Ilmu dan Pengetahuan Itu Mahal, Mengapa Menjadi Blogger?

Ilmu dan Pengetahuan Itu Mahal, Mengapa Menjadi Blogger

Era digital adalah era yang sangat berbeda dari era nenek kakek kita. Di masa itu untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan tidaklah semudah sekarang, karena saat itu perlu sebuah interaksi langsung antar individu untuk memperolehnya.

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis, pengetahuan belum tentu sebuah ilmu. Tidak hanya itu, pengalaman, wawasan, dan informasi sekarang dapat dengan mudah kita dapatkan.

Antara seorang blogger dan bagaimana mudahnya kita mendapatkan ilmu dan pengetahuan, ilmu itu mahal, pengetahuan itu mahal. Kenapa blogger dengan mudahnya mebagikan semua itu?.

Pertanyaan ini kadang muncul dibenak orang yang belum mengetahui dunia blogger/internet, dan hanya mengetahui berbagai artikel di internet yang telah mereka baca saat sedang mebutuhkannya.

Dilema Biaya Pendidikan Mahal

Tidak hanya mereka yang gaptek (gagap teknologi), kita yang sudah melek teknologi juga kadang berfikir akan dilema masih mahalnya pendidikan di indonesia, dari jenjang SD, SMP, SMA, hingga Kuliah.

Untuk menempuh jenjang pendidikan itu tidaklah sedikit biaya yang kita/orang tua kita keluarkan. Itu juga belum biaya sekundernya, misalnya uang tranport, uang jajan, uang print, dll.

Tidak berhenti pada institusi edukasi yang besar, di kursuspun kita membutuhkan uang yang tidak sedikit. Misalnya adalah jika kita ingin mengikuti kursus komputer (Menjalankan Ms.Word, Ms.Excel, dll), kursus memakai program SPSS dan juga program Photoshop.

Saya kadang pernah berfikir, mungkin yang mahal bukanlah ilmu atau pengetahuan yang mereka dapatkan, namun lembar kertas yang mereka dapatkan setelah lulus, sebuah ijazah atau sertifikat.

Jadi sudah wajar jika ada orang yang pendidikannya (resmi) rendah bisa menjadi orang besar, karena mereka sebenarnya sudah punya ilmu dan pengetahuannya, karna ijazah dan sertifkat tidak bisa menjadi tolak ukur secara totalitas.

Stardart kertas yang digunakan untuk mencari kerja, kemampuan, dan kepribadian setiap individu yang unik, akan menjadi kontras jika di lihat dari kehidupan realita masing-masing.

Blogger dan Kontribusinya

Sekarang kita masuk ke Blogger,

Blogger adalah orang yang memiliki sekaligus mengelola sebuah blog, namun bisa melebar ke webmaster dan IMers (Internet Marketing). Umumnya adalah orang yang menulis artikel-artikel di internet.

Bedakan juga antara blog (weblog) dan website, karena fungsi utamanya memang berbeda. Sedangkan seorang blogger lebih ke pengelolaan blog (menulis), namun bukan berarti tidak bisa mengelola sebuah website.

Kita tidak bicara teknis web lebih dalam, tapi bicara tentang apa yang telah disumbangkan oleh para blogger, khususnya blogger di indonesia.

Berkali-kali saya terbantu dengan artikel-artikel mereka, karena ada suatu ketika kita pasti akan membutuhkan ilmu atau pengetahuan yang mereka miliki, karena setiap orang pasti memiliki ilmu dan pengetahuan yang berbeda-beda sesuai dengan bidang yang mereka kuasai.

Jadi dengan banyaknya blogger-blogger yang muncul akan membuat informasi bertebaran di internet, baik itu sebuah ilmu, pengetahuan, pengalaman, maupun sekedar informasi.

Tanpa adanya blogger, kita tidak dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan di internet, dan terimaksih juga untuk Search Engine seperti Google, Yahoo, dan Bing yang selama ini membantu untuk mempetakan blog berdasarkan relevansi kata kunci yang kita ketik dengan isi artikel.

Tujuan Menjadi Blogger

Setiap blogger itu adalah individual yang unik dan berbeda, oleh karena itu berbeda pula bagaimana awal mereka mengenal tentang dunia blog beserta apa tujuannya.

Secara umum menurut saya ada beberapa tujuan yang mungkin dimiliki oleh seorang blogger, diantaranya sebagai berikut,

1. Saling berbagi ilmu dan pengetahuan

Berbagi adalah sesuatu yang indah, saat kita berbagi ilmu dan pengetahuan melalui blog mungkin saja itu menjadi solusi yang sedang orang lain butuhkan saat ini.

Percayalah ketika ada orang lain yang mampu kau bahagiakan (bantu), kamu juga akan merasa bahagia karena itu. Hal ini juga dirasakan oleh para blogger saat artikelnya mendapatkan komen yang berisi ucapan terimakasih.

Kata "terimakasih" dan "artikelnya bermanfaat" itu saja mampu menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi seorang blogger. Mereka akan merasa bahwa karyanya telah dihargai, dan merasa tidak sia-sia dia telah menulisnya.

2. Ingin terkenal di dunia maya

Menjadi blogger dan memiliki blog atau website, bisa menjadi salah satu cara kita menunjukkan kualitas/personalia diri kita pada publik. Dengan kamu dipercaya akan konten/artikel yang kamu buat, itu bisa jadi menunjang karier kita, yang tentunya antara karier dan isi blog harus relevan.

3. Mendapatkan uang/penghasilan

Sudah tidak asing jika mendengar ada orang yang sukses dan menghasilkan banyak uang dengan menjadi seorang blogger. Karena era itu telah muncul sejak lebih dari 7 tahun yang lalu.

Dan untuk menjadi seorang blogger Pro memang butuh waktu dan tenaga, namun usaha selalu setia dengan hasil, jadi lakukan saja yang terbaik sampai kamu bisa menjadi salah satu blogger pro yang bisa menghasilkan banyak uang.

4. Melatih atau hobi menulis

Blogger juga bisa dikatakan sebagai aktivitas membaca dan menulis, karena tanpa menjadi pembaca yang baik tidak mungkin bisa kita menjadi penulis yang baik.

Jadi untuk sobat yang ingin belajar menulis seperti saya, bisa mencoba menjadi seorang blogger. Berbeda ketika kamu menulis dikertas, di blog tulisanmu bisa dilihat secara publik dengan mudah.

5. Mencari teman atau jaringan sosial

Seperti media sosial lainnya, blog juga bisa menjadi sarana untuk bersosial dan berbagi informasi. Dan kelebihan blog dari media sosial umumnya adalah dibuat khusus untuk memuat konten yang lebih lengkap. Bahkan bisa kita anggap seperti rumah kita di internet, karena tampilannya bisa didesain sesuka kita, lebih dinamis.

5 tujuan atau alasan menjadi seorang blogger diatas sebenarnya sudah pernah saya bahas pada artikel lama, yakni pada artikel "apa tujuan kita menjadi blogger".

Tujuan kuat yang telah ditetapkan inilah yang bisa jadi menjadi alasan mengapa seseorang tetap ingin menjadi seorang blogger, yang senantiasa membagikan ilmu dan pengetahuan mereka meskipun ilmu yang mereka dapat sebenarnya tidaklah murah.

Meskipun mungkin tujuan mereka berbeda-beda, namun yang pasti mereka menulis untuk menyajikan informasi yang bermanfaat dan ingin karyanya itu dihargai.

Blogger Ingin Dihargai

Menjadi seorang blogger tidaklah mudah, tetapi juga tidak sesulit yang kita pikirkan. Modal utamanya adalah menulis, dan taukah kita bahwa menulis bukanlah pekerjaan yang mudah.

Tidak semua orang bisa menulis dengan baik, seperti hal nya tidak semua orang bisa bicara didepan umum dengan baik. Sesungguhnya mencari ilmu pengetahuan itu mudah, namun bagaimana menyampaikannya kepada orang lain dengan baik itulah yang lebih sulit.

Kita bisa menyampaikan apa yang kita tahu melalui lisan dan tulisan, dan menjadi blogger kita bisa belajar untuk menyampikan sesuatu itu dengan tulisan.

Jadi sungguh wajar jika seorang blogger ingin tulisannya dihargai, terus bagaimana cara kita menghargainya?,

Ada beberapa penghargaan yang bisa kita berikan kepada para blogger, diantarannya adalah,

1. Tidak mengcopas artikel secara penuh tanpa izin

Menulis artikel yang bagus itu tidaklah mudah gan, butuh waktu berjam-jam, bahkan ada yang butuh 3 hari sebelum akhirnya dipublikasikan. Ada prosesnya, seperti menulis - kemudian dibaca - kalau ada kata-kata yang kurang pas ya diubah atau ditambah - lalu baca lagi - edit lagi, sampai bener-bener enak dibaca dan layak untuk dipublikasikan.

Mungkin artikel atau konten yang saya maksud adalah artikel yang benar-benar orisinal dan lengkap, minimal baik untuk dibaca dan benar-benar informatif.

Saya sendiri membuat artikel ini butuh waktu seharian, nulis - baca - edit - baca lagi - edit lagi, dan gak kerasa udah panjang aja, mungkin sudah sampai 2000 kata.

Jadi miris hati para blogger jika artikelnya secara mentah-mentah dicopas oleh blogger lain dan dipublikasikan di blognya. Kecuali memang sudah dapat izin penuh, atau minimal hanya mengutip sebagian isinya dengan disertai sumber artikel.

Secara umum memang tidak ada artikel yang benar-benar orisinil, namun kita bisa menyampaikannnya dengan cara kita masing-masing, dengan ditambahi pengalaman kita masing-masing.

Seperti kata mantan dosen saya, untuk membuat karya lakukan tahap ATM. ATM singkatan dari Amati - Tiru - dan Modifikasi. Jadi kita tidak meniru dengan mentah-mentah tetapi membuat sesuatu yang baru dengan sesuatu yang telah ada sebelumnya, buat itu menjadi karya yang berbeda, menjadi sebuah karya orisinilmu.

2. Jangan Blok Iklan di Blog

Saya mengerti jika tidak sedikit blogger yang memasang iklan yang buruk, seperti iklan yang berisi konten dewasa atau iklan jenis pop up yang membuat kesal karena tiba-tiba membuka jendela baru. Hanya satu kata untuk blog seperti itu, tenggelamkan!.

Maksud mereka adalah untuk mencari receh dengan memasang iklan diblog, tapi salah jika sampai membuat tidak nyaman pengunjung. Dan pada akhirnya pengunjung tidak akan balik ke blog itu, yang dirugikan tetap saja pemilik blog itu sendiri.

Tetapi tidak sedikit pula yang memasang iklan dengan rapi dan sesuai porsinya, jadi tidak akan mengganggu pengunjung. Karena pada awalnya pengunjung memang datang untuk melihat artikel kita bukan untuk melihat iklan kita.

Jadi para blogger berharap kepada kalian untuk tidak menggunakan ekstensi blok iklan pada situs-situs di internet, karena mereka perlu biaya untuk mengelola situsnya. Dengan memiliki penghasilan melalui blognya, mereka akan bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk menulis artikel yang lebih bermanfaat.

Nah untuk solusi dari blok iklan ini, beberapa website sudah punya solusinya yaitu menggunakan kode html/tool untuk memaksa artikel tertutup oleh pesan layang sampai pengunjung mau menonaktifkan ekstensi ads block pada browser mereka.

3. Tinggalkan Komentar di Blog

Salah satu hal yang membuat para blogger semangat dan betah menulis adalah ketika artikel yang dibuatnya mendapat tanggapan dari visitornya.

Komen yang berisi pendapat atau ucapan terimakasih itu sudah lebih dari cukup, apalagi jika bersedia melengkapi artikel itu dengan menambahkan beberapa poin yang menurut kita penting dan perlu juga untuk dibahas.

Tetapi jangan membuat komentar spam, seperti meninggalkan link promosi yang tidak jelas, entah itu untuk backlink atau benar-benar share link yang relevan. Kalau masih sangat relevan bisa dimaafkanlah.

Jadi jika ditanya, Ilmu dan Pengetahuan Itu Mahal, Mengapa Menjadi Blogger?

Karena setiap blogger memiliki tujuan masing-masing, dan memang seharusnya ilmu tidak disimpan sendiri tetapi untuk dibagikan.

Biarkan ilmu yang kita dapat dari institusi pendidikan yang mahal itu untuk dibagikan, karena memang untuk menjalankan institusi butuh modal besar. Dosen, Guru, Pengajar, Pegawai butuh gaji, sarana prasarana harus dibeli dan diperbaiki. - Emang Jual Jasa

Bukannya sudah mendapat uang dari pemerintah?, entahlah mungkin itu hanya untuk institusi negeri, dan persentase pemberiannya lebih sedikit jika itu untuk institusi swasta, apalagi jika kursus-kursus diluar sana - gak akan dapat, kan itu lapak individu.

Tetapi tetap tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berbagi kepada orang lain

Beberapa Blogger Hebat di Indonesia

Ada banyak sekali blogger-blogger di indonesia, berikut ini adalah beberapa blogger senior dari indonesia yang mungkin mengispirasi sobat untuk tetap menjadi seorang blogger,

1. Herman Yudiono (www.blogodolar.com)

Salah satu blogger senior indonesia yang lebih dikenal dengan panggilan Kang Yudiono. Saya sangat termotivasi saat beliau memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai Chemist di sebuah perusahaan tambang nikel terbesar di dunia yang berlokasi di Soroako dan kemudian beralih menjadi full time blogger.

Keputusan yang sungguh sulit, karena pekerjaan itu adalah pekerjaan yang sulit didapat dan gajinya pun terbilang besar. Seperti keluar dari zona nyaman demi dunia yang lebih bebas namun penuh tantangan dan ketidakpastian.

2. Mas Sugeng (sugeng.id)

Seorang blogger senior yang mulai mengenal blog dari tahun 2010, seorang lulusan smp yang menyukai dan memiliki minat besar terhadap dunia blogger, ternyata memberikan hasil yang luar biasa.

Diawali dengan blog blogspot yang berisi berbagai konten gado-gado kemudian semakin mengerucutkan artikelnya hingga hanya membahas tentang blogging. Dan dari blogspot berdomain TLD akhirnya sekarang dia memutuskan untuk memakai wordpress selfhosting.

Bahkan awal-awalnya dia ngeblog menggunakn hp, sesuatu yang luar biasa mengingat ditahun 2010 laptop dan komputer masih belum familiar seperti sekarang.

Selain itu pernah memiliki beberapa blog dan juga blog khusus template yang akhirnya dihapus hingga tinggal 1 saja yaitu tinggal sugeng.id.

Setelah hari ini mencoba mampir diblognya ternyata disalah satu komennya dia mengatakan memiliki blog lain, karena memang untuk blog sugeng.id sengaja tidak dikasih iklan adsense. Sebelumnya saya kira pendapatannya hanya fokus ke template dan JV Adsense saja.

3. Marikxon Manurung (maxmanroe.com)

Sebenarnya saya kurang tahu tentang mas Masrikxon, tetapi yang saya tahu dia adalah pemilik dari situs maxmanroe.com. Dia memulainya dari ikut belajar di AsianBrain tahun 2009, kemudian menjadi publisher Google Adsense hingga akhirnya terkena Banned.

Sekarang dia memakai akun Adsense milik adiknya, mereka bagi hasil dan hingga sekarang masuk ke dalam salah satu blogger senior di indonesia. Dan dalam jawaban wawancaranya kepada situs Bacaanku, beliau mengatakan bahwa,

"Maaf saya tidak akan menyebutkan angka spesifiknya mas. Tapi earning Google Adsense saya di atas $10.000 per bulan dari beberapa website", penghasilan yang cukup besar bukan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi blogger lainnya, seperti Mas Herdiansyah Hamzah pemilik situs herdi.web.id seorang dosen fakultas hukum, Agus Mulyadi (www.agusmulyadi.web.id) blogger humoris yang pernah membuat sebuah buku keren.

Atau blogger yang terkenal namun blognya masih anonim, seperti Bang Dian dan Juga Mas Eka Lesmana seorang mantan tukang angon bebek yang telah sukses di Google Adsense.

Ada juga blogger dengan kelas SEO yang expert seperti bang Airul dan Satruk, atau mungkin mas Darmawan pemilik dari panduanim.com. Dan ada pun komunitas di telegram yang telah dibuat oleh mas Airul dkk, sobat bisa masuk untuk belajar tentang blog dan SEO disana.

Masih banyak lagi blogger indonesia yang luar biasa, yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Namun yang pasti mereka luar biasa. Harus banyak belajar dari mereka, jika dibandingkan dengan mereka, saya mah apa atuh, hanya seorang blogger pemula dari nganjuk, hehe.

Akhir kata, tetap berkarya sobat, dan semoga menjadi insan yang bermanfaat.

sumber gambar: tribunnews.com

No comments:

Post a Comment