Belajar Inovasi Bisnis dari Sejarah Google Adsense

Belajar Inovasi Bisnis dari Sejarah Google Adsense

Menurut saya Inovasi adalah suatu tindakan dari kita untuk menghasilkan suatu produk atau hasil yang lebih baik yang mana melalui sebuah pengubahan dan penambahan. Dalam bisnis, inovasi ini sangatlah diperlukan guna meningkatkan dan melebarkan bisnis kita secara cepat.

Pada kesempatan ini setelah saya membaca catatan teman blogger, yaitu Al Faruq Ibn Zainuddin, saya tertarik untuk mengulas tentang sejarah dari Google Adsense. Yang mana didalamnya terdapat nilai inovasi yang mungkin dapat kita ambil.

Tentang Google Adsense sebenarnya bagi saya bukanlah hal yang asing atau baru di telinga saya, karena Google Adsense adalah salah satu produk Google yang culup terkenal bagi para Blogger atau Publisher.

Untuk memulainya, kita mulai sejarahya di tahun 2003, kenapa ditahun 2003?. Di tahun inilah kita mendapatkan kabar bahwa Pyra Labs telah diakusisi oleh Google. Siapa yang tidak kenal dengan Pyra Labs, merekalah sang pencentus Blogger dengan alamat blogger.com. Yang sampai sekarang terkenal dengan hosting blog gratis dengan subdomain blogspot.com.

Lalu setelah akusisi ini tepatnya pada 1 februari 2003, ternyata tidak lama kemudian atau tepatnya dua bulan setelahnya pada tanggal 1 April 2003, Google ternyata kembali mengakusisi Applied Semantics yaitu sang pemilik dan pencipta teknologi Adsense.

Tetapi kenapa akusisi ini dilakukan oleh Google?, bukankah tidak sulit jika Google membuat teknologi semacam ini yang lebih canggih dan lebih baik dari mereka. jawabannya tentunya tidak sulit, tetapi kenapa harus mengakusisi dua perusahaan itu?.

Akhirnya sekarang saya mulai mengerti hal ini, tentang salah satu tindakan Google pada 12 tahun silam itu. Dan hal yang saya sadari itu adalah "Menciptakan Sebuah Inovasi". Teman blogger saya pernah berkata bahwa Inovasi membuat kita bergerak 10 kali lebih cepat, dan ini menurut saya adalah benar adanya dan sudah terbukti.

Dan hal inilah yang sebenarnya dilakukan oleh Google. Menciptakan sebuah Inovasi yang membuat sebuah awal yang baru bagi para publisher dimasa sekarang. Sehingga terciptalah yang namanya Google Adsense, dari sebuah inovasi antara Blogger dan Adsense.

Andaikan jika Google memutuskan membuat teknologi yang sama dengan Blogger dan Adsense, maka yang terjadi adalah tersitanya banyak waktu, usaha, maupun biaya yang tidak sedikit. Bahkan tidak menuntut kemungkinan setelah Google selesai membuat teknologi baru yang lebih baik, secara bersamaan Blogger dan Adsense juga sudah berkembang lebih jauh dan lebih baik, dan mungkin saja mereka memutuskan untuk berkolaborasi satu sama lain.

Sehingga mungkin sekarang kita tidak akan mengenal yang namanya Google Adsense, tetapi mungkin kita akan mengenalnya dengan nama Blogger Adsense atau Blog Ads, dll, bukankah kemungkinan ini bisa terjadi?, walaupun ini hanya sekedar pengandaian saya saja.

Dari sejarah diatas yang pasti adalah langkah yang dilakukan Google sebagai pelaku pebisnis online sangatlah tepat. Didalam dunia bisnis kompetisi dan ancaman pastilah ada, tetapi bukan kita jadikan sebuah hambatan, tetapi menjadikan hal itu bahan bakar untuk membuat bisnis menjadi lebih besar, maju dan berkembang.

Dan untuk sahabat yang mengaku sebagai seorang pebisnis, apakah kita akan PUAS hanya dengan menjadi pelaku bisnis saja. apakah kita tidak memiliki keinginan untuk menciptakan Inovasi seperti mereka?.

Sehingga kita tidak hanya akan menjadi pelaku bisnis yang menjalankan bisnis mereka dengan aturan-aturan yang mereka buat, tetapi kita pasti juga bisa menciptakan bisnis dengan aturan kita sendiri dan menjadi seorang pebisnis yang lebih sukses dari mereka.

Baca Juga: Blogger Menulis Untuk Keabadian

Demikianlah ulasan pada kesempatan kali ini tentang Belajar Inovasi Bisnis dari Sejarah Google Adsense. Walaupun ini sebenarnya adalah sebuah pendapat/opini, tetapi saya berharap bisa mengispirasi kita untuk menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif.

1 comment:

  1. sama-sama gan, thanks juga sudah berkunjung :) salam sukses

    ReplyDelete