Masa Depan Bitcoin dan Mata Uang Digital Lainnya

Masa Depan Bitcoin dan Mata Uang Digital Lainnya

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital (virtual/cryptocurrency) yang saat ini sedang menjadi trending topic dimana-mana, dimana terdapat pro dan kontra dengan penggunaan jenis mata uang ini.

Bitcoin sendiri dibuat ditahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, namun pada saat itu bitcoin belum dikenal secara luas dan nilainya pun masih belum setinggi sekarang.

Saya sendiri mengenal bitcoin dikisaran tahun 2013-2014 saat masih duduk dibangku kuliah, dimana saya tidak sengaja dikenalkan oleh teman saya yang sangat tertarik dengan mata uang digital/virtual tertua ini.

Meskipun sudah mengetahui informasi dasar dari jenis mata uang ini jujur saya belum begitu tertarik untuk memilikinya. Hingga lambat laun nilai bitcoin semakin naik dengan fluktuasi harga yang membuat untuk berfikir dua kali juga.

Jika saya cek grafik harga bitcoin (BTC/IDR) di akun coinbase maka data menunjukkan bahwa harga bitcoin di awal tahun 2013 bernilai Rp 128.646. Nilai yang terbilang masih rendah ini adalah saksi masih baru dan minimnya peminat mata uang digital ini.

Harga Bitcoin Tahun 2013

Sedangkan jika dilihat dari interval waktu yang lebih panjang, terdapat perbandingan harga mencolok selama 5 tahun ini, dari 1 keping BTC berharga Rp 128.646 atau Rp 128.815 (2/1/13 07.00) menjadi Rp.203.248.845 (9/1/2018 07.00).

Harga Bitcoin Dari Tahun 2013 Sampai 2018


Dan puncak kenaikan harga bitcoin yang paling signifikan adalah pada tanggal 6/12/2017 07.00 hingga 8/12/2017 07.00, dimana dari Rp 165.537.472 - Rp 214.253.345. Dan pucak harga tertinggi pada tgl 17/12/2017 19.00 dengan kisaran harga mencapai Rp 268.447.765, nilai yang terbilang sangat fantastis (rekor tertinggi).

Bitcoin juga dikenal dengan fluktuasi harga, wajar tidak sedikit orang yang takut dan sebagian lainnya tidak menganjurkan untuk berinvestasi dengan bitcoin. Meskipun demikian, secara pribadi saya selalu percaya bahwa nilai bitcoin dimasa depan akan terus meningkat.

Meningkatnya nilai bitcoin akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah,

1. Jumlah pasokan yang terbatas

Bitcoin memiliki jumlah yang terbatas dan tidak bisa dikembangbiakan. Sistem bitcoin yang disentralisasi membuat suplai bitcoin yang bisa beredar hanya maksimal di angka 21 juta bitcoin dimana setiap 1 bitcoin terdiri dari 100 juta unit.

Sedangkan menurut Oscar Darmawan, Chief Executive Officer (CEO) Bitcoin Indonesia, dalam wawancaranya dengan CNNIndonesia memperkirakan bahwa bitcoin 21 juta ini akan habis pada tahun 2040.

Jadi mata uang digital ini tidak bisa dimonopoli oleh beberapa pihak, seperti halnya mata uang konvensional yang bisa dimonopoli oleh oknum tertentu.

2. Akan menjadi salah satu teknologi penting di masa depan

Teknologi akan terus berkembang, seperti halnya bitcoin yang lambat laun tapi pasti akan menggeser mata uang konvensional. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan manusia yang menginginkan segala sesuatu yang lebih praktis dan mempermudah.

Bitcoin atau mata uang digital memanfaatkan sistem yang bisa berjalan sendiri tanpa adanya ketergantungan kepada server yang terpusat, bisa dikatakan sebagai sebuah sistem yang independent.

Dimana seluruh servernya terdesentralisasi dan seluruh transaksinya terverifikasi secara otomatis tanpa ada campur tangan dari manusia. Hal ini jelas sangat berbeda dengan mata uang konvensional.

Bahkan Bill Gates dalam pesan surel kepada CNNIndonesia bependapat,

"BitCoin is a technological tour de force", yang berarti sebagai sebuah pencapaian teknologi yang luar biasa. Selama masih ada 1 pengguna saja, pengguna BitCoin di internet maka jaringan bitcoin tidak akan down karena sifat servernya yang terdesentralisasi

Saat ini bitcoin sudah dilegalkan dibeberapa negara, seperti di negara jepang, amerika serikat, dan bahkan di Eropa. Di AS industri yang bergerak bitcoin sudah diawasi oleh FSA (Financial Services Agency), sedangkan perkembangan paling pesat untuk saat ini adalah di negara Jepang.

Negara jepang untuk saat ini masih menjadi salah satu negara dengan perkembangan bitcoin atau cryptocurrency terpesat didunia. Bahkan dijepang pemerintah mengubah Undang-undang hanya untuk menyambut kedatangan bitcoin (cryptocurrency).

Berbanding terbalik jika di indonesia, di indonesia bitcoin dan mata uang digital lainnya (cryptocurrency) masih belum sepenuhnya diterima. Hal ini terlihat dari adanya larangan Bank Indonesia (BI) untuk para pedagang (merchant) untuk tidak menerima pembayaran transaksi menggunakan mata uang digital, seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menegaskan bahwa bitcoin dan mata uang digital lainnya bukanlah alat pembayaran yang sah dan diakui oleh BI, sehingga sudah seharusnya tidak boleh digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran

"Sebaiknya merchant jangan menerima (uang digital) sebagai alat pembayaran. Nanti kalau ada apa-apa, BI sudah bilang bahwa jangan menerima itu," ujar Mirza di kawasan Kuningan kepada CNNIndonesia, Rabu (6/12/17).

Larangan itu dikeluarkan mungkin saja karena memang belum adanya aturan atau regulasi yang pasti yang dikeluarkan oleh pemerintah, disini adalah BI terkait dengan penggunaan cryptocurrency di Indonesia.

Dan tentunya hal ini juga bisa diartikan sebagai salah satu upaya dari pemerintah Indonesia untuk menjaga nilai tukar rupiah agar tetap stabil, dimana rupiah adalah alat tukar utama di negara tercinta ini, Indonesia.

Kabar baiknya, meskipun saat ini ada larangan bitcoin sebagai alat pembayaran, pemerintah indonesia masih membiarkan teknologi ini terus berkembang.

Pemerintah indonesia sebenarnya sudah menyadari bahwa ini adalah tentang kemajuan teknologi yang sulit untuk ditolak. Mereka tidak ingin mengulang untuk tertinggal lagi dalam dunia teknologi seperti halnya tertinggal di era Internet.

Mata Uang Bitcoin

Selain penerimaan yang sangat baik seperti di Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa, adapun beberapa negara yang menghambat perkembangan/masuknya bitcoin dan mata uang digital lainnya seperti halnya di Indonesia, diantaranya adalah China, Singapura, Rusia dan Korea Selatan.

Masih banyak negara-negara lain di dunia yang menerima dan juga menolak, namun sepengetahuan saya masih banyak yang merima daripada yang menolak. Sedangkan menolakpun saya rasa karena belum adanya persiapan yang matang dari pemerintah.

Harga Bitcoin Turun (16/01/18)

Ketika menulis artikel ini adalah saat-saat dimana bitcoin masih sangat hangat akan berita kenaikannya. Namun saat saya ingin mempublikasikan artikel ini, ternyata harga bitcoin sedang turun.

Harga Bitcoin Turun

Dalam grafik harga bitcoin yang saya ambil dari statistik akun coinbase diatas, kita dapat melihat adanya penurunan yang tidak begitu konstan tapi begitu terasa dikantong.

Siang hari tanggal 16/01/18 jam 12.08 bitcoin bertahan di harga 174.075.584 rupiah. Angka yang masih besar namun terasa menyedihkan jika kita bandingkan dengan nilai bitcoin di bulan Desember 2017 kemarin.

Inilah bitcoin, bitcoin yang dikenal dengan mata uang dengan nilai tertinggi didunia melebihi nilai Dolar AS juga dibayangi dengan fluktuasi harga yang sulit ditebak oleh siapa saja.

Statistik harga Bitcoin sekarang berbanding terbalik dengan harga Ethereum. Ethereum yang dikenal sebagai mata uang yang lebih muda dari bitcoin mulai memberikan harapan yang baik.

Harga Ethereum Dari Tahun 2017 sampai 2018 Meningkat


Harga Ethereum 16.01.2018


Dari grafik harga diatas dapat terlihat bahwa harga Ethereum sedikit demi sedikit mengalami kenaikan yang nampak mendekati konstan. Dan di jam 12.27 16/01/18 berada diharga Rp 16.443.883 rupiah. Meskipun begitu harga bitcoin tetap menjadi yang tertinggi diantara mata uang digital lainnya.


Images source: Bitcoin Colombia, Screenshot

4 comments:

  1. Artikelnya bermanfaat mas.. keren banget penulisanya mas
    ,mas ngomong-ngmog bolehkah saya minta template yang di gunakan/ yang di pake mas aries ini, ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas,

      Untuk templatenya ini cuma template bawaan blogger mas (simple template), tetapi saya ubah sedikit agar beda dari yang lain, jadi gak bisa saya bagikan. Maaf ya mas..

      Delete
    2. Iya dech mas, maaf juga kalo lancang hehe.. saya seneg banget setiap kali ke blognya mas aries, enak di baca enak di pandang, update terus ya mas ..apa lagi yang tips tips blogger terbaru hehe

      Delete
    3. Santai aja gan, hehe

      Nah itu, jarang update. Blognya agan juga udah bagus kok, semangat ngeblog dan salam kenal ya mas, hehe

      Delete