Tips Menghindari Rasa Bosan Ngeblog


Ngeblog adalah aktivitas menulis dari berbagai ide yang dituangkan dalam suatu Blog. Karena ini merupakan sebuah aktivitas maka pasti tidak lepas dari rasa jenuh, malas, atau bosan.

Sebenarnya rasa jenuh, malas atau bosan datang dari diri kita sendiri, salah satu penyebabnya adalah menjadikan sesuatu yang kita lakukan menjadi sebuah tuntutan, beban, atau kebutuhan yang harus dilakukan.

Selain penyebab diatas, yang umum sering dijumpai melanda para blogger yang sudah berpengalaman adalah tuntutan untuk membuat artikel yang sangat bagus dan berkualitas.

Sedangkan bagi seorang Blogger, malas sendiri menurut saya adalah penghalang nomer satu, terutama bagi seorang Blogger yang tujuannya adalah untuk bisnis atau mencari uang dari Blognya, seperti menjadi seorang publisher Google Adsense.

Jadi pada kesempatan ini saya akan berbagi Tips Menghindari Rasa Bosan Ngeblog kepada teman-teman Blogger.

1. Menjadikan Ngeblog sebagai Hiburan dan Hobi

Yang pertama adalah kita harus menjadikan Ngeblog sebagai suatu aktivitas yang menyenangkan, apalagi jika kita menjadikannya sebagai sebuah hobi. Mari kita ingat kembali bagaimana saat kita pertama kali menjadi seorang Blogger.

Membuat Blog, kemudian mendesainnya dan mengisinya dengan artikel orisinil adalah suatu aktivitas yang menyenangkan. Yang bisa mengusir kejenuhan kita dari penatnya aktivitas sehari-hari yang kita lakukan.

Saya juga masih ingat pertama kali saya mengenal Blogger, saya terkagum-kagum dengan teman saya karena dia lebih dulu mengenal Blog daripada saya. Saya diajarinya, walaupun hanya sebatas ilmu dasar untuk menjadi seorang Blogger.

Yang pertama saya fikirkan waktu itu adalah mengisi kejenuhan saya dari berbagai tugas dan aktivitas sehari-hari. Menyalurkan kreatifitas dan inovatif pada Blog dan mencoba untuk mengisinya dengan artikel yang bermanfaat bagi orang lain.

Tetapi karena dulu saya masih minim dengan pengetahuan Ngeblog, saya sering kopas dari artikel blog orang lain. Dan sekarang saya tahu jika itu melanggar kebijakan (TOS) Blogger (blogspot) yang sampai sekarang saya gunakan sebagai hosting gratisan (CMS) yang terbaik menurut saya.

Baca Juga: Bahaya Copy Paste Artikel Blog Orang Lain

Setidaknya cobalah untuk menulis ulang artikel orang lain dengan bahasa sendiri dan menambahkannya dengan wawasan yang kita punya mengenai hal yang sedang kita tulis itu.

2. Jangan terlalu memikirkan Uang

Seperti yang telah kita ketahui, sebagian dari kita/blogger memiliki tujuan utama untuk mecari penghasilan/uang dengan Ngeblog. Memang uang itu penting tetapi jangan terlalu memikirkan uang terus menerus, sehingga kita tak bisa menikmati prosesnya atau Ngeblog itu sendiri.

Mari kita jadikan kegiatan Ngeblog sebagai hiburan/kegiatan yang menyenangkan, bukan sebuah beban untuk menghasilkan uang yang banyak. Memang tidak salah kita ingin sukses dengan Ngeblog seperti menjadi seorang publisher Google Adsense (GA).

Tetapi akan lebih baik lagi jika kita bisa menikmati menjadi seorang Blogger dan menikmati proses dalam pencapainnya, yang mana menyukai membaca dan menulis. Jikalau kita sudah mampu membuat aktivitas Ngeblog menjadi sangat menyenangkan dan menghibur kita, maka kitapun akan lebih sering membuat artikel bukan?.

Dengan artikel yang sering update, maka penghasilan dari Ngeblog atau Adsense pun juga akan semakin meningkat. Sehingga uang akan mengikuti kita atas apa yang kita kerjakan sebagai hiburan yang menyenangkan untuk diri kita.

3. Mengambil waktu refresing bersama orang yang kita sayangi

Ketika kita menjadikan Ngeblog sebagai hal menyenangkan dan menghasilkan pundi-pundi uang, itu berarti menjadikannya sebagai sebuah Hobi sekaligus Pekerjaan kita.

Jika begitu lambat tapi pasti, kita akan merasakan kejenuhan, dan hal ini wajar. Seperti halnya seorang karyawan yang bekerja dikantor perusahaan, walaupun mereka menyukai pekerjaannya, mereka tetap membutuhkan waktu untuk refreshing.

Hal ini berlaku juga sebagai seorang Blogger. Cobalah untuk mengambil waktu refreshing bersama orang-orang yang kita sayangi, teman-teman atau keluarga kita. Dengan begitu akan membantu fikiran kita untuk tetap fresh dan membangun hubungan yang baik dengan orang-orang yang kita sayangi.

Sedangkan untuk Blogger yang menjadikan Ngeblog sebagai pengisi waktu luang saja, hal ini tidak masalah. Karena saya yakin mereka lebih sering bercengkrama dengan orang-orang disekitarnya dari pada menghabiskan waktu seharian dengan Ngeblog didepan komputer/laptop.

4. Selalu mengingat Tuhan (Allah SWT)

Sebagai seorang manusia, kita harus bertanggung jawab atas segala perbuatan yang kita lakukan, termasuk juga saat kita Ngeblog. Pada intinya adalah saat kita Ngeblog berfikirlah bahwa semua ini hanya untuk Tuhan.

Kita menjadi seorang Blogger adalah karena Tuhan, yang mana mempunyai tujuan untuk memberi manfaat kepada semua orang. Pernakah sahabat merasa jika aktivitas atau profesi menjadi seorang Blogger termasuk salah satu pekerjaan yang mulia?.

Kemulian itu berasal dari informasi atau artikel yang telah kita buat. Artikel itu akan membantu orang lain yang mengalami masalah dan memberikan solusi pada mereka dengan kondisi berbeda-beda. Dengan orang itu terbantu tidak terpungkiri akan juga memberi manfaat pada orang lain disekitarnya.

Intinya adalah menyebar kebaikan dengan Ngeblog adalah sesuatu hal yang patut kita banggakan dan menjadikan kita manusia atau hamba yang berguna untuk sesama.

Baca Juga: Alasan Kenapa Banyak Blogger Yang Gagal

Dengan kita selalu mengingat Tuhan, percayalah bahwa Tuhan akan selalu melihat dan mengamati aktivitas kita sebagai seorang Blogger. Dan semoga Tuhan akan selalu menjaga Blog kita dan memberikan kesusksesan yang barokah di Blog kita. Aamin.

Demikianlah sedikit coretan mengenai Tips Menghindari Rasa Bosan Ngeblog, semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi para sahabat blogger. Salam Blogger.

Sumber gambar: www.flickr.com

4 comments:

  1. biasanya sih kalau saya tidur sama cari makan. haha
    blognya simpel banget yah, cepet aksesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga gan, haha
      saya buat simple gan, bahkan sekarang gak main SEO :D

      Delete
  2. Ngeblog sebagai olahraga, biar sehat :)

    ReplyDelete