Kenapa blogger malas menulis artikel?

Kenapa blogger malas menulis artikel?

Bagi sahabat blogger pastinya pernah merasakan hal ini, malas menulis artikel.  Yah, bagi seorang blogger ini adalah sebuah hambatan, kenapa sebuah hambatan?. Karena pekerjaan utama dari seorang blogger adalah menulis artikel yang berkualitas.

Untuk itu pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Kenapa seorang blogger malas menulis artikel atau malas ngeblog, dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut ini ulasannya:

1. Tidak suka menulis

Yang pertama adalah tidak suka menulis. Sebagian dari blogger tidak suka menulis atau bisa dikatakan tidak mempunyai bakat menulis. Tetapi jika tidak suka menulis kenapa menjadi seorang blogger?.

Baca Juga: Alasan Kenapa Banyak Blogger Yang Gagal

Mereka menjadi seorang blogger karena alasan yang lain, diatara alasannya adalah karena mereka hanya ingin mencoba-coba mengikuti perkembangan internet yang pesat, hanya untuk mendapat pengakuan tidak kuper teknologi oleh teman-temannya.

Alasan yang lain adalah mereka ingin mendapatkan uang dari ngeBlog. Seperti apa yang diberitakan di internet jika ada beberapa orang yang sukses dengan menjadi seorang full-time blogger.

Siapa orang-orang itu?, diantarannya adalah Linda Ikeji, seorang blogger dari nigeria dan Eka Lesmana, seorang blogger dari indonesia.

2 . NgeBlog untuk mencari uang 

Apa yang salah jika ngeBlog untuk mencari uang?, Memang tidak salah jika kita menjadi seorang blogger untuk mencari uang. Tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mencarinya.

Banyak blogger yang pada mulanya mempunyai tekat yang bergebu-gebu mencari uang dengan ngeblog, tetapi karena tidak sesuai dengan harapan kemudian mereka putus asa, dan akibatnya mereka malas untuk ngeblog lagi.

Jadi jika kita bertujuan untuk mencari uang, kita juga harus belajar untuk menikmatinya, menikmati prosesnya, menikmati menjadi seoarang blogger. Bagaimana caranya?.

Caranya dengan memikirkan apa yang kita dapatkan menjadi seoarang bogger, dan juga apa manfaatnya bagi orang lain atau orang disekitar kita.

Misalkan ketika kita menjadi seoarang blogger dengan menulis, kita bisa berfikir bahwa dengan menulis kita dapat membantu orang lain. Pikirkan saat ada orang yang mengunjungi blog kita, mereka dapat mengambil ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan, ini sebuah amal dari kita.

Dan jika kita menjual produk atau jasa, kita bisa berfikir dengan produk atau jasa kita, secara tidak langsung kita telah mengurangi beban dan membantu pekerjaan orang lain.

Dengan menjadi seorang blogger kita juga bisa mendapatkan teman sesama blogger, berbagi tips dan saran yang memotivasi kita, agar merasa bangga menjadi seorang blogger yang selalu berbagi ilmu dan pengetahuan.

3. Mempunyai pekerjaan di dunia nyata

Apa boleh buat, walaupun kita menjadi seorang blogger, kita juga tidak terlepas dari pekerjaan dan tanggung jawab didunia nyata.

Itu dikarenakan sebagian dari kita masih belum menjadi seorang full-time blogger. Apalagi jika kita masih seorang siswa atau mahasiswa atau mempunyai pekerjaan yang menetap.

Jadi kita harus pintar-pintarnya membagi waktu, mendahulukan yang lebih penting kemudian melanjutkan ke kegiatan yang lebih ringan, tetapi tetap pada pekerjaan yang positif, membangun, dan tentunya bermanfaat bagi sesama.

4. Blog tidak sesuai dengan minat atau bidang penulis

Terkadang karena memburu visitor atau penghasilan dari ngeBlog, seorang blogger cenderung membuat blog dengan keyword word (kata kunci) yang mempunyai rate tinggi, tetapi tidak sesuai dengan bidang atau ilmu yang dia kuasai dan minati.

Akibatnya ide untuk menulis sangat sedikit, sehingga blog jarang terupdate dan lama-lama menjadi malas untuk mengisinya.

Jadi coba kita buat blog yang kita kuasai niche/temanya, sehingga ngeBlog terasa tiada beban dan menyenangkan untuk dilakukan.

Baca Juga: Takut menulis di blog membuat kita jarang posting artikel

5. Tidak ada pemasukan untuk ngeBlog

Untuk alasan ini, sebagian besar dirasakan oleh blogger pemula atau blogger yang masih tidak punya pemasukan finalsial, seperti blogger yang statusnya masih pelajar atau yang belum memiliki pekerjaan yang menghasilkan.

Karena untuk ngeBlog kita perlu/membutuhkan internet. Jadi kita perlu atau butuh kuota internet dan modem. Dan belinya membutuhkan uang, sedangkan untuk ngeBlog kita belum memiliki pengahasilan.

Tetapi sebagian orang memilih ngeBlog di tempat yang memiliki Wifi, jadi gratis untuk browsing atau internetan. Tetapi tetap saja berbeda ketika kita memiliki modem dan kuota sendiri. Kita bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja sambil melakukan aktivitas yang lain.

Sedangkan untuk blogger yang memiliki domain TLD dan Self Hosting, pastinya mereka mengeluarkan lebih banyak uang dari pada blogger yang menggunakan CMS seperti Blogger/blogspot, WordPress, dan Tumblr.

Baca Juga: Motivasi untuk menulis artikel blog

Teman-teman bisa menambahkan pendapat pribadinya di kolom komentar dibawah ini. Dan semoga artikel kenapa seorang blogger malas menulis atau membuat artikel ini dapat bermanfaat bagi kita. Salam blogger.

4 comments:

  1. Terimakasih untuk artikelnya ya, min. :)

    Membahas soal kenapa blogger malas menulis, saya pikir banyak orang-orang yang sekarang ngeblog tujuan utamanya untuk Makes Money Online, ketika uang yang diimpikan tidak didapat, akhirnya menyerah pada tahun-tahun pertama. Ada satu lagi, kenapa blogger malas menulis, writer's block, kondisi dimana hampir semua penulis mengalami kekurangan ide, nggak tahu mau nulis apa, dan akhirnya tidak ada tulisan baru di blog.

    Salam kenal
    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas Agung, kadang penulis kekurangan ide... tapi itu mungkin dapat teratasi jika kita memiliki passion di niche yang kita ambil, dan juga semesta niche yang tidak terlalu sempit...

      Delete
    2. Iya, passion itu mutlak dimiliki, itu modal kita dalam menulis, tentu menulis sesuatu yang kita sukai itu lebih mudah dan menyenangkan daripada membuat blog yang menargetkan kata kunci dengan kunjungan yang tinggi sedangkan kita nggak punya basic knowledge sama sekali di bidang tersebut, itu namanya maksain.

      Delete
    3. banyak yang berhenti ditengah jalan, hehe

      Delete