Antivirus Windows Defender pada WIndows 8 dan 8.1

Antivirus Windows Defender pada WIndows 8 dan 8.1

Antivirus pada PC adalah sebuah sofware untuk membasmi atau melindungi PC kita dari virus, malware, dan semacamnya. Banyak Antivirus yang kita temui di internet, diantaranya anti virus yang ada adalah BitDefender, Kaspersky, AVG, Smadav, Avira, Avast, dan Panda Antivirus.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Antivirus Windows Defender. Apa itu Antivirus Defender?. Bnyak dari kita masih belum mengenal Windows Defender, padahal Windows Defenders merupakan Antivirus bawaan dari OS Windows.

Ketidaktahuan kita mungkin karena Windows defender pertama rilis pada OS Windows 8 dan dilanjutkan pada Windows 8.1, sedangkan pada versi sebelumnya Windows 7, vista dan XP belum ada Antivirus ini. Atau mungkin karena kita sudah terbiasa memakai Antivirus umum seperti Smadav dan Avast.

Baca Juga: Kelebihan windows 8.1 dibanding sebelumnya

Windows Defender adalah Antivirus bawaan dari OS Windows, yang pertama kali rilis pada OS Windows 8 dan disusul pada Windows 8.1,  dan menurut saya merupakan Antivirus yang cukup tangguh walaupun sebagai Antivirus bawaan, dan tentunya sangat ringan karena sudah disesuaikan dengan operasi sistem.

Untuk mengaktifkannya Windows Defender pada Windows 8/8.1 kita, adapun beberapa langkah yang perlu kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Patikan kita telah uninstall semua Antivirus pada PC kita, karena ketika kita sudah menggunakan Antivirus yang lain maka Windows Defender tidak bisa diaktifkan.

2. Langkah kedua, pergi ke Start Screen - kemudian ketik Windows Defender - kemudian klik logo Windows Defender (logonya seperti sebuah tembok/batu bata yang melambangkan sebuah pertahanan)

Windows Defender pada Start Sreen

3. Ketika Windows Defender/perangkat lunak keamanan Microsoft ini belum aktif, kita akan melihat banyak warna merah dan bersama kata beresiko/ PC Status: At risk, dan juga tanda X besar.

Yang harus kita lakukan adalah pergi ke Setting - lalu pilih panel Real time protection pada sisi kiri - kemudian centang Turn On Real time protection recommended. Dengan begitu Windows Defender telah aktif disertai warna hijau dan PC Status: Protected.

Aktifkan Windows Defender

4. Setalah itu, hal yang pertama kita lakukan adalah meng-updatenya, pilih menu tab Update - dan klik tombol Update. Hal ini kita lakukan untuk memperkuat keamanan yaitu selalu up to date
pada virus and spyware definitions. Dan usahakan untuk sering update ini setiap minggunya.

Dibawah ini adalah gambar/SS saat proses updatenya:

Update Windows Defender

Windows Defender Up to date

5. Langkah terakhir adalah pergi ke Tab Home dan pilih Quick atau Full pada scan option - lalu klik tombol Scan now, dengan begitu kamu telah scan virus dan spyware pada PC/Komputer kita.

Proses scan berhasil

Mudah bukan?. Dari ketika saya mulai menginstall OS Windows 8 pada PC saya, saya menggunakan Windows Defender hingga sekarang dan saya tidak membutuhkan Antivirus yang lain.

Menurut saya, dengan memakai Antivirus Windows Defender saja sudah cukup untuk melindungi Laptop/PC kita, dan untuk memperkuatnya saya sarankan juga menginstall Advanced SytemCare sebagai pelengkapnya.

Baca Juga: Software terbaik untuk merawat kesehatan laptop/PC

Video mengaktifkan antivirus windows defender :


Demikianlah ulasan tentang Windows defender yang telah ada pada OS Windows kita dan bagaimana mengaktifkannya. Semoga Windows Defender dapat melindungi PC/Komputer kita dengan baik.

16 comments:

  1. Mantap, bermanfaat sekali nih....

    ReplyDelete
  2. Mudah-mudahan bermanfaat , saya blm coba soal nya!! Hehe

    ReplyDelete
  3. Berarti kita tidak perlu avg , smadav dan lain lain ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dan perlu menyempatkan diri untuk selalu update agar windows defender selalu bekerja dengan maksimal...

      Delete
  4. Kalo untuk windows yg bajakan bisa update definisi antivirusnya nggak ...?

    ReplyDelete
  5. kalo windows defendernya tiba2 udah ga bisa kebuka gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada sebab kenapa windows defender tidak bisa dibuka mbak ria, salah satunya adalah karena terinstalnya antivirus eksternal...

      Delete
  6. biasanya berapa lama update nya ?

    ReplyDelete
  7. Agan, Tanya nih... Ketika kapan / apa status windows Defender berwarna Merah, Kuning, dan Hijau?
    Please advise...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merah ketika tidak aktif, kuning ketika perlu update data dan jarang scan, dan hijau ketika dalam kondisi terbaik.

      Delete