Apa itu Maple dan bagaimana menggunakannya?

Apa itu Maple dan bagaimana menggunakannya ?

Apa itu Maple ?, pasti begituah pertanyaan sahabat yang baru mendengarnya. Memang saya merasa banyak kalangan umum atau para sahabat yang masih asing dengan Maple ini. Semua itu mungkin dikarenakan fungsi dari Maple itu sendiri.

Maple adalah sebuah program komputer atau software yang dikembangkan pertama kali oleh Grup Symbolic Computation di University of Waterloo Ontario, Kanada, yang memiliki fungsi untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika, statistika, dan juga komputasi aljabar.

Karena fungsinya yang berada pada ruang lingkup matematika itu, mungkin menyebabkan Maple hanya populer dikalangan sahabat yang sekarang bergelut di bidang matematika, seperti seorang mahasiswa matematika murni atau matematika pendidikan, atau dosen-dosen dan orang umum yang memang membutukannya dalam pekerjaannya.

Sebenarnya bagi saya, program Maple sangat penting dalam menyelesaikan masalah matematika, tetapi jarang yang tahu aplikasi ini. Selain dari fungsinya, biaya yang cukup mahal mungkin juga menjadi faktor kenapa aplikasi ini tidak terlalu populer dan digunakan oleh kita.

Terus bagaimana saya bisa mengenal Maple ini?, jawabannya adalah karena saya sekarang melanjutkan pendidikan di FKIP Pendidikan Matematika disalah satu perguruan tinggi di Kota Kediri. Jadi Maple termasuk dalam mata kuliah yang pernah saya tempuh. Selain Maple sebenarnya juga ada Matlab, mungkin lain waktu saya akan menyinggung tentang Matlab ini.

Maple sebenarnya versinya banyak dan beberapa jenis, untuk yang saya punya saya tidak tahu ini jenis yang mana, tetapi yang pasti Maple yang saya punya adalah Maple 15, dan sekarang sepertinya sudah realis sampai Maple 18, silahkan lihat ke website resminya maplesoft . Di website resminya itu kita akan mengetahui info-info matlab terbaru.

situs resmi maple di maplesoft

Nah, sekarang saya anggap sahabat sudah menginstal software Maple, kemudian masih bingung apa yang harus dilakukan sekarang. Informasi tambahan juga, untuk membuka sofware Maple terkadang mengalami masalah. Dimana saat saya membuka Maple, setelah terbuka Maple tidak berjalan dengan normal atau tidak dapat mengetik dijendela perintah (command window).

Mungkin ini karena Driver atau OS Windows saya, saya memakai OS WIndows 8, dan terjadi error di komputer saya seperti yang saya katakan diatas. Dan cara untuk memakai atau membuka Maple di laptop saya adalah dengan:

Klik kanan Icon Maple di dekstop - klik Run as Administrator - kemudian Maple terbuka.

membuka maple dengan run as administrator

Jika tidak melakukan hal ini, Maple di laptop saya terbuka tetapi tidak dapat digunakan, mungkin ada sahabat yang lebih tahu masalah ini, saya akan merasa senang jika sahabat mau berbagi dikolom komentar dibawah postingan ini.

Untuk menggunakannya kita bisa melakukan sesuai Langkah dibawah ini :

1. Buka Maple kita, dengan klik dua kali icon Maple. Dan didalam kasus saya dibuka dengan

Klik kanan Icon Maple di dekstop - klik Run as Administrator - kemudian Maple terbuka.

2. Setelah jendela Maple terbuka, kita masukkan dulu tanda "  [>  "diawalan perintah, biasanya ada yang berkata muncul otomatis, tetapi di Maple saya harus memasukkan tanda sendiri dengan mengklik tanda dari tab diatas. Dan setelah disebelah kiri ada tanda [> pertanda Maple siap menerima perintah kita.

masukkan dulu tanda  [>  diawalan perintah

3. Setelah itu kita tinggal mau memasukkan perintah apa, disini saya akan memberi contoh beberapa saja, mungkin lain waktu bisa saya posting dengan lebih spesifik lagi. Untuk memulai memasukkan perintah ada hal-hal yang terlebih dulu diketahui sebagai berikut:

Maple bersifat Sensitif

a. Maple membedakan perintah yang ditulis dengan huruf besar dan ditulis dengan huruf kecil.
b. Perintah yang kita awali dengan huruf besar digunakan untuk mendefinisikan atau membentuk permasalahan matematika.
c. Perintah yang kita awali dengan huruf kecil digunakan untuk mencari atau menghitung nilai operasi yang kita inginkan.

Contoh Rumus :

[> Int(x^3+1,x);
[> value(%);
[> Diff(2*x^2,x);
[> value(%);

Sahabat dapat menulisnya sebagai berikut: [> Int(x^3+1,x); value(%); Diff(2*x^2,x); value(%); dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Hasil dari Int(x^3+1,x); value(%); Diff(2*x^2,x); value(%);

Output dari Maple akan dituliskan berurutan dari atas ke bawah sesuai urutan perintah kita.

Coba masukkan juga perintah berikut ini ke dalam Maple:

[> a:=4;
[> b:=5;
[> c:=6;
[> e:=a+b;
[> f:=a*b+a/b;
[> g:=(a-b)/(a+b);
[> h:=c+(c-b)/(b-a);
[> i:=sin(Pi/2);
[> j:=1+cos(Pi/4);

Hasilnya bisa kita lihat dibawah ini :

Jawaban dari soal diatas

Nah, sekarang sahabat bisa lebih mengerti tentang Maple bukan?, Mungkin pada kesempatan ini saya hanya menjelaskan sampai disini dulu. Mungkin lain kali saya akan melengkapi postingan ini atau membuat postingan lagi guna menunjang postingan ini agar sahabat bisa lebih paham lagi tentang Maple.

Dan bagi sahabat yang masih bingung tentang Maple, sahabat bisa bertanya dengan berkomentar dibawah postingan ini. Saya harap postingan sederhana ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Salam.

2 comments: