Blogger Menulis Untuk Keabadian

Blogger Menulis Untuk Keabadian

Pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk berbicara tentang seorang Blogger, dimana seorang Blogger adalah seorang yang menulis untuk keabadian. 

Untuk judulnya, kenapa saya memberi judul ini, mungkin karena dua poin ini, yaitu bahwa "Menulis adalah bekerja untuk keabadian" dan "Blogger termasuk dalam seorang penulis".

Menulis adalah mengungkapkan segala apa yang kita pikirkan menjadi sebuah himpunan huruf, kalimat, paragraf hingga menjadi sebuah bacaan yang berisi ungkapan untuk disampaikan kepada banyak orang.

Baca Juga: Motivasi untuk menulis artikel blog

Menulis adalah berbicara, berbicara kepada semua orang, yang tidak mengenal batas ruang dan waktu, dengan tanpa batas waktu ini maka jika kita sudah tidak ada maka tulisan kita akan tetap ada. Oleh karena itu menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Kemudian tentang blogger, siapa itu blogger?, secara umum blogger adalah seorang yang mempunyai sekaligus mengelola sebuah blog/weblog. Tetapi sekarang seorang blogger dapat didefinisikan dengan berbagai kata yang disesuaikan dengan tujuan dari blogger itu sendiri.

Seperti yang telah kita ketahui, semakin lama saya rasa blogger akan semakin bertambah dan bertambah lagi, mungkin karena perkembangan teknologi yang semakin pesat atau apa mungkin karena bertambahnya layanan internet wifi yang menawarkan koneksi internet gratis untuk kita.

Setiap blogger mempunyai tujuannya masing-masing, beberapa diantaranya adalah :

1. Mencari uang sebagai seorang IMers atau Publisher yang sukses,
2. Menulis diary dan pengalaman pribadi,
3. Menciptakan Blog yang bermanfaat,
4. Menjadikannya Hobby karena suka menulis,
5. Agar terlihat keren dan tidak terlihat gaptek Teknologi dan Internet,
6. Agar terkenal dan mempunyai banyak teman blogger,
7. Dan banyak lagi yang lain...

Tujuan Blogger Menulis

Tujuan saya menulis postingan kali ini sebenarnya adalah untuk memberi motivasi bagi semua teman blogger di dunia maya ini. Bahwa seorang blogger adalah seorang yang mulia, seorang yang membajiri dunia internet ini dengan berbagai informasi, pengetahuan, dan pengalaman.

Mungkin latar belakang kita berbeda-beda, dari seorang blogger yang menulis untuk menjadi seorang IMers atau Publisher dengan menyembunyikan puluhan hingga ratusan blognya, atau sekedar memiliki satu blog pribadi/personal saja.

Tetapi kita menebar kebaikan dengan cara yang sama yaitu dengan menulis.* meskipun satu dua kali kita mengisi blog kita dari artikel para writer.

Semoga tulisan kita semua bisa memberi manfaat kepada sesama, sampai nanti, meskipun setelah kita sudah tidak ada waktu untuk mengurus blog kita.

Namun, jika memang tujuannya membuat blog yang akan tetap ada meskipun kita tidak lagi mengurusnya, maka bagaimana jika blog kita pakai Hosting dan Domain sendiri?.

Tentu tidak akan ada yang memperpanjang Hosting dan Domain kita lagi. Dan jika kita tidak memperpanjangnya maka blog kita akan mati.

Maka solusinya adalah membuat beberapa blog yang memakai Hosting Gratisan/CMS, dan pilihan yang terbaik yaitu menggunakan layanan Content Management System (CMS) Blogger.com/blogspot, dimana bagi saya blogger.com yang sekarang dinaungi oleh Google masih menjadi pilihan terbaik hingga sekarang.

Kemudian jika kita memakai CMS Blogger dan membeli Domain sendiri, kita bisa melepas domain tersebut (melepas redirect dari domain TLD) dan mengembalikan lagi ke subdomain blogspot.

Selain itu, sampai sekarang belum ada tindakan dari tim blogger untuk menghapus blog-blog yang sudah tidak diurus lagi. Jadi blog kita akan selalu ada tanpa takut terhapus atau tanpa memikirkan biaya untuk memperpanjang Hosting dan Domain. * ini bukan promosi blogspot

Jadi bagi para sahabat blogger yang masih memakai Content Management System seperti Blogger dan Wordpress jangan minder.

Namun jika untuk kepentingan bisnis atau profesionalitas, itu lain lagi. Jika demikian saya meyarankan beralih ke WordPress Self Hosting.

Baca Juga: Terkena Sindrom Malas Ngeblog

Jadi untuk teman-teman blogger tetaplah semangat untuk menulis, karena tulisan yang kita buat tidak akan sia-sia. Dan akan selalu bermanfaat untuk orang lain yang membacanya atau membutuhkannya, keep writing and happy blogging.

17 comments:

  1. setuju setiap tulisan kita diblog, selama bermanfaat akan terus bermanfaat, namun juga konsekwensinya sebaliknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, selalu berbagi kebaikan dengan menulis :)

      Delete
  2. dengan pemikiran dan mengaplikasinnya melalui tulisan juga bisa merubah dunia.
    keep writing sob hehe ,
    salam kenal yoo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju gan... salam kenal juga dan happy blogging gan :)

      Delete
    2. hehehe , salam kenal kembali gan :)

      ditunggu artikel terbarunya yoo

      Delete
    3. sipp, tapi kayaknya sekarang sedang banyak urusan di offline gan :)

      Delete
  3. Sip mas, betul banget apa yang dikatakan mas Aris bahwa menulis itu tidak akan sia-sia. Misalkan sekarang tulisan kita belum ada yang membaca, ya siapa tahu besok atau lusa ada yang mau mampir ke blog kita sehingga tulisan kita dapat bermanfaat bagi para pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, salam kenal dan keep writing :)

      Delete
  4. Setuju mas.. Aktivitas blogging juga dikatakan sebagai jurnal harian online kita. Jadi, suatu saat dimasa depan bisa kembali membuka situs blog kita sebagai bentuk nostalgia.

    ReplyDelete
  5. Gara-gara baca judulnya agan diatas, jadi berfikir dua kali mau posting artikel yang aneh2. Tulisan qt abadi, kalau tu artikel malah nambah dosa gimana.. >.<

    Tapi kalau blogcepot tak akan dihapus sama mbah Google, aku ngga setuju. Menurut saya malah lebih rentan di delete sama google min kalau langgar DMCA, beda sama wordpress yang notabennya open source. Just Opini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, untuk itu kita buat artikel yang bermanfaat atau informatif saja yang tentunya benilai positif, dan hal ini juga sama hal nya kita telah memberi ilmu/pengetahuan kepada orang lain, dan itu akan menjadi amal kita meskipun kita telah tiada :)

      untuk blogspot memang kita perlu mematuhi TOS dari google/blogger dot com, namun tentunya apa yang dilarang adalah sesuatu hal yang buruk, jadi jika kita adalah blogger yang baik tentu bukan menjadi masalah.

      Namun jika suatu saat blog kita di hapus oleh google, kita tetap bisa mengajukan banding jika kita merasa itu adalah suatu kesalahan dari google.

      Kemudian, sampai sekarang saya masih melihat blog-blog yang berdomain blogspot yang tidak terurus, yang mayoritas mempunyai nama subdomain yang bagus dan pendek, itu membuktikan google hanya menghapus blog yang melanggar TOS dan dihapus oleh pemiliknya sendiri.

      Sedangkan ketika kita menggunakan wordpress maka kita perlu mengeluarkan biaya untuk hosting, sehingga jika saat jatuh tempo pembayaran kita tidak membayar maka blog kita akan mati, dan berlaku juga untuk domainnya tld :)

      Delete
  6. Saya baru tau kalo kita pake top level domain dan jatuh tempo domainnya akan dikembalikan ke domain asal, yakni blogger.com, makasih ilmunnya ya min. :)

    Soal artikel ini, baik konten edukatif maupun personal yang berisi pengalaman pribadi saya pikir sama-sama bermanfaat kok, konten edukatif membuat pembacanya teredukasi apalagi dalam bidang akademik, sedangkan konten personal saya pikir bermanfaat juga karena isinya berupa pelajaran tentang kehidupan, kita bisa belajar dari cerita kehidupan orang lain supaya kita bisa terus meningkatkan kualitas diri. :)

    Terimakasih sekali lagi untuk tulisan yang bermanfaat ini. :)

    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas Agung Kharisma, salam kenal dan happy blogging... Oh ya, soal domain mungkin lebih tepatnya "kembali" ke subdomain blogspot bukan "dikembalikan" :)

      Delete
    2. Nah iya itu maksudnya, great. :)

      Delete
    3. Oh iya, saya sangat suka dengan artikel ini, idenya bagus, menulis untuk keabadian. :)

      By the way, animasi gambarnya dapet dari mana ries? Bagus gambarnya.

      Delete
    4. gambar dari faceboook temen blogger :)

      Delete