Cara Cek Kuota Internet 3 (Tri) Mudah dan Cepat

Cara Cek Kuota Internet 3 (Tri) Mudah dan Cepat

Kartu 3 (Tri) adalah salah satu operator seluler yang banyak diminati oleh teman-teman yang mencari kuota internet dengan harga murah meriah dan cepat, dengan catatan jaringan tri di daerah memadai atau lancar. Oleh sebab itu, tidak heran jika masih ada banyak pertanyaan tentang bagaimana cara untuk mengecek kuota internet 3, khususnya Tri Always On (AON).

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara cek kuota tri dengan mudah, cepat, dan lengkap kepada sobat yang masih kebingungan atau belum mengetahuinya, termasuk beberapa teman saya yang baru menggunakan kartu tri (3).

Ada beberapa cara untuk mengecek kuota paket internet tri yang masih tersisa. Apabila dari beberapa blog lain hanya memberikan 4 cara saja, disini saya akan menambahkan satu cara lagi, jadi totalnya menjadi 5 cara cek kuota 3 (tri).

Baca Juga: Koneksi internet tri lemot dijam tertentu

1. Melalui SMS

Cara pertama melalui SMS, meskipun melalui sms bukan berarti memerlukan pulsa. Benar, jadi disini tidak membutuhkan pulsa alias gratis. Cara sms ini cocok untuk perangkat yang tidak bisa menggunakan dial phone, seperti pada perangkat komputer/pc dan laptop yang menggunakan modem untuk mengakses koneksi internet.

Tetapi sekarang sepertinya sudah ada beberapa modem yang bisa melakukan dial phone, yang pasti tidak dengan modem saya. Langkah ceknya sebagai berikut:

Ketik Info (spasi) Data kirim ke 234

Setelah itu kita akan segera menerima sms yang berisikan informasi nomor kartu 3, masa berlaku, dan sisa kuota internet. Jika tidak segera menerima sms berarti terjadi gangguan jaringan. Isi dari smsnya sebagai berikut:

Nomor Tri Kamu : 6289678xxxxx. Sisa kuota internet reguler kamu 10240 MB. Info lanjut cek di *123# atau melalui aplikasi BimaTri.

2. Melalui Dial Phone

Cara ini tidak kalah mudahnya, yaitu dengan cara dial phone. Cara ini bisa dilakukan melalui smartphone, tablet, dan modem. Namun sepeti yang saya katakan sebelumnya, pada modem saya cara ini tidak bisa, mungkin dikarenakan driver modem saya belum support USSD dial. Untuk caranya sebagai berkut:

Tekan *111# - cek kuota (4) - kuota data (2) - cek kuota (1) - pilih jenis kuota, misal kuota data regular (1) - lalu tekan panggil

Kalo disingkat/diperpendek menjadi : *111*4*2*1*1#  - call

Tekan *123# - info (2) - cek kuota (2) - kuota data (2) - cek kuota (1) -  pilih jenis kuota, misal kuota data regular (1) - lalu tekan panggil

Kalo disingkat/diperpendek menjadi : *111*2*2*2*1*1# - call

Catatan:

Untuk cara dial phone, urutan pilihan dalam menu dapat berubah, jadi tidak disarankan untuk menggunakan langkah yang disingkat/diperpendek.

3. Melalui Web Resmi 3 (Tri)

Cara ketiga dengan mengunjungi website resminya, dengan cara mengunjungi alamat: 


Ketika kita mengecek dengan menggunakan kartu tri kita akan langsung masuk ke menu profil, namun jika menggunakan kartu atau provider lain maka harus login terlebih dahulu.

Cara ini bisa dilakukan meskipun kuota telah habis. Biasanya saya lakukan untuk memastikan jika kuota memang habis, dikarenakan ketika kuota habis biasanya kita langsung diredirect ke internet.tri.co.id, tetapi adakalanya tidak demikian.

4. Melalui Aplikasi BimaTri

BimaTri adalah aplikasi dari Tri yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas perkembangan teknologi yang pesat, diantarannya kenaikan pengguna android pada smartphone maupun tablet.

BimaTri dapat kita download melalui playstore, sedangkan untuk windows dan iOS saya kurang tahu. Apakah pihak Tri sudah membuat versi windows dan iOs apa belum. Tapi ada beberapa teman yang mengatakan bahwa disetiap OS smartphone sekarang sudah tersedia BimaTri.

Fungsi dari BimaTri sebenarnya sangat banyak, selain untuk melihat profil kartu (sisa pulsa, kuota internet, dll) juga dapat digunakan untuk isi ulang pulsa, membeli paket, promo, trims, tips, dll.

5. Melalui Panggilan Telepon

Nah ini cara terakhir yang tidak atau jarang diketahui oleh banyak orang, meskipun memang tidak lebih mudah dari cara yang sebelumnya, tetapi cara ini ada. Dan sampai saat artikel ini dibuat, blog lain belum memuatnya.

Caranya kita hanya perlu call 123 (3 Care/Call Center), dan mengikuti petunjuknya.

Panggil 123 - informasi kartu tri anda (1) - informasi pulsa, masa aktif kartu, dan sisa kuota (1), maka informasi akan dibacakan oleh sistem/robot/entahlah tidak tau namanya.

Baca Juga: Kuota Internet Gratis 3 Tri

Ringkasan Cara:

1. Melalui SMS, ketik Info (spasi) Data kirim ke 234

2. Melalui Dial Phone, baik melalui *111* atau *123*

3. Melalui Web Resmi 3 (Tri)

4. Melalui Aplikasi BimaTri, didownload di playstore

5. Melalui Panggilan Telepon ke 3 Care/Call Center di 123.

Demikianlah bagaimana cara untuk mengecek kuota internet 3 (Tri) dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment