Kenapa Check Disk atau Scan Disk Lama

Kenapa Check Disk atau Scan Disk Lama

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Check disk atau scan disk yang lama atau tidak selesai-selesai bahkan sampai setengah jam lebih. Ini sebenarnya dari pengalaman saya sendiri, yang awalnya bermaksud memperbaiki PC yang lemot akhirnya menemukan error pada Disk PC saya.

Pada mulanya saya menyadari Disk Error ini ketika saya scan disk dengan ASC (Advanced SystemCare), yang mana ketika pada proses Disk Scan begitu sangat lama selesainya. Sehingga saya kira ini pasti ada yang error di disk saya, sehingga saya mencoba untuk Check Disk (saya memakai OS Windows 8 Pro).

Untuk Check Disk kita lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama kita buka File Explorer.

2. Kemudian pilih Disk yang akan kita Check (misalkan kita pilih Disk C), dengan klik kanan Disk C - pilih Properties.

cara untuk Check Disk

3. Selanjutnya, disitu ada beberapa sub menu (yaitu General, Tools, Hardware, Sharing, Security, Quote), lalu kita pilih sub menu yang Tools.

4. Setelah itu akan muncul jendela Tools dan nantinya ada 2 pilihan yaitu Error checking dan Optimize and defragment drive, kita pilih atau click Check pada Error checking - kemudian klik Scan Drive.

cara untuk Check Disk

5. Kita tunggu beberapa saat, tidak lama. Setelah itu nanti kita mendapat laporannya apakah disk kita error atau normal-normal saja. Jika normal ada laporan seperti ini "Your drive was successfully scanned. Windows successfully scanned the drive. No errors were found" - jika sudah selesai click close.

cara untuk Check Disk

Check Disk pada normalnya tidak membutuhkan waktu yang lama atau sangat cepat, sekiranya tidak ada satu menit. Tetapi pada kasus ini proses check disk atau scan disk sangat lama lebih dari 15 menit, karena prosesnya terhenti ditengah jalan baik menggunakan ASC ataupun Check Disk bawaan OS Windows 8. Dan pada kasus saya yang lalu, terjadi pada Disk C.

Sedangkan mengenai penyebabnya, ada beberapa kemungkinan hal ini bisa terjadi di PC kita:

1. Terlalu banyak file sampah di disk yang error tadi (kebanyakan di disk C).

2. Karena Virus dan Malware atau semacamnya.

3. Bad Sector pada disk, kemungkinan besar piringan disk rusak atau lecet, untuk lebih jelasnya silahkan searching di google.

4. OS Windows yang rusak (ada beberapa file yang hilang, rusak, atau karena terkena virus).

Pada kasus saya, saya kira penyebabnya adalah bad sector kerena ada pemberitahuan dari windows jika ada masalah di Disk saya (Windows detected a hard disk problem), sehingga saya perlu atau  harus segera Back Up File di Disk/PC, untuk mengantisipasi file-file tidak lenyap secara tiba-tiba, seperti ditunjukkan gambar dibawah ini.

Windows detected a hard disk problem menyebabkan Check Disk atau Scan Disk Lama

Kabar baiknya pada kasus saya kali ini, ternyata Disk saya tidak Bad Sector, melainkan karena OS Windows saya corupt/error, yang mungkin disebabkan oleh virus di disk C.

Sehingga masalah ini terselesaikan dengan saya Install ulang PC saya dengan OS Windows 8 yang baru. Jadi jika tidak bisa diperbaiki silahkan di install ulang saja.

Tetapi jika setelah install ulang tetap saja begitu, bisa dipastikan jika disk kita Bad Sector (terjadi kerusakan hardware disk, jadi harus dibongkar, bahkan mungking kita harus beli hardisk yang baru, lumayan merogoh kocek jika itu terjadi).

Baca Juga: Software Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Laptop/PC

Demikianlah tips atau artikel yang dapat saya sampaikan kali ini tentang "Kenapa check disk atau scan disk terlalu lama dan tidak selesai-selesai", semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. wah, makasih banget informasinya sob, kemarin kompi saya juga sering cek trs klo sedang mau di hidupkan :D

    ReplyDelete
  2. saya baru tau juga nih penyebabnya :)
    maakasih infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, thanks kunjungannya :)

      Delete
  3. mas kalau proses check disknya lama laptopnya di mati'in pake tombol power beresiko gak? ini proses check disknya yang waktu strat windows bukan yang di kolom cmd, saya make windows 7 ultimate, makasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, namun jangan terlalu sering mematikan laptop lewat tombol power gan, tidak baik untuk laptop...

      Delete
    2. Punya sama cek sudah semalaman,tp bblm selesai gan,hardisk eksternal yg bermasalah,udah di Format^File2 saya musnah,skrang dah kosong msih az error,akhirnya saya scan disk,tp blm selesai2 smpai semalaman,proses msh berjalan,tdk "stuck" .Hardisk saya 3TB,solusinya donk gan

      Delete
    3. belum pernah ngalamin ane gan... kalo memang udah mentok ke servis terdekat aja, biar bisa dicek lagi ama mereka.

      Delete