Software Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Laptop/PC

Software Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Laptop/PC

Sekarang Laptop/PC adalah kebutuhan sehari-hari bagi saya, baik untuk tugas/pekerjaan atau untuk menjadi seorang blogger. Jadi wajar jika saya seharusnya memperhatikan kesehatan Laptop/PC saya.

Tetapi banyak dari kita hanya mengetahui bagaimana menggunakan Laptop atau PC sebagaimana kebutuhannya saja, tanpa memperhatikan kesehatannya. Sehingga saat Laptop/PC kita error, lemot, bahkan blank baru kita bingung bagaimana memperbaikinya.

Jadi sebagai pengguna setia teknologi ini, kita harus tahu bagaimana merawatnya dengan baik dan tahu sofware-software apa saja yang perlu ada atau kita punya pada Laptop/PC kita.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Software Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Laptop/PC atau tepatnya 3 Software Terbaik pada Laptop/PC saya. Kenapa saya mengatakan Software terbaik?.

Karena selama ini saya hanya menggunakan 3 Software ini sebagai pilihan untuk mengatasi virus, malware, dan PC yang lemot. Yang tentunya saya memilih yang mudah digunakan dan hasilnya cukup memuaskan.

3 Software Tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Advanced SystemCare (ASC)

Advanced SytemCare

Software Advanced SytemCare ini adalah besutan dari IObit. Dengan Sofware ini kita bisa merawat Laptop/PC kita dengan mudah. Diantara fitur-fitur yang tersedia adalah:

a. Malware Removal
b. Privacy Sweep
c. Internet Boost
d. Internet Defrag
e. Security Defense
f. Vulnerability Fix
g. Registry Fix
h. Junk File Clean
i. Shortcut Fix
j. Sytem Optimation
k. Disk Scan
l. Disk Defragment

Cukup lengkap bukan?, pada software ini ada versi Free dan versi Pro. Menurut saya lebih baik kita menggunaka versi Pro, dimana kita harus membeli lisensi dari IObit. Pada ASC ini, tidak hanya dilengkapi fitur utama seperti yang disebutkan diatas, tetapi juga dilengkapi dengan fitur pelengkap.

Fitur pelengkap ini tidak kalah pentingnya dari fitur utama diatas. Fitur ini berada pada Toolbox dimana digolongkan ke dalam beberapa sub program, yaitu meliputi  Clean, Optimize, Repair, Security, Control, dan Advanced. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Toolbox ASC

Selain ada menu Toolbox juga ada fitur Turbo Boost, dimana fitur ini membantu untuk mengoptimalkan kerja dan mempercepat Laptop/PC kita. Di fitur ini kita bisa memilih Boost Mode, yaitu Work Mode, Game Mode, Economy Mode.

Turbo Boost ASC

Action Center IObit

IObit sebenarnya tidak hanya merilis Advanced SytemCare saja tetapi juga ada IObit Malware Fighter, Driver Booster, Smart Defrag, dan fitur-fitur yang lainnya, serta juga ada Advanced SytemCare Ultimate dimana ASC dengan dilengkapi Antivirus. Jadi silahkan dilihat disitus resminya.

Update -  Sekarang ASC sudah menginjak ke versi 10.1, jadi dalam segi dan tampilan akan sedikit berubah dari tampilan diatas.

2. Revo Uninstaller

Revo Uninstaller

Sebenarnya saat kita pertama menginstall ASC, secara bersamaan juga terinstall IObit Uninstaller. Tetapi entah kenapa saya hanya menggunakan Revo Uninstaller, mungkin karena saya sebelumnya memakai Revo Uninstaller terlebih dahulu sebelum mengetahui IObit Uninstaller.

IObit Uninstaller

Situs resminya silahkan klik disini - Revo Uninstaller. Jika ditanya "kenapa kita memerlukan software Uninstaller pihak ketiga?, padahal kita bisa Uninstaller pada Control Panel (OS Windows)". Jawabannya adalah software Revo Uninstaller ini lebih efektif dalam menghapus program/software pada Laptop/PC kita..

Tidak hanya software yang mampu kita hapus, tetapi kita bisa sekalian menghapus registry dan file-file sampah yang tertinggal dari software yang kita hapus. Selain itu ada beberapa kasus dimana beberapa program yang telah terinstall tetapi tidak terbaca pada Uninstall di control panel.

Program-program yang tidak terbaca seperti itu biasanya adalah program-program sampah yang sebenarnya tidak kita inginkan tetapi terinstall otomatis pada Laptop/PC kita. Seperti Awesomehp Homepage.

Sedangkan pada Revo Uninstaller terdapat fitu-fitur dibawah ini:

a. Uninstaller
b. Autorun Manager
c. Junk Files Cleaner
d. Windows Tools
e. Browsers Cleaner
f. Microsoft Office Cleaner
g. Windows Cleaner

Sebenarnya walaupun ada beberapa fitur Revo Uninstaller yang sama dengan ASC, tetapi saya menggunakan Revo Uninstaller hanya untuk Uninstaller dan mengatur Autorun pada Program/Software.

Kenapa begitu?, karena saya takut program bisa berbenturan satu sama lain. Laptop/PC yang bersih itu memang baik, tetapi jangan terlalu bersih juga.

3. Windows Defender



Program/Software yang terakhir ini adalah untuk membasmi virus dan spyware pada komputer. Kenapa saya memilih software ini, padahal masih banyak yang lebih baik?

Jawabannya adalah karena Windows Defender adalah software/program Antivirus bawaan OS Windows 8 atau 8.1. Jadi sangat ringan dan hasilnya pun cukup memuaskan. untuk lebih detailnya silahkan kunjungi artikel Antivirus Windows Defender.

Tetapi jika OS Laptop/PC kita bukan Windows 8/8.1, melainkan OS Windows 7 dan versi sebelumnya, maka kita harus menginstall Antivirus pihak ketiga, misalnya Avast Pro, AVG dan Kaspersky. Pastikan memilih Antivirus yang terbaik dan aman.

Demikianlah Software Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Laptop/PC versi saya dari pengalaman pribadi saya setelah sering ganti software selama ini dari versi free hingga pro, dari ringan hingga berat, dan dari ribet hingga mudah digunakan.

Demikianlah artikel tentang Software Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Laptop/PC. Semoga ketiga software diatas bisa dijadikan opsi/pilihan untuk Laptop/PC teman-teman.

3 comments:

  1. Windows Defender, Revo Uninstaller, dan TuneUp yang saya percaya mas. Memang sangat membantu, makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidak pakai TuneUp mas, tapi pakai ASC Pro, sama-sama mas, thanks juga sudah mampir :)

      Delete
  2. essential condition, Automatic

    ReplyDelete