Menyimpan File di Google Drive dengan Mudah dan Aman

Menyimpan File di Google Drive dengan Mudah dan Aman

Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang Google Drive. Bagi para pengguna setia layanan Google pasti tidak asing dengan Google Drive, khususnya bagi para pengguna Gmail, Google+ dan Blogger.

Sedangkan untuk sahabat yang belum tahu tentang Google Drive, saya akan merasa senang bisa menjelaskannya di postingan kali ini dengan judul "Menyimpan File di Google Drive dengan Mudah dan Aman".

Google Drive adalah salah satu dari berbagai macam layanan yang disediakan oleh Google untuk kita. Google Drive berfungsi sebagai tempat penyimpanan file-file atau data kita seperti foto, cerita, desain, gambar, rekaman, vidio dan apa saja secara gratis yang dihubungkan dengan layanan Google lainnya yaitu Gmail, Google+, dan Google Drive sendiri.

Jadi Fitur penyimpanan Google Drive berfungsi dengan Google Drive sendiri, Gmail dan Google+ Foto. Disini kita dapat menaruh file, menyimpan lampiran email dan mencadangkan foto langsung ke Drive kita. Dan selama ini saya juga melakukannya guna meyimpan file-file yang saya gunakan untuk kepentingan online seperti Ngeblog, dll.

Bagaimana dengan besar kapasitas penyimpanannya?, pada mulanya Google Drive menyediakan kapasitas 15 GB secara gratis untuk kita. Dengan kapasitas 15 GB saya rasa sudah cukup banyak bagi kita. Kemudian bagaimana jika kapasitas sudah penuh dan perlu kapasitas yang lebih besar?.

Kapasitas Penyimpanan Google Drive

Sahabat jangan khawatir, Google sudah memberi kesempatan kita untuk menambah kapasitas Google Drive dengan membeli paket penyimpanan yang lebih besar sesuai kebutuhan dengan harga bervariasi satu sama lainnya. Dan daftar harga paketnya bisa kita lihat seperti dibawah ini:

             15   GB    harga Gratis
             100 GB    harga $ 1,99/bulan
             1     TB    harga $ 9,99/bulan
             10   TB    harga $ 99,99/bulan
             20   TB    harga $ 199,99/bulan
             30   TB    harga $ 299/bulan

Dan bagi sahabat yang membutuhkan kapasitas lagi, tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya sama sekali, sahabat bisa membuat gmail lagi, jadi kita dapat kapasitas 15 GB lagi secara gratis. Meskipun saya kira tidak efektif, karena pengelolaan file akan terpisah dari email yang utama. Jadi jika kita punya uang sebaiknya kita membeli paket penyimpanan yang lebih besar.

Kembali untuk pembagian penyimpanan, kapasitas 15 GB ini dibagi menjadi 3 bagian ke layanan Google, yaitu sebagai berikut ini:

1. Google Drive

Kita dapat menyimpan file hingga 1 TB (sekarang 5 TB) per file dan untuk apapun yang kita buat dengan Dokumen, Spreadshet, atau Slide, tidak akan memakan ruang penyimpanan kita.

2. Gmail

Untuk Gmail, lampiran yang dikirim dan diterima di Gmail kita serta pesan email menggunakan atau memakan kapasitas penyimpanan drive kita.

3. Foto Google+

Foto yang lebih besar dari 2048x2048 pixsel akan menggunakan penyimpanan kita dan segala sesuatu yang berukuran lebih kecil dapat disimpan dengan gratis. (sahabat bisa lihat ini langsung dihalaman resmi Google).

Jadi untuk keperluan Foto di Blogger, sebenarnya foto akan tersimpan secara otomatis di Akun Google+ ini.

Untuk tambahan info saja. Sekarang ada kabar gembira, yaitu tentang hadirnya Google Drive for Work, dimana menyertakan penyimpanan tidak terbatas untuk file, folder, cadangan, dan segala sesuatu yang penting.

Google Drive for Work sebenarnya ini dihadirkan untuk pekerjaan di kantor, dimana google menjanjikan semua pekerjaan kita  bisa disimpan disitu, aman, dapat dikerjakan dimana saja, dan mudah pula untuk dibagikan ke rekan-rekan kerja.

Google Drive for Work

Disini Google mematok tarif $10/pengguna/bulan, dan itu termasuk penyimpanan tidak terbatas, dimana dengan catatan akun dengan pengguna kurang dari 5 orang mendapat penyimpanan sebesar 1 TB/pengguna. Untuk lebih detail sahabat bisa mengunjungi halaman resmi google disini.

Kemudian, untuk mengupload file ke Google Drive, berikut ini caranya:

Cara Upload File ke Google Drive

1. Pertama-tama, buatlah akun Google terlebih dahulu.

Sudah tahu bukan caranya, saya yakin para sahabat sudah tahu, karena saat kita membuat email di gmail.com sama halnya kita sudah membuat akun Google. Karena satu akun email bisa kita gunakan untuk membuka semua layanan google, diantaranya adalah gmail, youtube, google+, blogger, google drive, webmastertool, Google Adsense, dan lain sebagainya.

Kemudahan inilah yang juga menjadi poin plus dari keunggulan layanan yang disediakan oleh Google. Dan ini yang membuat saya setia menjadi pengguna semua produk/layanan google.

2. Langkah kedua, masuk ke alamat https://drive.google.com

Sebenarnya cara masuk ke Google Drive tidak harus seperti itu, selain bisa kita akses langsung melalui url resminya, kita juga bisa masuk melalui tab disebelah kanan atas akun google saat kita berada di salah satu layanan google lainnya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Google Drive pada akun

Google Drive pada akun Gmail

Google Drive pada akun Blogger

3. Kemudian, setelah kita masuk ke Google Drive, kita bisa Upload file atau Membuat file di Google Drive. Untuk memulainya kita hanya tinggal klik tombol "Baru" - kemudian kita tinggal pilih untuk Tambah folder, Unggah file, dan lain-lain. Lihat gambar dibawah ini.

Unggah file di Google Drive

Membuat file di google drive

4. Setelah kita sudah membuat atau mengunggah file, kita bisa menshare ke orang lain dengan mengambil link sharenya, jadi orang lain bisa mendownload file yang kita bagikan diblog/situs web kita. Saya screenshoot seperti dibawah ini.

Gambar langkah-langkah mengambil url file untuk dibagikan di situs kita:

Cara Share File di Google Drive



Gambar langkah untuk Download file di Google Drive:

Download File di Google Drive

Baca Juga: Menerima email dari alamat email saya sendiri

Demikianlah ulasan tentang Google Drive yang bisa saya bagikan pada sahabat, mungkin penjelasan saya ada yang salah atau kurang tepat, jadi sahabat bisa berbagi pengetahuan atau pengalaman tentang Google Drive pada kolom komentar dibawah ini.

15 comments:

  1. Nice inpoh :)
    Gan, ane mau tanya, apakah google drive bisa dipergunakan untuk menyimpan file seperti javascript, css, dan lainnya yang nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan blog? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, simpan aja dengan format notepad yaitu .txt :)

      Delete
  2. Info bagus, selama ini saya pake dropbox. Ternyata kayaknya Google drive seru juga ya Mas. Kapan-kapan pengen install di hape aaah..

    ReplyDelete
  3. apakah link yang kita share ke orang lain bisa di salahgunakan
    bisa masuk ke akun gmail yang lain nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang paham maksud pertanyaannya mas,

      1. Disalah gunakan seperti apa?

      2. Masuk ke akun gmail bagaimana?
      kalo file yg dishare orang lain hanya melihat file kita, tapi kita juga bisa menentukan orang yang bisa mengedit file kita yang telah dishare tersebut.

      Delete
  4. mas klau buat simpen file css caranya gmna ya? saya kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau, secara khusus sepertinya blum ada.. simpen seperti biasa aja gan, simpen di microsoft word atau text dokumen atau semua jenis file kemudian simpen di google drive.

      Delete
    2. apa maksudnya simpen css buat menyingkat kode html untuk template atau widget?.. kalau itu beda tempat lagi gan..

      Delete
  5. Mau nanya niih kalau misalnya kita menyimpan file di google drive apaka kapasitas Hp jga terisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku tidak mbak, karna ini penyimpanan berbasis online untuk menggantikan model penyimpanan secara offline (hp, flasdisk, dll).

      Delete
  6. mas..kl kita menyimpan data kita disini..apa orang lain bisa melihatnya or mengaksesnya mas..misalnya doikumen penting yg kita simpan disini..aman ga mas..maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman mbak, kita bisa mengatur siapa saja yang dapat melihatnya, mengedit, dan komentar dengan berbagi tautan khusus atau langsung menambahkannya, atau pribadi untuk diri sendiri (tidak dibagikan).. jadi sesuai kebutuhan.. namun tidak ada yang aman 100% jika kita menyimpan file di internet maupun pada komputer, karena itu tergantung dari diri kita sendiri.. misal saya menyimpan password beberapa akun pada buku tulis, tidak pada laptop maupun di internet.. hal ini karena virus, malware, dll, dan google drive pun milik google bukan milik kita..

      Delete
  7. Gimana cara ngatur siapa yang bisa melihat data kita di google drive?
    Mohon pencerahannya mas 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pojok kanan atas ada pengaturannya mas.. pada setelan berbagi.. ^_

      Delete