Axis tidak ada gratisannya SMS Lagi

Axis tidak ada gratisannya SMS Lagi

Update 02.08.2015 

Setelah kemarin saya mengulas tentang sebab kenapa di beberapa wilayah sinyal axis mati, sekarang saya akan mengulas tentang tidak ada laginya sms gratis Axis.

Sebenarnya ini adalah pengalaman yang baru saya alami sendiri, dimana kartu axis saya tidak dapat sms gratis lagi, padahal saya sudah memakai axis lebih dari 4 tahun dan selalu mendapat gratisan sms setiap habis sms 5 kali atau 500 rupiah.

Memang dulu saat saya baru beli kartu axis, promonya adalah setiap habis 5 sms langsung dapat 10.000 sms ke semua operator, kemudian berubah menjadi 9950 ke sesama axis dan 50 sms ke operator lain.

Namun beberapa pengguna axis mengatakan bahwa ada juga yang mendapat 30 sms kesemua operator dan 10.000 ke sesama axis setelah habis 700 rupiah, kenapa berbeda?...

Kemungkinan itu karena paket saya dan paket mereka tidak sama, secara saya adalah pengguna lama (mungkin demikian, saya tidak mengetahui kebenarannya dan belum cek ke pihak axis maupun website resminya).

Namun itu masih saya maklumi, gara-gara kebijakan pemerintah, dimana dulu pengiriman sms menggunakan skema SKA (Sender Keeps All). Artinya biaya pengiriman antar operator tak dikenakan biaya oleh penerima sms. Jadi meski lintas operator, operator lain penerima tak meminta biaya.

Dan sekarang skema itu berubah sejak 1 Juni. Yakni berubah menjadi cost based. Artinya pihak operator penerima akan meminta bayaran senilai Rp 23. Jadi kalau lintas operator, maka Axis mau tidak mau membayar sebesar itu.

Kalau begitu, misalkan mendapat gratis 10.000 sms ke operator lain, maka Axis akan dicharge sebesar Rp 230.000,- Tentu pihak Axis tidak mungkin memberikan subsidi sebesar itu.

Kembali ke topik...

Saya tidak mengetahui pasti kapan kartu axis saya sudah tidak gratis sms lagi, tapi saya baru menyadarinya sejak kemarin tanggal 18 November 2013, pukul 17.00 WIB, setelah curiga pulsa saya tiba-tiba tinggal dikit dan juga tidak ada sms pemberitahuan setelah kirim 5 sms.

Jujur saja, hal ini terjadi karena sebelumnya kartu axis saya tidak saya pakai beberapa hari sebab di daerah saya gak ada sinyal axis sama sekali alias SOS.

Setelah mencarinya di google, saya menemukan masalah yang sama yang di bicarakan sekitar sabtu minggu tanggal 16,17 November kemarin, tapi sampai sekarang saya belum tahu pasti kenapa hal ini bisa terjadi,

Apakah akibat optimasi jaringan paska akusisi Axis oleh XL??, (karena itu saya pakai gambar akusisi xl axis dipostingan ini) atau karena faktor lain?.

Sebelumnya saya juga penah mengalami hal serupa dimasa silam, dimana saat itu saya pakai XL. Jadi tega tidak tega saya buang kartu XL saya yang nomornya bagus dikarenakan tidak ada gratisan smsnya sama sekali.

Selain masalah diatas kemarin saya juga mendapatkan sms seperti ini, Promo tarif kamu saat ini akan segera berakhir. Tunggu penawaran terbaik untuk internet, nelpon, & SMS SEPUASNYA dari AXIS khusus untukmu. Saya tidak tahu maksud dari sms ini.

Sebagai tidak lanjutnya, saya telah menghubungi call center 838, katanya masih dibuatkan laporan dan pemeriksaan di data axis, dan disuruh menunggu. Semoga segera ada penjelasan soal ini.

Update

Maaf baru bisa update sekarang, setelah beberapa hari tidak dapat gratisan sekarang ada kabar baik, yakni gratisan sms kartu Axis saya kembali lagi, namun ada perubahan paketnya, yang dulunya adalah paket Jagoan Nelpun sekarang menjadi Paket Nelp & SMS Seharian. Alhasil, tarif sms juga berubah menjadi gratis 9800 sms ke operator Axis dan 200 ke operator lain.

Tapi baru-baru ini ada peberubahan tarif lagi menjadi gratis 9900 sms ke operator Axis/XL dan 100 keoperator lain. Dan syarat mendapatkan gratisannya juga berubah, yang sebelumnya setelah habis 500 rupiah (5 sms) mendapat gratis sms, sekarang harus menghabiskan 700 rupiah (7sms).

Dari permasalahan ini saya dapat menyimpulkan beberapa tips:

1. Jika ada permasalahan pada simcard, misal tarif Axis yang hilang atau tidak sesuai, segeralah menghubungi call center sim card anda (axis: 838) untuk konsultasi masalah atau meminta bantuan.

2. Jangan terburu-buru membeli kartu baru lagi, soalnya sayang jika komunikasi kita kepada orang lain tergangngu akibat nomor hp kita berubah.

Update 29.07.2015

Sebenarnya postingan ini sudah lama, dan juga masalahnya sudah teratasi setelah saya menghubungi Call Center Axis (838), dan gratisan sms pun sudah kembali lagi.

Namun sekarang sejak Hari Raya Idul Fitri 1436 H 2015, masalah serupa ini terjadi lagi pada saya dimana kartu axis saya tidak ada gratisannya lagi.

Pada awalnya masalah ini terjadi tidak pada saya saja atau tidak pada operator axis saja, hampir semua operator seluler ketika menginjak malam Hari Raya (Takbir) semua gratisan sms dihilangkan oleh pihak jaringan operator, diantaranya axis, xl, dan juga indosat.

Kenapa seperti itu?

Saya juga bingung kenapa bisa seperti itu, tapi jika dibolehkan untuk beropini maka dugaan saya Pertama, adalah agar jaringan tidak terlalu padat, kan biasanya pada malam takbir kita sms ke semua teman kita untuk mengucapkan Selamat Hari Raya. Nah jika seperti itu jaringan akan kuwalahan menangani sms-sms tersebut.

Dugaan Kedua, bisa jadi untuk mengambil keuntungan :

1. Pasti pada awalnya kita tidak tahu jika ternyata gratisan sms kita sudah tidak ada, tapi kita terus saja sms tanpa menghiraukan apakah sudah dapat gratisan sms atau tidak. Alhasil pulsa kita habis, ludes tanpa sisa. Sehingga kita pun membeli pulsa lagi.

2. Agar Paket SMS yang disediakan Operator Laku. Yah, apa boleh buat, itu adalah kebijakan dari pihak operator, yang tentunya kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Dan untuk solusinya kita terpaksa akan mengambil paket sms yang disediakan oleh setiap pihak operator, guna agar bisa mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada teman-teman dan saudara-saudara kita.

Kembali ke Masalah...

Setelah tidak mendapatkan SMS Gratis, pada awalnya saya biasa saja atau berfikir mungkin setelah Hari Raya gratisan SMS nya juga akan kembali lagi, tetapi kenyataannya tidak sesuai dengan harapan.

Gratisan SMS Tidak Kembali Lagi, dimana setiap sms dikenakan biaya Rp 100,-

Hal ini saya simpulkan dari fakta bahwa semua kartu teman-teman saya gratisan smsnya sudah kembali lagi, yakni pada operator XL dan INDOSAT, tetapi tidak pada Axis.

Sehingga saya memutuskan untuk Menghubungi Call Center (838).

Hasil Setelah Menghubungi Call Center

Awalnya ketika saya menghubungi 838 ada himbauan bahwa akan dikenakan tarif 800 rupiah jika ingin berbicara dengan Customer Service, tapi ternyata pulsa saya tidak berkurang * bersyukur.

Dan hasil pembicaraan kami:

"SMS Gratis pada Axis ke Operator Lain sudah tidak ada lagi, dan hanya berlaku ke sesama saja. Namun saya kira kesesama Axis juga tidak ada gratisannya juga, ini saya buktikan dengan mengirim sms ke nomer saya sendiri sebanyak 3 kali, dan saya tidak mendapatkan SMS Gratis setelah itu"

Dan sampai sekarang saya tidak mendapatkan SMS Gratis. Jika sobat ingin juga mencari tahu kebenaran ini, silahkan menghubungi Call Center di 838. Saya harap ada penjelasan baru lagi atau mungkin bisa saja kesalahan info pada Customer Service yang saya hubungi.

Dan saya juga berharap jika sobat bisa menambahkan info baru pada kolom komentar dibawah postingan ini setelah mendapat penjelasan dari Customer Service Axis.

Update 02.08.2015

Untuk mengecek paket tarif kartu axis sobat, sobat bisa melihatnya dengan cara sebagai berikut ini:

Ketik *123# - Pilih 4 Tarif Irit - Pilih 4 Tarif kamu - Call, atau
Ketik *123*4*4# - Call

setelah itu akan ada pilihan:

Tarif kamu:
1. Cek
2. Info

pilih secara bergantian dan hasil pada kartu axis saya menampilkan info sebagai berikut :

1. Kamu sedang aktif dengan tarif Axis reguler. Ubah tarif kamu ke tarif baru Axis untuk temukan tarif paling irit yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Tarif Axis Reguler, nelp Rp250/25dtk ke Axis, Rp100/sms ke semua nomor. BONUS nelp 200mnt setelah Rp1750 & 1000 sms setelah Rp700 ke Axis/XL. Internetan Rp500/2,5MB, UNLIMITED setelah Rp1500. Syarat dan Ketentuan berlaku.

Jadi sekarang sudah jelas bahwa kartu axis saya secara sepihak berubah menjadi tarif Reguler, dimana saya sudah tidak bisa menikmati sms gratis kesemua operator.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat khususnya pengguna Axis, Dan bila sobat punya pendapat atau informasi yang berbeda, sobat bisa berbagi di kolom komentar.

4 comments:

  1. oalah.. bgtu ya crtanya...mksh lho gan..ane jadi tau... ane jga pengguna axis..mkanya ane bingung knpa skrg kok plsa ane cpet abis dan ktka udah ngrim 5 sms tdak ada pembritahuan...wah.wah..smoga sja axis lbih murah ya gan promosinya..ini jadi kita nunggu hasil rapat perusahaan axis dong
    .tapi aku ttp sbar mnunggu kok...hehehe....setia aj sma axis..

    ReplyDelete
  2. saya penguna axis.... saya pengen axis tarif lama
    apa tidak bisa di ubah lagi tarifnya hhhhhhh

    bikin nyesel tarif 700 sms baru dapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bisa di ubah gan, tapi saya gak pernah ganti tarif.. coba di cari di *123# gan ... terimakasih atas kunjungannya..

      Delete