Takut menulis di blog membuat kita jarang posting artikel

Takut menulis di blog membuat kita jarang posting artikel

Pernahkah sahabat merasakan hal seperti yang ada dijudul artikel ini?. Takut menulis di blog membuat kita jarang posting artikel, mungkin inilah yang pernah saya rasakan di waktu-waktu ini. Rasa takut inilah yang menghambat saya untuk ngeblog dan update artikel pada blog-blog saya.

Awal mula menjadi seorang blogger saya tidak merasakan hal ini, karena mungkin masih minim pengetahuan tentang menjadi seorang blogger dan merawat blog dengan baik. Bahkan saya dulu tidak takut untuk mencopas artikel mentah-mentah dari blog sahabat blogger yang lain, lalu mempostingnya diblog saya sendiri.

Dan sekarang rasa takut ini tiba-tiba muncul dari berbagai celah. Rasa takut menulis di blog ini pastinya berbeda-beda untuk setiap orang, tetapi ada beberapa rasa takut yang umumnya dirasakan oleh para blogger, yaitu seperti yang ada dibawah ini.

Baca Juga: Tips Menghindari Rasa Bosan Ngeblog

1. Minimnya keahlian untuk menulis, sehingga belum bisa membuat artikel dengan baik, enak dibaca, dan tentunya dengan menggunakan gaya bahasa sendiri.

2. Sedikitnya ide untuk menulis artikel. Hal ini biasanya terjadi ketika kita ingin menulis di blog dengan niche tertentu, yang hanya membahas beberapa topik saja atau mungkin kita tidak menguasai dan menyukai topik tersebut. Hal ini biasa terjadi pada para Publisher.

3. Takut artikel yang kita posting tidak bermutu, sehingga kita ingin menghapusnya. Dan ketika kita ingin menghapusnya, maka terdapat broken link diblog kita. Inilah yang membuat rasa takut saya untuk menulis.

Broken link itu mempunyai dampak buruk pada blog kita, misalnya untuk SEO dan sebagai seorang publisher. Bukankah hal itu bisa diatasi dengan dengan webmaster tool?.

Iya, mungkin itu benar, tetapi hal itu sebenarnya tidak bisa menghilangkan secara penuh, hal ini hanya menghapus dari indeks google sementara, sehingga diwaktu mendatang bisa muncul kembali di indeks google, dan sebenarnya masih banyak alasan yang lain yang tidak bisa saya jelaskan dipostingan kali ini.

Tetapi yang menjadi poin utama pada postingan kali ini adalah bagaimana kita menghadapi rasa takut untuk menulis ini. Dan bisa saya jawab atau simpulkan sebagai berikut:

1. Jika hal itu karena sebuah keahlian, maka kita hanya perlu mengasahnya dengan memulai untuk menulis, mungkin bagi para pemula menganggap menulis bukanlah hal yang mudah, tetapi seiring berjalannya waktu, saya yakin seorang blogger akan pandai menulis dengan sendirinya.

2. Jika penyebabnya adalah minimnya ide, maka kita hanya perlu mencari atau memunculkan ide itu dikepala kita, bagaimana memunculkannya?. jawabnya adalah dengan banyak-banyak membaca, saya ingat satu motivasi, yaitu "untuk menjadi seorang yang ahli menulis, harus menjadi seorang yang ahli membaca terlebih dulu".

3. Jika karena takut artikel yang dibuat tidak bermutu, kemudian dihapus sehingga menimbulkan broken link, maka solusinya adalah jangan terlalu khawatir, google sudah tahu, situs mana yang berkualitas dan tidak berkualitas. Kita hanya perlu usaha sedikit untuk mengatasinya, dan sisanya biar tuhan yang mempeliharanya.

Teruslah untuk menulis, karena menulis adalah perbuatan, aktivitas, hobi, pekerjaan yang luar biasa. Menulis adalah cara bagaimana kita berbicara menembus atau melewati ruang dan waktu. Tulisan kita akan selalu ada walaupun kita tidak ada.

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Dengan menulis kita akan memberikan manfaat kepada saudara kita yang membutuhkan pengetahuan atau ilmu yang pernah kita dapatkan.

Baca Juga: Motivasi untuk menulis artikel blog

Demikianlah postingan kali ini tentang rasa takut menulis di blog yang membuat kita menjadi jarang memposting artikel secara rutin di blog kita. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Salam blogger.

Sumber gambar: www.lovrinz.com

10 comments:

  1. Meskipun saya bukan ahli menulis, tapi tetep berusaha yang terbaik menulis untuk blog sya, thanks artikelnya mas

    ReplyDelete
  2. Kalau menulis untuk blog yang penting memakai gaya sendiri dan khas mas aries. Salam sahabat blogger mas.. matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan mas MU Zibur, salam kenal mas, thanks atas kunjungannya :)

      Delete
  3. wah bener banget tu mas hehee saya malah nulis ya nulis jaa hehe,,,just fun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, menulis dengan hati senang, bukan menulis karena sebuah beban :)

      Delete
  4. Cara satu-satunya melampaui rasa takut adalah menghadapinya, apapun yang membuat kita takut, ya dihadapi, as simple as that. :)

    ReplyDelete
  5. betul sekali gan seperti dulu awal pertama ngeblog saya merasakan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sekarang sudah berhasil mengatasinya mas...

      Delete