk menjadi seorang Gamer dahulu sebelum ingin menjadi seorang Gamer Developer yang sukses dimasa depan.

Game Developer adalah seorang pembuat Game yang meliputi Game Desainer, Game Artist, Game Programer, dll. Dan menurut saya mereka bukanlah orang yang gagal, tapi mereka adalah sesorang yang bekerja didunia imajinasi dan menyenangkan.

Sekarang Game tidak hanya ada perang dan petualangan yang penuh imajinasi, tetapi sekarang Game juga digunakan untuk mendidik dan Promosi atau Marketing yang cukup efektif.

2. Meningkatkan Imajinasi anak

Game adalah dunia imajinasi, didalam game anak akan belajar berbagai macam pelajaran yang di berikan oleh para Game Developer. Dan semua itu akan meningkatlan IQ dari si anak. Namun sayangnya banyak anak yang terlalu sering berimajinasi sehingga melupakan kehidupan nyata disekitarnya. Mungkin disinilah orang tua harus memperhatikan aktivitas dari si anak.

3. Menghilangkan stress

Saya merasa Game adalah tempat untuk menghilangkan stess yang cukup murah dan ada dimana saja, dari Laptop, Handphone, PS semuanya ada Gamenya. Di dalam game kita mampu melupakan sejenak rutinitas kehidupan kita yang membosankan, tapi tetap ingat bahwa itu sementara dan keindahan kehidupan nyata kita tidak sama dengan keindahan kehidupan di dalam Game.

Baca Juga: Keputusan saya meninggalkan facebook

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang kenapa saya harus meninggalakan dunia game online. Mungkin setiap orang memiliki pendapat yang berbeda, karena kita memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat atau opini masing-masing. Namun saya berharap postingan ini bermanfaat.

10 comments:

  1. Yang terpenting kita bisa mengatur waktu sesuai porsinya. Kalau saya jarang main game online. Lebih suka baca buku, googling atau nonton, mudah-mudahan dengan artikel ini kita bisa menjadi bijak. Makasih mas.

    Selain game programmer pasti ada game tester yang mencoba atas kualitas game sebelum diedarkan ke publik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, setuju, harus pintar untuk membagi waktu. Saya juga lebih suka googling dan nonton film, kalau membaca buku saya tidak sering, tetapi lebih sering membaca artikel di Blog teman-teman blogger, hehe, :)

      Delete
  2. untung saya ga suka nge-game hehehee *sayang leptop juga kalo keseringan bwt game*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, bener mbak, kasian laptop jika sering buat Ngegame, soalnya Game itu butuh kinerja lebih dari Laptop, terutama Game sepeti DOTA2 pasti membutuhkan spesifikasi RAM dan Processor yang lebih besar.

      Delete
  3. Alhamdulilah saya gak bisa game online. hehehe

    ReplyDelete
  4. Hihi sebenarnya saya dulu juga terlalu banyak mehabiskan waktu untuk bermain game online, tapi itu ketika SMP. Yah masih saya anggap wajar lah. Toh, itu juga masih anak2 yang suka main. Tapi semenjak lulus SMA sampai kuliah sekarang, masih maen. Lebih serius malah, tapi untuk kesenangan semata. Ada waktunya juga, Weekend dan Libur Semester.
    Yah pinter2 atur jadwal aja, ketika kuliah ya belajar diselingi main. Ketika Libur ya main diselingi belajar ^^
    -----
    main2 ke blogpost ane yang lain nya yak gan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, benar sekali gan, yang penting adalah bagaimana kita mengatur waktu dengan baik, efektif dan efesien :)

      Delete
  5. Saya juga dah tobat main game online, wkwkwk
    dulu berjam jam betah ngadep monitor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, semoga bisa konsisten ya gan.. yah akhirnya nyep*m juga yak ^_

      Delete