Bahaya Copy Paste Artikel Blog Orang Lain

Bahaya Copy Paste Artikel Blog Orang Lain

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Bahaya Copy Paste Artikel Blog Orang Lain. Seperti yang kita ketahui selama menjadi seorang Blogger, kita sering menjumpai beberapa Blogger yang copas artikel dari blog orang lain.

Tindakan Copy Paste (Copas) sendiri adalah sebuah tindakan dari para Blogger dengan meng-copy artikel milik blog orang lain, kemudian langsung mem-paste kannya di blognya, tanpa adanya pengeditan terlebih dahulu terhadap artikel tersebut dengan atau tanpa izin.

Namun, saya menyakini bahwa para Blogger yang sering copas sebenarnya tidaklah salah sepenuhnya. Mungkin semua itu disebabkan karena mereka adalah para Blogger pemula (Newbi) yang belum mempunyai pengalaman yang cukup, atau mungkin masih belum adanya kesadaran diri dari mereka.

Sebagai seorang blogger yang sudah mengerti tentang bahayanya copas artikel dari Blog orang lain, tentunya kita mempunyai kewajiban untuk memberikan penjelasan atau pemahaman terhadap teman-teman blogger yang masih belum mengerti.

Langsung saja pada pokok bahasan, berikut ini adalah beberapa bahaya jika kita copy paste (copas) artikel dari blog orang lain dengan atau tanpa izin dari pemilik blog.

1. Tidak disukai oleh Para Blogger yang lain

Para Blogger tidak akan suka dengan para Blogger copas. Apalagi dengan para Blogger yang artikel blognya telah dicopas.

Mari kita rasakan, artikel yang kita buat dengan pemikiran sendiri setelah membaca referensi dari banyak blog orang lain, kemudian menatanya dengan kata-katanya yang baik. Yang tentunya pula menghabiskan waktu yang tidak sedikit.

Artikel yang benar-benar menguras pikiran, waktu, dan tenaga kita, kemudian tiba-tiba dicopas oleh blogger lain tanpa izin, yang hanya membutuhkan beberapa menit untuk sedikit pengeditan kalimatnya saja.

Marah... itulah yang akan kita rasakan. Itulah yang dirasakan oleh para Blogger yang artikelnya dicopas, dan teman-teman blogger yang lain pasti akan memberikan dukungan untuknya.

2. Hasil Copy-Paste akan merusak Blog kita

Artikel hasil copy-paste sangat tidak disukai oleh Google. Dengan adanya artikel hasil copy paste di blog kita, blog kita akan sulit di indeks oleh google. Itu disebabkan banyaknya hasil artikel yang sama pada blog kita di mesin pencarian google.

Dan, bagaimana dengan artikel yang asli buatan kita?. Apakah terpengaruh dampaknya juga?. Jawabannya adalah Iya. Karena Google akan mengurangi kepercayaannya dengan kualitas blog kita.

Jika sudah begitu blog kita akan sulit di halaman pertama Google. Walaupun artikel buatan sendiri?. Iya. Inilah resiko jangka panjang pada Blog-blog yang sering copas.

3. Sulit mendapatkan penghasilan dari kegiatan Blogging

Setiap orang memang mempunyai tujuan yang berbeda-beda untuk kegiatan blogging. Dari hanya sekedar sebuah hobby hingga menjadi sebuah pekerjaan untuk penghasilan utamanya.

Baca Juga: Apa Tujuan Kita Menjadi Blogger

Bagi para Blogger yang menjadikan kegiatan bloggingnya untuk mendapatkan penghasilan, tentunya kegiatan copy-paste harus dihindari. Dengan banyaknya artikel hasil copas, kualitas blog kita akan turun. Dengan begitu para pengiklan tidak akan tertarik dengan blog kita.

Sedangkan program CPC seperti Google Adsense (GA) tidak akan menerima atau bekerja sama dengan blog atau website yang kontennya sebagian besar adalah hasil copas, apalagi tanpa izin.

Jadi cobalah untuk membuat artikel sendiri, dengan referensi blog-blog yang lain. Mungkin hal ini sulit bagi para blogger pemula atau yang belum memiliki kemampuan menulis yang baik. Namun, menulis untuk membuat artikel milik kita sendiri itu jauh lebih baik, menenangkan, dan memuaskan, dari pada kita mengcopy-paste artikel dari blog orang lain dengan atau tanpa izin.

4. Tidak memberikan manfaat lebih dari kegiatan blogging

Jika kita hanya copy-paste artikel, sama halnya kita tidak pernah menulis. Tahukah kita, sebenarnya Blogging adalah kegiatan untuk menulis.

Jika kita membuat artikel sendiri, kita akan bisa mengembangkan kemampuan kita dalam memahami sesuatu, berfikir, memberikan opini, kemudian menyampaikannya kembali dengan gaya bahasa sendiri dengan menulis. Dengan begini, selain memberikan manfaat kepada orang lain, kita juga mengembangkan kemampuan kita.

Dan tahukah kita, untuk membuat sebuah artikel, kita juga perlu banyak membaca. Dengan membaca banyak artikel yang berbeda-beda sesuai dengan niche blog-blog kita, tentunya menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita.

5. Artikel hasil copas akan terhapus

Ketika artikel disuatu blog dicopas (tanpa izin), apakah pemilik artikel atau blog yang dicopas akan diam saja?, tentunya mereka tidak akan diam saja. Jika ada yang menyangkal kenapa artikel hasil copas diblognya aman-aman saja hingga sekarang, maka ada beberapa kemungkinannya:

a. Admin blog tidak pernah atau belum mengecek apakah artikel blog mereka dicopas,
b. Blog tidak diurus dengan baik,
c. Masih baru di dunia blogging,
d. Sebagian artikel di blognya juga hasil copas dari blog orang lain,
e. Blognya hanya sebuah hobby dan tidak begitu informatif,
f. Sekarang lagi nyari informasi bagaimana mengatasi para blog copas, dan unjung-ujungnya akan melaporkannya ke DMCA.

Kemungkinan yang terakhirlah yang paling berbahaya. Dengan admin melaporkannya ke DMCA, maka artikel hasil copas akan segera dihapus dari mesin pencarian google maupun artikel itu sendiri.

Hal ini akan mengakibatkan adanya kesalahan 404 atau url artikel (terhapus) yang tidak ditemukan pada blog kita. Hal ini akan mengurangi SEO blog kita.

Yang lebih parah lagi adalah Blog kita akan DIHAPUS. Kenapa bisa?. Hal ini berlaku bagi para Blogger yang blogging di hosting yang gratisan seperti Blogspot. Karena Blogspot mempunyai TOS sendiri bagi para usernya.

Baca Juga: Kenapa blogger malas menulis artikel?

Demikianlah postingan kali ini tentang Bahaya Copy Paste Artikel Blog Orang Lain, semoga artikel ini bermanfat bagi kita, terutama bagi para blogger yang belum menyadari bahayanya sering copas artikel dengan atau tanpa izin pemiliknya.

2 comments:

  1. wah serem juga yah hiii ngeri ahh copy kapok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, memilih menjadi blogger yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. salam blogger gan, :D

      Delete