Peluang Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal, Berani Mencoba?

Peluang Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal, Berani Mencoba?

Pekembangan teknologi semakin pesat, merubah pola pikir semua orang. Salah satunya adalah pola pikir setiap orang dalam mencari uang di era digital sekarang.

Menjadi youtuber adalah salah satu peluang pekerjaan yang perlu dipertimbangkan. Tidak heran banyak sekali berita-berita atau kabar yang mengatakan seorang youtuber bisa menghasilkan ratusan juta dalam sebulan.

Apakah itu real?,

Tentu saja itu real, Youtube yang saat ini menguasai pangsa pasar vidio sreaming atau live streaming menjadi primadona yang luar biasa.

Perut saya juga pernah tergelitik saat saya menonton dialog antara Pak Jokowi dengan seorang anak kecil (kira-kira dia masih duduk dibangku SD).

Pak Jokowi bertanya, "Apa cita-citamu?",

Kemudian anak itupun tanpa ragu menjawab, "ingin menjadi youtuber pak".. #what?, haha lol

Berdasarkan pendapat pribadi ada beberapa hal kenapa menjadi seorang Youtuber bisa menjadi pertimbangan/peluang yang perlu dicoba, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbanganmu:

1. Pengunjung Youtube Semakin Banyak

Dulu koneksi internet tidak seperti sekarang, meskipun masih terbilang mahal tapi tak semahal dulu, dan tempat penyedia wifi gratispun sudah berterbangan dimana-mana.

Hal ini menyebabkan tidak segan-segannya bagi seseorang untuk mencari berbagai informasi dengan konten visual, yaitu melalui vidio-vidio yang terdapat di internet, salah satunya adalah platform Youtube.com.

Kita juga menyadari bahwa konten vidio lebih menarik dan jelas (baca:rinci) daripada hanya sebuah konten tulisan pada blog seperti ini. Contohnya jika kita mencari resep masakan atau tempat wisata.

Wajar jika pengunjung blog bisa menurun karena pindah ke konten visual youtube. tetapi hal ini bukan berarti penurunan dalam arti yang sebenarnya, karena setiap detik kedepan pengguna internet akan selalu bertambah dan bertambah lagi.

Apalagi konten blog sekarang banyak yang memuat beberapa vidio sebagai pelengkap dari artikelnya, atau bisa mengaitkannya ke chanel youtubenya..

2. Menjadi Media Kreasimu

Setiap orang itu unik dan memili passion/minat sendiri-sendiri. motonya "lakukanlah pekerjaan yang kamu sukai".

Dan untuk memberi nilai apa yang kamu lakukan, berbagilah kepada orang lain di Youtube. #bukan promosi, haha

Di Youtube kamu bisa menunjukkan kreasimu (seperti hobi dan apapun yang kamu sukai), dan youtube akan menghargai apa yang kamu lakukan dengan penghasilan yang lumayan besar, bahkan bisa sangat besar melebihi ekpektasimu.

Kita ambil contoh para Gamer, yang dulunya dikira orang yang membuang-buang waktu saja, sekarang dengan youtube mereka bisa menjadi seorang gamer sukses atau youtuber sukses dan terkenal.

Seorang Gamer bisa mengupload tutorial dan tips permainan mereka di youtube, dan bahkan beberapa pertandingan resminya.

Beberapa Chanel YT Gamer yang mungkin bisa menjadi inspirasimu adalah EJGamingMikael Anthony, Jess No LimitBigetron TV.

Wajar jika muncul moto, "Youtube lebih dari TV".

Kamu tidak perlu masuk TV untuk menunjukkan karya visualmu kepada banyak orang.

Saya juga sempat teringat ada seorang tamu di Acara Hitam Putih, dimana dia adalah seorang Youtuber (Gamer) yang bisa menghasilkan 200 juta perbulan dari chanel youtubenya (koreksi jika salah).

Dan entah kapan sejak saat itu, sekarang yang saya lihat di Youtube, Deddy Corbuzier giat untuk membuat konten-konten yang menarik. Alhasil seorang Deddy Corbuzier juga telah menjadi seorang Youtuber hebat.

So, apa yang dapat kita pelajari dari sini?, lihat sekeliling kita, dunia selalu berputar dan berjalan dengan cepat.

3. Bisa menjadi pekerjaan freelance.

Seperti halnya seorang blogger yang menulis, seorang youtuber juga tergolong sebagai seorang freelancer. Pekerjaan dengan kebebasan waktu, dimana kamu menjadi bosnya dan kamu juga menjadi karyawannya.

Jika kamu sudah bekerja, kamu tidak harus keluar dari pekerjaanmu, kamu tinggal membuat konten vidio yang menarik dan bermanfaat setelah bekerja dan menguploadnya di Youtube.com, dan pastikan itu konten vidio yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain.

Kalau ada yang belum paham dari mana mereka menghasilkan uang, saya akan sedikit menjelaskannya.

Jadi, seorang youtuber mendapatkan uang dari iklan yang tampil dari penayangan vidionya. Disini bisa dikatakan seorang youtuber adalah seorang publisher, publisher iklan Google Adsense.

Google Adsense, adalah penyedia layanan advertising, dimana menjadi pihak ketiga antara seorang pengiklan dan publisher (penerbit iklan).

Google Adsense sebenarnya sudah lama ada, dimana sekarang bisa di aplikasikan terhadap 3 media utama.

1. Blog (blogger.com dan self hosting)
2. Youtube
3. Aplikasi Android (Admob)

Jadi jika kamu bertanya darimana para publiher mendapatkan uang maka jawabannya adalah dari iklan-iklan yang muncul dari blog, konten vidio di youtube, dan didalam aplikasi androidmu.

Pembayaran atau hasil pendapatan didapat dari jumlah penayangan dan jumlah klik yang terjadi dikonten kamu, baik itu di blog, youtube, dan aplikasi android.

Apakah kamu ingin mencoba menjadi youtuber?, dan menurutmu apa peluang besar lain selain diatas?.

Sumber gambar: Chanel Youtube The Pals

No comments:

Post a Comment