Cara Menghias Blog dengan Baik dan Profesional

Cara Menghias Blog dengan Baik dan Profesional

Sebagai seorang blogger pastilah kita mengharapkan penampilan blog kita baik dan terlihat profesional. Tetapi persepsi penampilan yang baik tentulah berbeda-beda bagi setiap blogger.

Menghias Blog, kata tersebut terkesan seperti kita harus menambahkan widget yang unik, fitur yang lengkap, dan ornamen-ornamen menarik lainnya. Menambahkan jam, jalender, music, dll. Tapi biasanya yang melakukan seperti itu adalah para blogger yang baru terjun ke dunia blogger.

Untuk itu ada sedikit tips untuk membuat penampilan blog lebih baik sehingga pengunjung betah untuk membaca-baca diblog kita. Yakni sebagai berikut:

1. Template yang baik

Tidak perlu menggunakan template yang mempunyai fitur yang waww... tapi sederhana saja, tetapi juga jangan terlalu sederhana seperti tidak dikasih navigasi dan label.

Yang dimaksud sederhana adalah penataan blog yang simple tapi lengkap, pemilihan warna yang enak dilihat dimata, seperti warna biru diblog ini.

Tapi terkadang memang ada para suhu blogger yang penampilan blognya sangat bagus dan amazing dengan fitur flash dll. Tapi tunggu dulu, pasti mereka mempunyai alasan yang baik, seperti niche blognya yang memang membahas tentang template, java script, dan tips blogger lainnya yang memang mereka adalah designer template.

Intinya disini adalah membuat mata pembaca senyaman mungkin dan tidak diribetkan oleh fitur-fitur template kita yang berlebihan.

2. Menghapus widget yang tidak perlu

Banyak blogger yang memasang berbagai widget diblognya, seperti jam, kalender, chatbox, flag conter, pelacak ip pengunjung, musik otomatis dll. Itu semua membuat blog kita menjadi lambat loadingnya saat dibuka. Bukan malah terlihat bagus tetapi pengunjung akan terganggu, tidak nyaman, bahkan kabur karena menunggu loadingnya yg lama.

Sebaiknya gunakan widget seperlunya saja, misalkan fitur pemutar musik jika memang blog itu memuat content untuk download musik. Kalau jam dan kalender tidak perlu, karena di laptop atau tablet pembaca sudah ada, dihp pun juga udah ada.

Dan juga tujuan utama pengunjung ke blog kita adalah untuk membaca atau mencari informasi yang bermanfaat untuk dirinya, bukan jalan-jalan untuk melihat widget kita. Jika ada, itu relatif sedikit.

3. Pemilihan huruf yang baik

Pemilhan huruf juga sangat penting bagi sebuah blog, karena menjadi poin pertama untuk kenyamanan membaca para pengunjung. Biasanya standar huruf di template blogspot adalah arial.

Baca Juga: Pengujian Situs Mobile Friendly - Think with Google

Kemudian, karena ingin membuat blog lebih keren maka admin biasanya mengubahnya agar tampil lebih menarik. Hasilnya memang bagus untuk dilihat, tetapi tidak enak untuk dibaca. Jadi sebaiknya pakailah huruf yang normal dan enak dibaca.

Sekian tips untuk menghias blog agar tampil lebih profesional dan baik. Semoga sedikit membantu dan bermanfaat.

6 comments:

  1. kalo menurut agan blog www.bukalinknya.ga punya saya gimana tampilannya?

    ReplyDelete
  2. Kebetulan ane juga belum lama ngeblog, tentunya masih dalam tahap belajar sana sini. Artikelnya bagus gan, ringan dan to the point. Kalo kemarin agan mampir ke situs ane, sekaranglah saat yg tepat membalas kunjungan agan. Salam senyum

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, thanks juga kunjungannya, salam blogger gan :)

      Delete