Cara Menghitung Jumlah Kata Artikel Dengan Cepat

Alat Penghitung Jumlah Kata - Menghitung Cepat dan Mudah

Sebagai seorang blogger pastinya kita sering membuat artikel untuk diposting pada blog kita masing-masing. Dan untuk menciptakan blog yang berkualitas tentunya harus memiliki artikel yang berkualitas pula.

Salah satu kriteria artikel yang berkualitas adalah memiki jumlah kata yang panjang, sehingga kita perlu menghitung jumlah kata artikel tersebut terlebih dahulu sebelum diposting.

Menurut saya jumlah kata artikel yang berkualitas minimal 500 kata, kalau sekarang pada tahun 2017 ini mungkin yang benar-benar berkualitas minimal 1000 kata, kecuali untuk artikel yang memang tidak memerlukan kalimat yang panjang.

Sehingga pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang bagaimana Cara menghitung jumlah kata artikel dengan cepat dan mudah. Ada dua cara yang saya pakai selama ini.

Baca Juga: Motivasi Untuk Menulis Artikel Blog

1. Menggunakan Microsoft Office Word

Cara ini termasuk ke dalam kategori cara klasik. Cara menggunakannya kita hanya perlu melihat keterangan jumlah kata artikel pada bagian paling bawah kiri di Microsoft Office Word kita.

Kita hanya perlu menulis artikel atau mengcopy hasil dari artikel yang telah kita buat kemudian di copy paste kan ke Microsoft Office Word. Seperti yang tampil pada screenshot dibawah ini.

Microsoft Office Word untuk menghitung jumlah suku kata

Tetapi kelemahannya adalah saat kita menggunakan cara ini maka jangan memindahkan artikel yang berada di Microsoft Office Word ke tempat postingan, karena biasanya format tulisan dari Microsoft Office Word juga akan ikut saat kita pindahkan ke blog.

Oleh sebab itu, saat kita ingin menulis artikel, tulislah artikel tersebut pada blog langsung. Selanjutnya Microsoft Office Word hanya digunakan sekedar sebagai penghitung jumlah kata saat artikel sudah siap untuk kita posting.

Saya ralat pernyataan saya, mungkin kita bisa memindahkan artikel dari Microsoft Office Word ke tempat postingan, dengan ketentuan letakkan artikel tersebut ke format penulisan HTML (pada blogger).

2. Cara kedua menggunakan alat/tool online penghitung jumlah kata

Tool/alat ini sangatlah praktis, jadi dengan tool online ini kita dapat dengan mudah mengetahui jumlah kata atau karakter suatu artikel yang akan kita posting. Dan tool inilah yang sering saya pakai selama ini, dari pada menggunakan tool online pada blog/website lain.

Tool Penghitung Jumlah Kata


0 kata | 0 karakter | 0 karakter tanpa spasi | 0 kata unik | 0 kalimat | 0 paragraf

Untuk kebutuhan menghitung jumlah kata saat membuat artikel, saya sengaja membuat blog khusus yang menyediakan alat penghitung jumlah kata artikel. Meskipun sederhana semoga membantu sobat semua, khususnya pengguna CMS blogger.com, silahkan kunjungi jumlahkata.blogspot.com.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan Disukai Pembaca

Demikianlah postingan pada kesempatan kali ini, tentang cara mudah menghitung jumlah kata atau karakter artikel dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat bagi para sahabat blogger yang ingin membuat artikel.

6 comments:

  1. naah inh dya.. caranya.,, pernah nyari caranya nda ketemu.. hhee..praktis juga ya..?
    apalagi kata yg jago seo ya Mas.. jumlah karakter 200-500 dgn begini sdh bisa tau,..

    beda kalo cara manual.. kelamaan..bisa2 ketiduran dibuatnya Mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, bisa saja agan ini. salam kenal ya gan, salam blogger :)

      Delete
  2. Wah enak kalau gini cara nya lebih mudah, biar jumlah kata pada artikel kita,, mantap mas

    ReplyDelete
  3. wah mantap mas mantep nih tipsnya thx...

    ReplyDelete