Kenapa cek kuota kartu tri lewat internet tidak bisa lagi


 

Jika sebelumnya saya membahas keluhan saya tentang kecepatan internet tri yang lemot, sekarang saya akan melanjutkannya dengan "Kenapa cek kuota kartu tri lewat internet tidak bisa lagi?".

Seperti yang akan kita bahas, gambar diatas itulah tampilan internet.tri.co.id yang sekarang yang dulunya saat kita masuk seharusnya langsung kepada info profil kartu kita yang berisi nomor dan juga tampilan sisa kuota internet dikartu tri kita. Dibawah ini tampilan sebelumnya yang saya ambil dari searching di google:

Kenapa cek kuota kartu tri lewat internet tidak bisa lagi

Kemudian apa masalahnya dengan perubahan tersebut?. Permasalahannya sekarang adalah sebagai berikut:

1. Tampilan tidak lansung menunjukkan nomor hp dan kuota internet.

2. Apakah kita harus login dulu agar bisa melihat nomor tri dan sisa kuota internet kita. Jika memang jawabannya iya, bagaimana cara mengetahui password nomor tri kita, dan jika harus register dulu, bagaimana registernya, karna gak ada pilihan registernya. lihat gambar dibawah ini!.

Kemudian saya mencoba untuk memasukkan password yang sama dengan kartu tri tapi tidak bisa bahkan ada peringatan,

"Username atau Password yang Anda masukkan salah. Jika kesalahan anda lebih dari 3 kali, maka kamu tidak dapat akses ke portal dalam waktu 1 hari."

Sampai saaat ini saya belum tahu solusinya, dan setelah saya berkunjung di blog tetangga, ada beberapa cara untuk mengecek kuota kartu tri selain lewat internet:

1. Cek kuota 3 via sms

Dengan mengirim sms via ponsel ataupun via modem ketik: INFO DATA kirim ke 234, setelah terkirim tunggu beberapa saat, dan tunggu sisa kuota 3 kita akan terlihat beserta detail nomor kartu 3 anda.

2. Cek kuota tri via panggilan / dial up 

Cukup melakukan panggilan ke *111*3*1# ikuti petunjuk selanjutnya, kemudian tunggu beberapa saat, maka sms info kuota 3 akan segera kita terima.

3. Cara cek kuota Tri dengan Aplikasi Bima Tri

Untuk menggunakan aplikasi resmi dari tri ini, terlebih dahulu kita harus mendownload aplikasi Bima Tri di playstore, instal aplikasi tersebut di smartphone kita,

Selanjutnya tunggu aplikasi bima tri terinstal, setelah terinstal maka kita bisa melihat sisa pulsa 3, sisa kuota 3, dan juga sisa masa aktif kartu 3.

Tetapi tetap saja itu bukan solusi yang terbaik bagi para pengguna modem, yang terbiasa menggunakan internet pada browser untuk mengecek kuota dan nomor kartu. Bila menggunakan cara diatas, akan terlalu merepotkan bagi kita.

Update 27/09/2014:

Sebenarnya saya belum tehu pasti apakah sekarang bisa cek kuota internet lewat PC lagi, tetapi tidak sengaja saya mempunyai cara lain untuk mengecek kuota.

Kita sebagai pengguna kartu tri sebelumnya mengetahui jika terkadang kita tidak bisa membuka alamat internet.tri.co.id dikarenakan loading yang tidak berkesudahan, Dari situ kita bisa melihat sisa saldo dan kuota dengan mendisconect internet kita (modem,dll) saat proses loding berlangsung.

cek kuota tri loading tidak berkesudahan

Seperti yang terlihat digambar diatas, laman terbuka tanpa gambar karena proses loading belum selesai. Kemudian letakkan panah krusor ke tempat gambar kuota yang gambarnya belum muncul (lihat kotak merah yang diberi tanda panah). Maka akan terlihat sisa kuota internet kita.

Update 31/10/2014:

Setelah saya coba untuk mengecek kuota tri di internet.tri.co.id, ternyata penampilannya sudah kembali lagi. Tetapi tetap saja loadingnya lama atau lemot ketika membukanya. Tetapi ini lebih baik menurut saya daripada sebelumnya.

Demilian informasi atau tepatnya permasalahan yang saya ketahui sekarang tentang cek kuota kartu tri lewat internet, semoga akan ada yang bisa memberi informasi untuk solusinya. Terimakasih atas kunjungannya.

Update 26/06/2015:

Masalah ini sudah teratasi, tapi tampilan berubah lagi.

19 comments:

  1. di tempat aku di kab kotabaru provinsi kalimantan selatan,3 sering gangguan hampir tiap hari engga sinyal 2 jam bahkan bisa 6 jam,dan lagi kalau ada sinyal sering lemot
    mohon di perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan karyawan 3 bang, :) jadi gak bisa memperbaiki, hehe saya doakan cepet lancar aja bang.

      Delete
    2. Sampai saat ini saya masih tetap hak bisa cek kuota tri...

      Delete
  2. Sampai saat ini saya tetap gak bisa cek kuota tri via modem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sudah bisa cek mas, kalau via internet gak bisa silahkan via sms mas (lewat modem juga)

      Delete
  3. mau isi ulang pulsa modem pake voucher gabisa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mbak amara tanya ke call center (123)... smoga dapat jawaban terbaik :)

      Delete
  4. suka alig alig operator nya ,pernah cek di modem lwt pc bisa skarang ga bisa , pas di kuota meternya ga ada gbr nya ,di ulang" sama aja capeeeeeeeeee..... dehhhhhhhhhhhhh..............

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya gan... tak ada operator yang terlahir sempurna, jangan kau sesali segala yang telah terjadi... jangan menyerah... ^_

      Delete
  5. saya juga mengalami hal serupa utk cek kuota via inet, selalu 'dihadang' dengan permintaan pengisian password, pdhal sy tdk pernah registrasi...lha mau registrasi kok malah gak ada opsinya. GOBLOG tenan, yg bikin aplikasi OTAKNYA sdh rada2 kali yaa...sempat bisa keluar menu paket, lalu saya pilih kenyang download, setelah itu diminta cek email, balik lagi menu paketnya hilang lalu muncul menu SONTOLOYO yg minta password! GOBLOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOGGGGG....!!!!!!

    ReplyDelete
  6. Yeaaah budaya indonesia ya ginilah,,,
    pinter nyalahin. coba di cek dulu dengan baik2,
    yang nulis blog juga saya rasa gak ngecek dengan baik.
    kalo pencarian di google otomatis di kasih link https://my.tri.co.id/login/init
    dari situ tentu aja infonya login.
    tapi kalo dimasukan langsung http://internet.tri.co.id/
    maka yang keluar langsung kuota,,,
    nah masalahnya sekarang kalau lemot berarti jaringanya aja yang kurang bagus, masalahnya akses ke tri itu gratis, tanpa kuota juga bisa masuk.
    coba di cek dulu hayooo,,, jangan marah-marah dulu...
    Anak pinteer minum Cucunya dulu ya.... Hehehee (-_-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, bisa saja mas.. saya sependapat dengan mas untuk

      "https://my.tri.co.id/login/init
      dari situ infonya login.
      tapi kalo dimasukan langsung http://internet.tri.co.id/
      maka yang keluar langsung kuota.

      Tetapi dalam permasalahan saya hal tersebut memang terjadi mas, hipotesis saat itu bahwa memang terjadi kesalahan di server web tri atau maintenance situs sementara.. dimana pengunjung diredirect ke my.tri.co.id/login. Hal tersebut sudah tidak terjadi lagi.. kejadian ini juga bisa dilihat bahwa tenggat waktu saya membuat artikel ini bahkan ditahun 2014/2015 jadi saya kira lumayan jauh tenggat waktu masalah dan komentar mas.

      Untuk lemot memang masalah kondisi jaringan di area tertentu, namun beberapa minggu ini saya mengalami masalah aneh lagi dengan tri, yaitu jaringan HSPA/H+/3G tidak berjalan atau lemot atau tidak bisa digunakan pada sekitar jam 18.00 (6 Sore) sampai jam 21.00 (9 malam), daerah saya di desa sukorejo kecamatan rejoso kabupaten nganjuk, mungkin ada sobat lain yang juga mengalaminya, namun ada catatan bahwa "meskipun memakai jaringan HSPA tidak bisa buat internetan ketika pindah ke 2G maka bisa normal dimana tentu jaringan sangat lemot tapi bisa." Semoga pihak tri bisa memperbaiki masalah ini dengan segera. Tri selalu yang terbaik, minimal di area saya ^_

      Delete
    2. mencari solusi dari masalah yang sama, dan solusinya adalah PASRAH ...:(

      Delete
    3. pasrah i.. ngakak, whahaha.. jgn langsung pasrah gan, setidak e menyampaikan keluhan ke call center tri ^_

      Delete
  7. 3 makin lama makin kamprett, operatornya error mulu, dan masalah diatas terulang lagi

    ReplyDelete