Apa Kelebihan dari Windows 8.1 Dibanding Sebelumnya?

Kelebihan dari Windows 8.1 Dibanding Sebelumnya

Banyak dari kita menggunakan OS Windows dari versi Windows XP hingga Windows 8. Dan sekarang telah rilis lagi OS Windows 8.1. Yang menurut saya rilisnya termasuk berdekatan dengan OS Windows 8. Hal ini menurut saya akan membingungkan pengguna tentang apa perbedaan Windows 8 dan 8.1.

Jadi pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Apa Kelebihan dari Windows 8.1 Dibanding Sebelumnya?, atau tepatnya dibanding OS Windows 8. Langsung saja kita ulas sebagai berikut.

Dari sekian waktu mendengarkan keluhan para pemakai setia sistem operasi windows, pada akhirnya Microsoft merilis windows 8.1. Windows 8.1 ini adalah kelanjutan untuk perbaikan dari kekurangan versi sebelumnya yaitu windows 8.

Jadi bagi para pengguna windows 8 bisa upgrade ke windows 8.1 secara gratis. Tentu saja tidak salah jika kita mencoba versi Windows 8.1 ini. Berikut ini akan kita bahas beberapa fitur yang telah diperbaiki:

1. Aplikasi yang terupdate secara Otomatis

Sekarang ketika pengembang aplikasi yang kita download dari Microsoft App Store merilis versi terbaru, maka bisa terupdate secara otomatis. Jadi ketika komputer/laptop terhubung dengan internet maka pengguna tidak akan menemukan lagi ikon tanda pemberitahuan untuk update dari aplikasi yang tersemat di Windows App Store.

Tetapi, mungkin akan terjadi kebingungan saat pembaharuan aplikasi, jika pembaharuan itu memerlukam izin lebih lanjut, seperti daftar kontak maupun akses ke lokasi.

2. Kembalinya Tombol START

Sebelumnya kita mengetahui bahwa tombol start telah dihilangkan oleh Microsoft di windows 8. Dan sekarang di versi Windows 8.1, tombol start telah kembali. Memang fitur ini terlihat tidak terlalu penting, tapi berbeda bagi para pengguna awam windows yang sebelumnya terbiasa dengan tombol start saat ingin memulai suatu aplikasi

Fungsi timbol ini adalah akan membawa kita ke halaman utama Windows 8.1 yaitu halaman Start Menu. Selain itu, juga akan memberikan akses power user kepada kita untuk mematikan maupun menghidupkan perangkat/komputer.

3. Dapat menjalankan sekaligus 4 Aplikasi 

Selanjutnya adalah jendela Windows 8.1 yang memungkinkan kita untuk membuka empat aplikasi secara bersama pada satu layar melalui fitur snap. Namun, itu juga tergantung pada ukuran layar di perangkat kita.

Misal saat kita menggunakan notebook/laptop kita dapat menjalankan 4 aplikasi masing-masing pada setiap layar. Berbeda ketika kita menggunakan PC Tablet yang mana mempunyai ukuran layar sekitar 8 inci, sehingga kita hanya bisa membuka dua jendela saja.

Kelebihan dari Windows 8.1 Dibanding Sebelumnya

4. Mode Handfree

Fitur baru dari Windows 8.1 yang menarik lainnya adalah Mode "hands-free". Dimana kita dapat menggulirkan halaman situs yang kita baca tanpa harus menyentuhnya. Mode ini akan terhubung dengan layar kamera depan yang biasanya terdapat pada laptop/tablet.

Sehingga saat kita menghibaskan tangan di depan layar PC kita, maka artikel yang sedang kita baca akan berpindah. Hal ini mirip dengan samsung Galaxy S4, yang mana saat kita menghibaskan tangan ke atas, ke bawah, ke kanan ataupun ke kiri akan bisa mengatur pergerakan dari artikel yang sedang kita baca.

5. Dapat memakai kamera pada saat terkunci

Pada Windows 8.1 ini, Microsoft telah menambahkan beberapa fitur terbaru yang dicocokkan untuk tablet berukuran kecil. Yaitu pengguna akan dapat menggunakan kamera tanpa harus membuka tablet, yang diharap dengan fitur kecil ini bisa memberi fungsi besar bagi penggunanya.

Selain itu, Microsoft juga telah menambahkan beberapa gerakan baru untuk keyboard layar, sehingga mempermudah pengguna untuk mengetik pada layar gadget yang ukurannya relatif lebih kecil dari ukuran PC/Laptop.

6. Gambar Halaman Muka yang beragam

Pada pengaturan Windows 8.1 ini, kita dapat memilih gambar dan warna latar belakang dekstop yang lebih banyak dan juga warna yang lebih beragam. Selain itu, kita juga dapat mengatur ukuran Title sesuka kita.

Kita juga dapat mengubah tampilan ke antarmuka Windows 7 klasik, yang juga dapat kita atur bersifat sementara dengan jangka waktu tertentu. Selain semua itu, personalize pada kustominasi menjadikan pengguna dapat mengatur beberapa background Title dengan gambar-gambar yang lebih menarik.

7. Miracast pengganti Bluetooth

Miracast adalah sebuah alternatif untuk Bluetooth yang mana menawarkan koneksi nirkabel berkecepatan tinggi untuk perangkat lain. Sehingga, kita dapat menghubungkan perangkat yang menggunakan Windows 8.1  ke konsol game, LCD protektor, Xbox One atau pun ke televisi secara nirkabel selam perangkat lainnya itu mendukung Miracast.

Miracast ini sangat bagus untuk memutar streaming vidio atau pun memainkan game-game dari tablet yang berukuran kecil ke perangkat dengan layar yang besar, misalnya seperti televisi.

8. Mode Klasik Windows

Seperti yang kita ketahui, Windows 8 menawarkan  perubahan yang mencolok, termasuk juga pada sisi antarmuka. Tetapi, tak semua pengguna suka dan nyaman dengan mode kotak-kotak di OS ini.

Setelah banyak umpan balik yang diterima dari pelanggan tentang hal ini, akhirnya Microsoft membiarkan pengguna melakukan booting komputer ke modus dekstop klasik, seperti halnya di Windows sebelumnya dan bukan dari menu Windows 8. Dan untuk mengaktifkan  modus ini, kita nantinya dapat melakukan sejumlah pengaturan melalui setting di pengaturan.

Kelebihan dari Windows 8.1

Sebenarnya perubahan yang dilakukan pada Windows 8.1 ini hanya sedikit. Karena Microsoft tampaknya hanya memperbaiki gangguan-gangguan kecil yang menurutnya dapat menghilangkan kenyamanan bagi pengguna OS ini.

Sedangkan pada segi tampilannya, tidak ada perubahan secara signifikan. Para pengguna tetap dapat menemukan tampilan Metro di OS Windows 8.1 ini.

Sedangkan dinilai secara keseluruhan, OS windows tetap menjadi yang terbaik bagi saya. Dengan fasilitas/program yang selalu terupdate dan ringan membuat saya menggunakan OS Windows sebagai pilihan terbaik dari dulu hingga sekarang.

Baca Juga : Antivirus Windows Defender pada WIndows 8 dan 8.1

Demikian ulasan tentang Apa Kelebihan dari Windows 8.1 Dibanding Sebelumnya, semoga dapat bermanfaat bagi pengguna OS Windows.

No comments:

Post a Comment