Domain Blogspot.COM Menjadi Blogspot.CO.ID

Domain Blogspot.COM Menjadi Blogspot.CO.ID

Pada hari ini tepatnya hari kamis, 3 September 2015 saya dikejutkan dengan beralihnya domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id. Tentunya tidak hanya saya, tetapi banyak sobat blogger yang pasti akan bertanya-tanya dibalik berubahnya ekstensi domain blogspot ini.

Saya tahu hal ini pertama kali dari status teman blogger di facebook yang mengatakan bahwa domain blogspot.com telah beralih ke blogspot.co.id. Dimana dengan kata lain ketika kita mengakses blog kita yang berdomain blogspot.com maka akan berubah/diredirect ke blogspot.co.id.

Tidak lama kemudian saya pun membuktikan hal ini dengan mengakses salah satu blog yang bersubdomain blogspot.com dan ternyata memang sudah berubah/dialihkan/diredirect ke subdomain blogspot.co.id.

Sebelumnya ditahun lalu pernah dengar juga bahwa hal ini akan terjadi, namun tidak disangka bahwa hal ini terjadi pada hari ini setelah sehari sebelumnya Google resmi mengubah logo atau mengumumkan logo barunya.

Sebenarnya untuk perubahan ekstensi domain blogspot yang disesuaikan dengan ekstensi negara ini telah berlaku dibeberapa negara lainnya, namun baru pada hari ini secara resmi diterapkan bagi pengunjung dengan IP indonesia.

Dan tahukah sobat pertanyaan pertama yang timbul dibenak saya?

Kenapa harus CO.ID kenapa tidak ID saja, kan lebih pendek dan profesional?, bila masalah biaya tentunya juga tidak akan terlalu mahal bagi Google, sesuatu yang masih menjadi misteri.

Daftar Beberapa Negara Yang Telah Mengalami Perubahan Ekstensi

Nah berikut ini beberapa negara yang ekstensi blogspotnya telah berubah mengikuti ekstensi domain negara:

Indonesia: blogspot.co.id
United Kingdom: blogspot.co.uk
Japan: blogspot.jp
India: blogspot.in
Australia: blogspot.com.au
France: blogspot.fr
Italy: blogspot.it
Spain: blogspot.com.es
New Zealand: blogspot.co.nz
Brazil: blogspot.com.br
Mexico: blogspot.mx
Argentina: blogspot.com.ar

Tujuan dari Perubahan ekstensi Domain Blogspot.com

Secara resmi saya belum mengetahui, tetapi menurut teman blogger kita Mas Ricky Pratama, dia mengatakan bahwa perubahan ini hanya salah satu usaha google untuk mengkomodir bahwa para blogger diminta untuk tidak melanggar kebijakan disetiap negara masing-masing.

Berikut ini juga beberapa tanggapan dari Mas Ricky:

"Ini merupakan pertanyaan yang tentunya akan ditanyakan beberapa orang. Bayangkan saja jika jumlah negara dengan spesifik domain ada 100. Itu berarti satu artikel akan ada di 100 domain berbeda. Apakah tidak akan terhitung sebagai artikel copy paste?...

Jawabnya adalah belum ada kepastian. Blogspot mengatakan sedang mengusahakan mengatur algoritmanya agar meminimalkan efek duplikat konten pada domain blogspot pada level negara....

Yang menjadi pertanyaan kedua adalah bagaimana dengan pagerank? Bukankah pagerank diarahkan ke .com?

Lalu apa yang terjadi dengan semua backlink itu jika untuk indonesia yang dihidangkan adalah .co.id?

Apakah peringkat Alexa Rank Berpengaruh?

Perlukah kita melakukan redirect?

Nanti saja kita lihat apa yang perlu kita lakukan, jika sistem ini diterapkan. Silahkan tunggu pemberitahuan pada email Google atau dashboard blog saudara."

Dampak Perubahan Ekstensi Domain Menjadi Blogspot.co.id

Melanjutkan tanggapan dari Mas Ricky, saya ulas dampak yang ditimbulkan atas perubahan ini:

a. Dampak dari segi SEO

Seperti yang ditanyakan Mas Ricky saya akan sedikit mencoba memberi opini sendiri. Pertama adalah tentang duplikat konten, adanya perbedaan ekstensi domain blogspot akan mengakibatkan banyak domain yang bermacam-macam yang menuju ke halaman yang sama.

Hal seperti itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya duplikat konten. Namun hal ini juga masih menjadi perdebatan oleh para blogger, terkait adanya keyakinan bahwa Google tidak akan membiarkan duplikat konten ini terjadi pada blog-blog yang berdomain blogspot.

Kedua, tentang kepastian adanya pengaruh terhadap PR, PA, dan DA blog kita yang akan berubah, mungkin PA dan DA akan kembali kalau PR sudah tidak akan kembali, karena google sudah tidak update PR lagi.

Ketiga, tentang Alexa Rank yang pasti akan membengkak karena domain blogspot.com dan blogspot.co.id adalah domain yang berbeda dan menganggap blogspot.co.id adalah domain baru yang tentunya nilai di Alexa Rank akan menyesuaikan kembali seperti saat kita memiliki domain baru.

Meskipun begitu sebenarnya untuk perubahan ekstensi domain ini dikarenakan oleh IP dari pengunjung itu sendiri. Jadi jika kita berkunjung ke blog yang berekstensi blogspot.com baik itu blog indonesia maupun blog luar dan kita memakai IP indonesia maka secara seketika akan dialihkan/diredirect ke blogspot.CO.ID.

Untuk itu ada beberapa trik yang saya terima dari teman blogger agar ekstensi blog kita tetap blogspot.com, dan kita bahas pada poin ke-2.

b. Iklan Google Adsense Tidak Muncul

Dampak selanjutnya adalah tentang iklan Google Adsense yang tidak muncul di Blog yang berekstensi blogspot.CO.ID, sehingga membuat para publisher berusaha untuk mencari solusinya.

Dan itu juga berlaku pada beberapa blog saya yang memasang iklan GA dengan akun Hosted, yang alhasil tidak akan muncul di blog kita yang berekstensi blogspot.CO.ID. Lain halnya dengan Akun Non Hosted yang tidak berpengaruh apa-apa.

Dan solusi sementaranya adalah membuat blog kita agar Tidak Diredirect ke blogspot.co.id atau tetap menjadi dot COM, dan caranya seperti dibawah ini:

1. Template - Edit Template

2. Temukan kode <head>

3. Copy dan Paste kode berikut ini tepat dibawah kode <head> atau diatas </head>

<script type="text/javascript">
       var blog = document.location.hostname.split(".");
       if (blog[blog.length - 1] != "com") {
          var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
          window.location.replace(ncr + document.location.pathname);
       }
</script>

4. Save Template

Namun meskipun dengan cara diatas iklan GA bisa muncul diblog kita, saya masih memiliki keraguan apakah hal ini diperbolehkan oleh pihak Google atau tidak.

Meskipun begitu dari yang saya amati sampai sekarang banyak teman-teman blogger kita yang sudah menerapkan hal ini diblog-blognya, karena memang sampai sekarang masih juga belum ada penjelasan resmi dari pihak Google terkait hal ini.

Sekian ulasan atau tanggapan tentang beralihnya domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id. Semoga kesalahan ini bisa cepat diperbaiki oleh pihak Google/Google Adsense. Dan jika sobat mempunyai pendapat, tambahan atau pengalaman lain, sobat bisa sampaikan dikolom komentar.

UPDATE

Tidak tahu pastinya kapan, mungkin kemarin Senin 07/09/2015 ekstensi domain blogspot untuk indonesia yaitu blogspot.co.id kembali lagi ke blogspot.com. Secara resmi saya belum mengetahui alasan dari keputusan google ini, namun yang pasti bagi teman publisher GA yang menggunakan akun Hosted bisa lega lagi.

Karena hari-hari sebelumnya banyak teman-teman blogger kita yang ragu apakah pencegahan redirect ke blogspot.co.id merupakan sebuah pelanggaran dari TOS google atau tidak. Kita doakan bersama saja supaya Google akan menjadi lebih baik dimasa mendatang dan tidak terjadi kesalahan seperti ini.

Baca Juga: Motivasi Untuk Menulis Artikel Blog

UPDATE Lagi

Sekarang (setelah saya melihat beberapa blog pada Jum'at 11/09/2015) ternyata Google sudah memperbaiki kesalahan pada penayangan iklan Google Adsense, sehingga semua blogspot.com sudah menjadi blogspot.co.id lagi dan iklan GA bisa tampil dengan baik. Semoga dengan ini akan menjadi awal baru yang baik untuk sobat blogger semua, khususnya bagi para sobat Publisher Google Adsense.

19 comments:

  1. Jika menyematkan kode itu. aman ndk gan buat adsense kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ini juga masih menjadi keraguan buat saya mas, namun yang perlu kita ketahui banyak sekali teman2 blogger kita yang sudah menerapkan hal ini dan sampai sekarang belum ada dampaknya.

      Beberapa teman blogger juga pernah bercerita jika banyak artikel testimoni dari blogger india yang melakukan pencegahan redirect country domain ini dan saya beranggapan bahwa dulu hal ini juga dialami oleh blogger india, namun saya cek untuk blogspot.in sudah muncul iklan GA.

      Kesimpulan yang bisa saya ambil sekarang adalah:

      1. Hal ini adalah sebuah kesalahan yang belum diperbaiki oleh pihak Google, jadi suatu saat akan diperbaiki dimana iklan GA bisa tampil di blogspot.co.id, namun hanya tinggal sampai kapan?

      2. Jika ingin tetap menampilkan iklan maka mas bisa menerapkan redirect tersebut seperti teman blogger yang lain, namun jika masih ragu atau takut maka kita tunggu perbaikan dari Google/GA

      Semoga saja perbaikan akan dilakukan dalam waktu dekat ini :)

      Delete
  2. menurut saya gan...kayaknya gak perlu deh pake kode gituan....namanya juga blog numpang kan?? ikutilah semua tata terbib yang di berikan blogger...heheheeee....Takutnya blog yang dipaksain pake kode buat tetap menjadi .COM akan kena rasia...:)

    ReplyDelete
  3. gan...dah kembali lagi ke Blogspot.com....nih gw baru buka blog ane....ternyata da balik ke blogspot.com.....mungkin pihak google merubah lagi peraturannya...heheee...cayoooooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga baru saja mengecek blog saya, dan sekarang memang menjadi dot com lagi dan tentunya iklan adsense sudah tampil :)

      Delete
  4. saya masih bertanya-tanya apakah artikel yang kita tulis itu jadi ganda atau tidak, kalo iya itu berarti saat peraturan ini diberlakukan ada duplicate content.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja mas, google udah mikirin itu pastinya :D

      Delete
  5. Wah, Blog Agan Keren, kenapa agan tidak pasang iklan Google Adsense?

    Kan Lumayan, Ngeblogging sambil menghasilkan Uang. Kalau sudah sering mendaftar dan sering ditolak, maka dibawah ini ada solusi tercepat memiliki Akun Google Adsense Non Hosted.

    Kami Menyediakan Jasa Pembuat Akun Google Adsense Non Hosted, Akun 100% Aman, No-Tipu-Menipu. Iklan Bisa Tampi Di Website ( Top Lovel Domain ), Blogspot maupun youtube. Untuk contoh iklannya dapat dilihat disini: http://www.kutipanku.com/

    Jika berminat, bisa langsung kunjungi situs kami di : http://www.jasaadsense.web.id.

    Kami menyediakan Akun Yang Baru, begitu juga dengan akun yang udah jadi. Jadi semua tergantung pemesan, mau yang udah jadi atau mau akun baru.

    Sebelum menggunakan jasa kami, pastikan telah membaca kesepakatan dalam menggunakan jasa kami di : http://www.jasaadsense.web.id/p/term.html

    Terima kasih, sampai jumpa kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sebelumnya gan, tapi saya sengaja untuk tidak memasang Iklan GA diblog ini...

      Delete
  6. oke gan... cuma jangan sering" nyepam gan, gak baik buat blog ^_ and happy blogging...

    ReplyDelete
  7. Mau tanya nih, saya buat blog th 2016 awalnya pakai co.id, tapi akhir akhir ini berubah sendiri jadi blogspot.com.
    IPnya selalu United state,dan kadang IP indonesia,setiap saya posting ke G+udah ada yang ngeihat 5 mata,
    memang bisa berubah sendiri ya,
    Saya sempat berpikir ada orang yang ngerubah ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak ada yg ngerubah kok mbak, saya juga kamaren baru nyadar kalau semua blog blogspot yang saya miliki berubah menjadi .com kembali, mungkin ini memang kebijakan baru dari blogger.com

      Delete