Cara Mudah Memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur Blog

Kesalahan Data Terstruktur

Pada kesempatan ini saya akan berbagi bagaimana cara memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur Blog yang tampil pada Google Webmaster Tool. Seperti yang kita ketahui bahwa Alat Webmaster Google sangat membantu kita untuk meningkatkan kinerja blog kita agar lebih maksimal.

Dan salah satu fasilitas di Webmaster Tool adalah menampilkan data struktur pada blog kita. Dan dari sinilah kita menemukan masalah pada blog kita, dimana pada Data Terstruktur terdapat kesalahan sehingga kita perlu meluangkan sedikit waktu untuk memperbaikinya.

Karena jika kita mampu mengatasi kesalahan itu maka kinerja blog kita akan lebih baik terutama dalam segi meningkatkan SEO Blog di Search Engine/Google.

Baca Juga: Template atau Tema Blogger Baru dengan 4 Desain Baru

Biasanya  Kesalahan Data Terstruktur terjadi saat kita memakai template bawaan blogger dimana kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan data Hatom, dimana keterangannya adalah hilang author dan hilang update, seperti gambar dibawah ini.

Hilang Author dan update

Dan untuk mengecek struktur data secara detail kita perlu menggunakan Google Testing Tool. Disitu kita akan melihat kesalahan data struktur yang lain dengan kalimat merah seperti gambar dibawah ini.

Image_url blogId dan postId

Yaitu kesalahan pada Image_url, blogId dan postId dimana disitu terdapat tanda merah. Jadi pada artikel ini bisa juga kita beri judul dengan "Bagaimana memperbaiki Image_url, blogId dan postId pada Blog".

Sekedar tambahan saja, dulu untuk mengecek data terstruktur adalah melalui Google Rich Snippet Testing Tool, tetapi setelah saya coba kunjungi ternyata url sekarang dialihkan ke Google Structured Data Testing Tool, yang tentunya tampilannya berbeda satu sama lain. Dulu masalah struktur data yang terlihat di Google Rich Snippet biasanya adalah seperti ini.

Warning: Missing required field "entry-title"
Warning: Missing required field "updated"
Warning: Missing required hCard "author"

Warning: Page contains property "image_url" which is not part of the schema
Warning: Page contains property "blogid" which is not part of the schema
Warning: Page contains property "postid" which is not part of the schema

rich snippet testing tool

Keterangan diatas hanya untuk tambahan saja. Kembali ke topik, sekarang kita akan mulai untuk memperbaiki semua kesalahan data terstruktur diatas dengan cara mudah. Karena mungkin banyak sakali cara-cara yang lain, tetapi cara dibawah ini adalah cara yang paling mudah dan efektif menurut saya.

Langkah Memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur dengan Mudah

1. Memperbaiki Image_url, blogId dan postId :

Untuk memperbaiki langkah pertama kita harus masuk ke Edit HTML. Dan tidak lupa juga sebelum mengedit template biasakan untuk menyimpan candangannya terlebih dahulu, jadi ketika ada kesalahan dalam penghapusan atau penambahan kita masih bisa menggunakan cadangan template tadi.

Memperbaiki Image_url :

Cari kode

<meta expr:content='data:post.thumbnailUrl' itemprop='image_url'/>

kemudian hapus kode image_url sehingga menjadi :

<meta expr:content='data:post.thumbnailUrl' itemprop=''/>

Dan apabila masih ditemukan peringatan sama setelah ada menghapusnya, silahkan cari kembali semua kode image_url lalu hapus. Biasanya juga ada kode seperti ini

<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'/>

jika ada hapus kode image_url lagi sehingga menjadi :

<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop=''/>

kemudian simpan template. Setelah itu selanjutnya...

Memperbaiki blogId dan postId :

Cari kode 

<meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/>
<meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>

kemudian hapus semua kode tersebut, biasanya masing-masing kode ada dua, kemudian simpan template. Selanjutnya silahkan cek lagi di Testing Tool, saya yakin kesalahan telah hilang.

Masalah teratasi

2. Memperbaiki entry-title, updated dan author.

Masuk edit HTML, Cari kode hfeed dan hentry satu per satu dan mengubah semua kode tersebut yang ada di template menjadi seperti ini : h - feed dan h -entry

3. Verivikasi Profil Pengarang dan Profil Penerbit Blog

Copy kode berikut dan paste tepat dibawah kode <head>

<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='publisher'/>

Gambar kode id :

kode id Google+ username

atau 

kode id Google+ angka

Setelah itu Simpan Template.

Setelah semua langkah sudah dilakukan, semua masalah akan teratasi, namun mungkin sebagian keterangan kesalahan pada Webmaster Tool akan tetap ada yaitu pada Hilang: Author dan Hilang: Update. Semua akan benar-benar sukses setelah googlebot merayapi blog kita disesi berikutnya. Sedangkan pada Testing Tool, masalah Image_url, blogId dan postId langsung teratasi seketika itu juga.

Update 21/08/15

Setelah selama ini tidak cek ke Structured Data Testing Tool, kemarin saya coba cek lagi dan hasilnya seperti ini:

Kesalahan datePublished, headline dan image

Sebelumnya tidak ada kesalahan ternyata sekarang ada kesalahan, hal ini juga pengaruh dari pembaharuan penilaian dari Structured Data Testing Tool sendiri.

Ada 3 hal yang menjadi kesalahan di bagian BlogPosting, artinya bagian postingan yang perlu kita perbaiki adalah datePublished, headline dan image.

Sebenarnya saya belum memperbaiki hal ini, dikarenakan lagi gak minat utak-atik kode, toh ini hanya penilaian dari Structured Data Testing Tool, nanti setelah diperbaiki pasti ada kesalahan yang baru lagi #just opinion

Tapi saya hanya menduga bahwa kesalahan itu memiliki arti:

datePublished : bahwa artikel postingan saya tidak ada/tidak saya tampilkan tanggal postingannya, maksudnya dengan sengaja saya sembunyikan, jadi harus menampilkan tanggal pada bagian artikel yang telah diposting.

Sebenarnya kenapa saya tidak menampilkan tanggal adalah karena jika saya tampilkan tanggal pada postingan maka akan muncul juga di Search Engine (Google). Dan biasanya para pengunjung cenderung akan mengklik postingan dengan tanggal yang lebih baru/uptodate, makanya saya ambil inisiatif untuk menyembunyikan tanggal pada postingan.

Dan sekarang malah Structured Data Testing Tool mengharuskan memberikan keterangan tanggal, ya untuk sementara saya hiraukan saja.

headline : kurang tau

image : dibagian atas untuk menyelesaikan kesalahan image kan ada image_url yang telah kita hapus, coba kita kembalikan lagi.

Baca Juga: Motivasi Untuk Menulis Artikel Blog

Kesimpulan :

1. Belum saya perbaiki

2. Penilaian ini sebenarnya hanya salah satu dari banyaknya faktor penunjang kualitas blog kita. Sedangkan yang lebih penting dari semua ini adalah kualitas dari artikel pada blog kita sendiri, semakin bermanfaat, google akan semakin menyukainya, tetap pada prinsip konten adalah raja.

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat blogger, khususnya bagi sobat blogger yang baru terjun di dunia blogging.

Bagi sobat yang mempunyai pengalaman atau penyelesaian yang lain/ baru bisa sharing kepada sobat blogger yang lain di bagian komentar.

179 comments:

  1. thanks gan bermaanfaat bnge ne.tutornya

    gan ane mau nanyak di google index kok total index ane msih nol
    cara gmana agar teridex gan thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, sedangkan supaya indeks situs kita tampil di Google Webmaster Tool kita perlu memasukkan peta situs kita terlebih dahulu gan :)

      Delete
    2. caranya gan ?

      Delete
    3. caranya belum update gan, saya biarin dulu... :)

      Delete
    4. Saya perlu caranya yang update ini mas

      Delete
  2. gan ane udah msukkin peta situs d webmas tool dh lama tpi tetap aj indeks nol
    thnks ya gan uda mngunjungi blog saya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan :) coba gmana cara agan memasukkan peta situs ?, dan sebenarnya seringnya googlebot juga berpengaruh untuk kinerja dari webmaster tool sendiri gan, jika situs kita sering uptodate maka sering pula googlebot merayapinya, dan Webmaster akan menampilkan kondisi situs kita dengan tepat dan benar. :)

      Delete
  3. ya sprti adh bacaan tambah kn peta saya msuk aj peta situsny yg atom.xml

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm, kalau udah masukin atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 biasanya ada keterangan laman web yang terkirim dan yang terindeks, jika yang terkirim ada sedangkan yang terindeks belum ada maka ditunggu saja, mungkin akan ada saat googlebot merayap di waktu selanjutnya. fokus ke artikel aja, semakin banyak dan berkualitas artikel maka akan cepat terindeks oleh google

      Delete
  4. bro sori mau tanya knapa setelah ane cek data terstruktur blog ane
    1. hilang author (12 kali)
    2. hilang update

    kesalahan ini sampai 12 baris, ane sudah coba semua teknik yg diajarkan dari google termasuk blog agan yg ini, tp hasilnya tetap sama, kira2 solusinya gmn ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak gan, kalau menurut saya cara diatas sudah menyelesaikan kog daripada cara yang lain. Mungkin struktur templatenya beda gan, pakai template apa?

      Delete
  5. trimakasih mas aries... blog saya skarang dah bener main kemari ya mas

    ReplyDelete
  6. makasih infonya udah ane coba,,tinggl liat hasilnya

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, terima kasih banyak tutorialnya.

    Salam kenal,
    Anton Wijaya

    ReplyDelete
  8. hasil validasi google testing tool saya jenis tidak ditentukan ----->> 1 peringatan, kalo seperti ini bagaimana mas memperbaikinya sementara saya melihat script html tidak ada yg merah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas kurang paham, soalnya belum pernah ngalamin yang seperti itu :) kalau boleh tahu pakai template apa mas?

      Delete
    2. Saya pakai template miliknya mas sugeng mas, keterangan hasil validasinya sama, seperti ini kira2:
      Jenis tidak ditentukan 1
      Node kosong. Periksa apakah ini memang diinginkan, atau mungkin dapat dihapus.
      Jenis tidak ditentukan 2
      Node kosong. Periksa apakah ini memang diinginkan, atau mungkin dapat dihapus.
      Jenis tidak ditentukan 3
      Node kosong. Periksa apakah ini memang diinginkan, atau mungkin dapat dihapus.

      Mohon pencerahannya ya mas, thanks sebelumnya. :)

      Delete
    3. blognya agan mailan18 yang pakai template BroSense ya, saya cek hasilnya memang seperti itu... tapi cuma peringatan biasa kog, gak masalah itu bang, mungkin sama mas sugeng memang disengaja.... tapi juga gak tahu juga sih kalau gak nanya sama mas sugengnya...

      Delete
  9. seperti ini hasil tampilan valiadsi saya mas:
    Jenis tidak ditentukan 1:
    Jenis tidak ditentukan 1
    Node kosong. Periksa apakah ini memang diinginkan, atau mungkin dapat dihapus.
    Jenis tidak ditentukan 2
    Node kosong. Periksa apakah ini memang diinginkan, atau mungkin dapat dihapus.
    Jenis tidak ditentukan 3
    Node kosong. Periksa apakah ini memang diinginkan, atau mungkin dapat dihapus.

    bagaimana cara memperbaikinya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, pakai templatenya mas sugeng ya, sebelumnya belum pernah ngalamin yang seperti ini bang, coba tanya langsung ke mas sugeng,,, saya dulu juga berkomunikasi lwat profil facebooknya, berhubungan profil facebooknya sudah dihapus bisa lewat pesan di fanspagenya bang :)

      Delete
    2. masbro, waktu ane tes blog ane juga muncul warning node kosong seperti yg dialami bro ammar di atas
      ane nggak pakai templatenya mas sugeng
      itu kira-kira kenapa yaa masbro?
      thanks & regards

      Delete
    3. Saya kurang tahu mas bro, tapi ada sobat blogger yang mengatakan :

      "Node kosong adalah script yang tidak bisa dibaca atau sama sekali tidak ada fungsinya dalam struktur data blog kamu.

      Jadi masalah ini akan teratasi jika kamu menghapus node kosong tersebut. Caranya klik pada node kosong dan lihat kode bagian mana yang bermasalah, temukan kode tersebut di template blog."

      Namun disini kita juga harus mengerti struktur template yang sedang kita pakai, salah hapus bisa bisa template pada blog kita jadi error.

      Sebenarnya error dikit gpp kog gan :) kadang template blog tidak harus sempurna, seperti halnya ada template yang valid HTML 5 dan ada yang tidak.

      Delete
  10. mas.. blog saya kesalahan struktur datanya begini.. hilang update 8 item,, hilang author 5 item... tapi setelah saya cek di https://developers.google.com/structured-data/testing-tool.. tidak ada satupun kesalahan/ masalah... gimana solusinya mas????

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang seperti itu, coba lihat gambar artikel ini nmer 2 dari atas, dimana kesalahannya sama yakni hilang author dan update... sebenarnya dulu untuk mengecek kesalahan ini adalah dengan mengunjungi Google Rich Snippet Testing Tool dengan url : http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets, tetapi sekarang telah dialihkan ke Google Structured Data Testing Tool dengan url https://developers.google.com/structured-data/testing-tool... tapi tetap bisa memperbaiki dengan cara diatas.... dan setelah selesai, secara bertahap kesalahan pada webmaster tool akan hilang, kita menunggu crawl blog kita...

      Delete
  11. Thanks tipsnya kang mas... Barusan saya uda menerapkan tutorial diatas. dan benar-benar bisa teratasi dengan baik tinggal menunggu update crawl g-bot aja.

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, salam kenal dan thanks kunjungannya :)

      Delete
  12. Makasasih atas pencerahannya gan, sangat membantu, tapi apakah itu bekerja di WP gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu gan, soalnya gak punya blog WP (baik gratisan maupun self hosting) :)

      Delete
  13. Terima kasih banyak atas tipsnya Gan. Saya mau sedikit bertanya, Perayapan Google itu apa ya?
    Dan butuh waktu berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas... Googlebot adalah bot perayapan web Google (terkadang juga disebut "spider"). Perayapan adalah proses Googlebot dalam menemukan laman baru dan termutakhir untuk dimasukkan ke dalam indeks Google.Untuk waktunya berbeda-beda tiap blog.

      Delete
  14. makasih banyak om atas tipsnya...ane udah nyoba neh...

    ReplyDelete
  15. haturnuhun infonya mas, lagi dicoba untuk memperbaiki kesalahan hilang author dan updated, mau nanya, dari 37 artikel yang terindex cuma ada 2, kenapa ya?

    SALAM
    vario 150cc

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu aja mas, ditunggu untuk crawl selanjutnya dari googlebot.

      Delete
  16. terima kasih infonya , akan sy praktekkan di web saya http://www.sukses-bahagia.com/

    ReplyDelete
  17. makasih banyak ni tutorialnya, sudah berhasil mantab.

    ReplyDelete
  18. Makasih Kak, sangant membantu and salam kenal ya..


    hayatiblogs.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. kalau hreview perlu di rubah jadi h-review gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuma merubah kode hfeed dan hentry gan

      Delete
  20. ini yang paling membantu dari kebanyakan yang lain.. thanks banget ya..
    BLOG HANA
    kunjungi blog aku juga ya

    ReplyDelete
  21. kode_id_anda yang nomor 3 ..itu maksud nya kode id yang mana yah?

    itu ID kode yang mana yahh pak
    aku bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode id Google+, silahkan lihat yang nomer 3 lagi, sudah saya kasih gambar.

      Delete
  22. Gan untk perbaiki kesalahan "headline: tidak ada dan diwajibkan" bgaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, gak pernah ngalamin jadi gak bisa memberi solusi, coba tanya Mas Sugeng atau Mas Adhy Suryadi semoga segera dapat solusi :)

      Delete
  23. iyah mas blog saya juga mengalami kesalahan "headline: tidak ada dan diwajibkan" bgaimana yah solusiya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Gan, numpang share pencerahan. Coba cari

      div class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'

      Nah jika udah silahkan hapus kode tersebut. Biasanya ada dua kode.

      Pasti Headlines dan Datepublished yang error ilang.Terimakasih :)

      Delete
    2. Thanks atas share nya mas Andri Nugroho

      Delete
  24. bos saya sudah cehk gak ada='image_url'/>
    dan 'blogId'/>
    ='postId'/>...masalah saya sama data terstruktur hanom dan hentry....mohon an...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke hatom atau hentry dulu biasanya disitu ada keterangan, misal setelah masuk ada keterangan kehilangan author dan updated...

      Delete
  25. cara diatas sudah saya ikuti hatom dan hentry mmg ada ksalahan tp untuk langkah2nya ..gak bisa karena html saya beda sepertinya gimana jalan keluarnya...mohon batuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin teman blogger yang lain bisa membantu mas, oh ya ketika pembenahan selesai kadang pada hatom atau hentry menunggu beberapa saat untuk crawl googlebot selanjutnya...

      Delete
  26. gan mau nanya.....saya juga mengalami hal ini...tapi ada 1 kategory lagi gan yang ada di kesalahan yaitu " Date Published" Maksudnya apa gan?? gimana memperbaikinya?

    abbr class='published' itemprop='datePublished' title='2015-08-28T14:12:00+08:00'>2:12:00 p.m.</abbr

    ReplyDelete
  27. makasih gan saranya...pertama di cek ada 42 kesalahan...trus di point "IMAGE URL"..saya ikutin kata agan..hapus semua image url..berhasil...sisa 35 kesalahan...thx yah gan

    ReplyDelete
  28. berhasil gan sisa 21 kesalahan setelah menghapus BlogId & PostID....sekarang sisa Date published...Headline dan Image..katanya Nilai untuk bidang di wajibkan..kagak ngerti gan..plese help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, tapi masih saya biarin aja sampai sekarang :D

      Delete
    2. udah gan..ane dah ketemu solusinya...hehhee...udah mantap semua

      Delete
    3. boleh di share donk gan gimana solusinya? biar kapan2 saya atau teman2 lainnya bisa menerapkan juga :)

      Delete
  29. Makasih gan berhasil :) tapi ada yang belum yang headline sama image masih :(

    ReplyDelete
  30. Untuk yang kesalahan Update lum ada yah mas??

    ReplyDelete
  31. gan kemarin koment di blog ane kan??? yang agan mau nanya apa??? tentang data struktur yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Date published, Headline dan Image mas, biar temen-temen yang lain bisa menerapkan di blognya yang terjadi kesalahan :)

      Delete
  32. numpang share om ini cara buat ngatsi masalah schema.org

    yang seprti ininya dihilangi : hilangin http://schema.org/data:Posting

    saya udah coba works

    salam kenal bukututorial.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. masalah yang sma maua saya coba makasih untuk infonya

    ReplyDelete
  34. Terimakasih infonya, sangat membantu sekali, saya akan coba

    ReplyDelete
  35. gan ane mendapatkan kesalahan di blogposting untuk halaman stastis,bagaimana ya cara perbaiki nya,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya minta maaf, mungkin teman blogger yang lain bisa membantu :)

      Delete
  36. gan mau nny nih,kan waktu ane liat di webmaster tools ada 2 laman kesalahan : hilang updte,nah setelah ane cek di struktur data testing tool katanya tidaak ada masalah,itu gimana gan? new bie nih

    Dollarkecret.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya tidak masalah mas arifin,

      Delete
  37. lagi baca masalah ini gan tapi jadi pusing...blog saya hondapriceusa.com gan..main2 ya ke tempat saya

    ReplyDelete
  38. Terimakasih gan infonya - Masalah ini yang sedang saya alami dan baru paham setelah melihat artikel agan .

    ReplyDelete
  39. gan kalau data terstruktur dengan item kesalahan tersebut tidak usah diperbaiki apa tidak apa2? berkaitan dengan indeks di search pencarian google tidak yaaa???????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikatakan berpengaruh pasti iya mas Yulianto Edi, tapi tidak terlalu... yang penting pilih template yang fast loading dan mobile friendly dan yang lebih penting membuat artikel yang berkualitas dan konsisten...

      Delete
  40. terimakasih articlenya sudah banyak berkurang errornya. untuk image nya dihilangkan maupun tidak tetap error. Dan masih error di publisher, dateModified, mainEntityOfPage. nyari-nyari kesana kemari blm ketemu. mohon batuannya. :)

    untuk headline kemarin googling sana sini, akhirnya ketemu. tapi lupa dimana.
    cari:
    h1 class='post-title entry-title' itemprop='name' atau
    h2 class='post-title entry-title' itemprop='name' atau
    h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'
    'name' nya diganti jadi 'headline'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks untuk tambahannya gan, blog ini juga masih banyak salahnya kog gan, tapi tak biarkan, dulu udah fix tapi structured-data/testing-tool/ selalu update jadi sekarang banyak kesalahannya

      Delete
  41. Hallo agan Aries. Thanks banget tutorialnya.
    Mau tanya gan, di webmaster tool dibagian structured data bagian hentry errors. Kemudian ane Testing tool dan hasinya 'Tidak ada masalah'. Itu kenapa ya gan. Mohon pencerahannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, sudah jarang otak atik gan, blog ini juga menjadi banyak salahnya gan, tapi tak biarkan saja, yang terpenting bagi saya sekarang desain ringan, fast loading dan artikel yang bermanfaat gan, :)

      Delete
  42. hallo gan.. bantu saya memperbaiki kesalahan pada gambar gan.. ada tutornya gan.. ini saya lagi bingung :'(

    ReplyDelete
  43. bener gan, saya mengalami hal tersebut, entah karena blog baru atau kenapa, terutama bagian image dan publisher sudah coba pasang ini dan itu tetap saja error

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang saya biarkan saja mas, skrang google update trus jadi makin banyak yang error... :)

      Delete
    2. Ya ,sih seperti blog saya yang lain setelah beberapa bulan sampai tahun normal sendiri heheh

      Delete
    3. sip, yang penting artikel oroginal dan bermanfaat, lainnya sekedar faktor pelengkap saja... :)

      Delete
  44. thanks om, infonya,, jadi banyak tau terkait hal tersebut diatas

    ReplyDelete
  45. mungkinkah hal tersebut menjadi sebab blog tidak sesuai dengan kebijakan google sehingga sulit diterima di program adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa iya, bisa tidak mas... jika dibilang pengaruh pasti akan berpengaruh, namun persentase pengaruhnya berapa?, itu yang menjadi pertanyaannya... dan yang mempunyai persentase besar adalah kualitas artikel, dimana artikel yang bermanfaat dan original. Hal ini saya lihat dari beberapa blog yang memakai GA namun dia memusatkan fokusnya pada artikel yang bermanfaat dan konsisten dalam penulisannya... dimana artikel tetaplah raja dalam sebuah blog... namun sekecil apapun pengaruhnya, jika kita mampu melakukannya tetaplah lakukan yang terbaik, meskipun ada prioritas utama yang perlu kita dahulukan... salam kenal mas Thatho

      Delete
  46. Izin praktek dulu gan nanti lekas lapor hehee

    ReplyDelete
  47. work gan tapi permasalahannya saya abis delet authornya jadi agak susah hehehee, mo naro takut berantakan jadinya hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, oke gan... tapi secara final cara ini sudah tidak efektif lagi gan, soalnya Google/Structured Data Testing Tool selalu update... Maaf jika tidak sukses memperbaikinya :)

      Delete
  48. Maaf mas Aries, saya mau konsultasi...
    Hasil uji data terstruktus blog saya cukup mengejutkan karena memiliki 8 kesalahan pada bagian blogposting yang terdiri dari; author, date published, image, headline, name, publisher, date modified, mainentry of page..

    Nah, saya sendri pake tempalte kang Damarzaky,.. kira2 apakah semua kesalahan itu bersifat fatal atau tidak mas?

    Mohon penjelasannya!!!
    Salam kenal by Ilham
    Tahanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. uji data terstruktur selalu mengalami perubahan penilaian, semakin hari google berusaha memberi penilaian yang lebih kompleks... jadi yang sebelumnya tidak bermasalah tapi dengan pembaharuan algoritma maka menjadi bermasalah... intinya semua itu adalah kemajuan dunia blogging dan akan selalu berkembang... jika ditanya fatal?... secara pribadi "tidak" namun tetap memberi pengaruh lebih baik... yang terpenting dari sebuah blog adalah isi/konten dari blog mas Hamdani sendiri... karna banyak juga blogger sukses yang tidak memperhatikan SEO. ^_

      Delete
  49. kalo di kolom sebelah kanan 0 ERRORS 0 WARNINGS, berarti gak ada masalah kan ? tapi kenapa di WMT Data Terstruktur terdeteksi item with error ya ?

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum
    mas, saya mau tanya......di search console ada kesalahan tapi di tes di https://search.google.com/structured-data/testing kok ga ada kesalahan. Yang benar yang mana ya. mohon di jawab ya mas. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam, maaf mas belum ngutek" masalah seperti ini lagi... namun saya mengira bahwa di Search Console memang memerlukan waktu sampai Googlebot mengcrawl blog kita lagi.

      Delete
  51. saya telah membaca dan memahami nya, sangat membantu sekali, tapi saya ingin biar blog saya punya terafik yang tinggi gmn ya gan...??
    ni blog saya http://bengkelservicesofa.blogspot.com

    ya saya pribadi teritung orang baru, dan mohon pencerhannya..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, untuk blog yang berisi artikel kuncinya adalah menyajikan konten yang bermanfaat dan menyajikannya scara detail, mudah dipahami dan enak dibaca... sedangkan untuk blog jual beli/toko online seperti punyanya agan tentu berbeda strateginya... beberapa strateginya yang bisa saya sarankan adalah memperbaiki blog agar tampil profesional (pake domain tld, tampilan elegan dan navigasi mudah), buat blog penunjang yang berisi artikel/informasi yang terkait dengan produk agan, pasang iklan di sosmed ato blog orang, membangun kepercayaan seperti ada halaman testimoni dan pasang widget polisi online, dan masih ada yang lainnya... minimal itu dulu... oh ya yang paling utama produk yang berkualitas dan bermanfaat + pelayanan yang ramah dan baik.

      Delete
    2. maaf gan salah fokus saya, kirain jual produk ternyata jual jasa ya... tadi liatnya sekilas trus ada gambar" kursi... kirain jual properti kursi.. hehehe... yah untuk strateginya hampir sama menurut saya :)

      Delete
  52. Gan kalau untuk membetulkan kesalahan seperti ini gimana gan
    Nilai untuk bidang name di wajibkan
    Nilai untuk bidang image di wajibkan
    Nilai untuk bidang publiser di wajibkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya gan, lg blum otak atik template lagi :)

      Delete
  53. Satu-persatu saya kunjungi untuk mengatasi blog saya, dan saya akan coba karena menurut saya ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  54. akhirnya bisa juga, terimakasih gan...

    ReplyDelete
  55. klo memperbaiki kesalahan author gmana Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cara diatas, kalo tidak bisa coba cari referensi di blog temen blogger yang lain gan, blum update lagi saya ^_

      Delete
  56. Gan cara perbaiki markup:microformat giman . .

    ReplyDelete
  57. Ini Blog yang ane cari nih. makasih gan setidaknya mengurangi ini. i love u gan :V

    ReplyDelete
  58. caranya tinggal ganti http://schema.com/Blog
    TIDAK ADA KESALAHAN
    TIDAK ADA PERINGATAN

    ReplyDelete
  59. kalo gak di perbaiki ada pengaruhnya gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bicara ada atau tidaknya, pasti ada. Namun sekarang bagi saya hal ini tidak terlalu saya fikirkan, masih banyak yang lebih penting untuk kita fikirkan/fokuskan daripada hal seperti ini atau semacam penampilan template juga nilai SEOnya, karena setiap waktu penilaian seperti itu akan berubah dan tidak bisa menjadi patokan kualitas blog secara general.

      Delete
  60. terima kasih..saya dapat menyelesaikan masalah yang saya hadapi.info yang sangat berguna .tq admin

    ReplyDelete
  61. itu pakai page google plus atau google plus profile min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai google plus profile mas, karena untuk blog personal..

      Delete
  62. pusing mau kutak kutik lagi kang.. hauahahaha

    ReplyDelete
  63. Ini yang ane cari...makasih gan...nice tips👍

    ReplyDelete
  64. Masih work kan gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu.. gaktau, soalnya blum update, hahaha

      Delete
  65. Benar saya selalu dibuat pusing dengan kesalahan kesalahan seperti keterangan diatas,haduh sampai stres. Ternyata bukan saya sendiri yang mengalaminya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi sekarang saya tidak terlalu memusingkan hal seperti ini.. yang penting adalah artikel yg bermanfaat.. tapi kalau diperbaiki tentunya akan lebih baik..

      Delete
  66. Berhasil untuk kesalahan blogId dan postId. Tapi untuk 'image' di html saya kok gak bisa nyimpan setelah image_Url saya hapus

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah berhasil sekarang semua sudah beres gen,terimakasih

    ReplyDelete
  68. work mas, thank youu :) kunjungi balik ya mas www.sogafime.top

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, saya kira malah sudah gak work.. sudah gak up to date.

      Delete
  69. sudah saya coba tapi blm masih ada. tunggu berapa lama lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tetep gak bisa, bisa coba pakai cara lain gan, haha

      Delete
  70. Akan saya coba perbaiki gan informasi yang diberikan dipostingan agan ini tks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas, semoga bisa memberi solusi pada temen2 blogger yang lain.

      Delete
  71. Gan kalo status tidak ada data tersetruktur maksudnya apa ya? Dan solusinya bagaimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku terstruktur tidaknya itu kan kita bicara soal template dari blog kita kan, jadi kalo begitu kita perlu memperbaiki struktur template kita atau ganti template saja, #koreksi jika salah

      Delete
  72. Struktur data saya juga sama error update dat author, saya sudah ganti google plusnya dan script penghalang update dan author sudah saya buka dari none jadi block,, tapi sudah 2 hari masih warning 29.. Berapa lama biasanya bisa kelihatan perubahannya?

    Ini blog saya : Game Aplikasi Android

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya langsung sih, tapi kurang tau ya, mungkin tutorial ini sudah expired gan..

      Delete
  73. sangat bermanfaat sekali,terimakasih

    http://hanggoro2505.blogspot.com/2017/06/cara-menginstal-xammp-dan-cara.html

    ReplyDelete
  74. Matur suwun bos ku.. sangat bermanfaat sekali... God Bless You..

    ReplyDelete
  75. dari muchfauzi.com

    Sepertinya jadi blogger memang tidak bisa main-main ya. Masih banyak ilmu yang harus selalu dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali gan, karena menjadi blogger bisa dijadikan sebuah hobi maupun bisa dijadikan sebuah profesi.

      Kok jadi blogger, main game aja harusnya gak main" gan, hehe

      Delete
  76. hallo.. aku punya masalah dengan Hilang: Update, tapi pas di coba uji data tayang kok ga ada kesalahan ya ? secara keseluruhan ini bikin web kita turun peringkat ga sih ? aku udah berkali2 baca postingan ini masih bingung :(

    ReplyDelete
  77. boleh minta bantuannya ga mas? aku cek di console ada kesalahan data terstruktur, pas di cek keterangannya hilang : update.
    tapi pas di coba uji data tayang kok hasilnya ga ada ya? aku masih belum paham, udah di baca dan di praktekin berkali2 kok ga nemu2 :(( btw, ini ngaruh sama peringkat ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp kok mbak, kalau berpengaruh pastinya iya, tapi seberapa besar?, bagi saya sedikit. Banyak blogger besar yang tidak terlalu memperhatikan hal kecil seperti itu, tapi lebih fokus ke kualitas isinya.. Jadi meskipun data terstrukturnya amburadul situs mereka tetep bersinar.. konten adalah raja katanya..

      Delete
  78. msh ada kesalahan untuk nilai bidang image ka2..

    http://nukeshopbekasi.blogspot.com bisa membantu kah, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa blognya udah bagus kok gan, gak masalah jika sedikit ada kesalahan yang penting kualitas isinya kan ya ^_

      Delete
  79. Makasih infonya, mas Aries.
    Tak coba baru 3 (gambar) dari 8 kesalahan yang berhasil, dg cara gambar dihapus. Sedangkan yg 2 (author dan publisher) sdh di copas di edit html sesuai kode yg mas berikan koq blm berhasil, kenapa ya?
    Yg lain (headline, image,..) blm dicoba.
    Thanks, mampir ke blog saya mas..boleh dong komen n sarannya.
    Ini komen terbaru di tahun baru.

    ReplyDelete
  80. Makasih infonya mas.
    Kesalahan author dan publisher sdh tak coba di edit html dg kode sesuai yg mas berikan koq blm berhasil. Kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin metanya sudah berubah mas, itu saja gpp kok, yang lebih penting kan kualitas dari konten blog masnya...

      Dulu saya juga suka otak-atik template seperti masnya, tetapi sekarang lebih fokus ke kualitas konten saja ^_

      Salam kenal juga ya mas, tetap semangat ngeblognya ya...

      Delete
    2. Jadi yang lebih penting tetap kualitas konten ya

      Delete