Aplikasi Chat Seperti 2go Chat dan Mxit Masih Populer?

Aplikasi Chat Seperti 2go Chat dan Mxit Masih Populer?

Aplikasi Chat adalah salah satu aplikasi yang wajib terpasang disetiap perangkat pintar kita. Hal ini dikarenakan aplikasi chat atau lebih keren dikenal dengan sebutan Instant Messenger ini bisa mempermudah kita berkomunikasi dengan tarif yang lebih murah.

Berbeda sekali saat kita berada dimasa lalu, untuk menyampaikan pesan singkat saja layanan yang bisa digunakan hanya ada SMS dan Email. Nah, kali ini saya tertarik untuk mengulas aplikasi chat semacam 2go Chat dan Mxit di era sekarang ini yang lama kelamaan semakin sedikit saja usernya.

Mxit adalah salah satu pelopor aplikasi chat yang pernah populer dimasanya (generasi 90'an), dimana mayoritas hp masih ber OS Java dan Symbian, saya sendiri mengenal Mxit sejak masih duduk dibangku SMP, mungkin sekitar tahun 2008 an.

Dimasa itu tarif SMS tergolong mahal, jadi aplikasi semacam mxit menjadi alternatif untuk mengirim pesan singkat dengan tarif yang lebih murah. Cuma mengandalkan jaringan internet 2G kita bisa mengirim pesan berkali-kali kepada teman-teman kita.

Sayangnya Mxit sudah tutup ditahun 2016, jadi para user mxit berpindah ke aplikasi chat lainnya. Salah satu aplikasi chat yang menjadi alternatif dan masih bisa digunakan adalah 2go Chat dan ChatGum.

Namun sekarang saya tidak menggunakan ChatGum, jadi saya tidak mengulasnya lebih jauh. Tetapi saya juga pernah mencoba memakaianya, dan kesannya memang mirip dengan aplikasi Mxit tapi lebih kompleks saja, tidak sesimpel Mxit dan 2go.

Perbedaan Aplikasi Chat 2go dan Mxit dengan Lainnya

Nah sekarang kita membahas spesialnya Instant Messenger semacam 2go dan Mxit jika dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya.

Perbedaan mencolok atau karakter yang menjadi ciri khas aplikasi ini adalah Chat Rooms nya. Chat Rooms adalah ruang chat publik yang sedari awal sudah disediakan oleh aplikasi itu untuk para usernya.

Jadi dari awal kita mendaftar dan menggunakan aplikasi tersebut kita bisa langsung join ke beberapa room yang tersedia, dan dari situ kita bisa menemukan orang-orang baru, kenal-kenalan baru dari berbagai kota dan profesi.

Coba kita bandingkan dengan WhatsApp Messenger yang sekarang bisa dibilang aplikasi chat nomer satu di dunia. Di WA kita tidak menemukan room umum untuk berjumpa dengan orang-orang baru, hanya disediakan untuk pembuatan Room/Group Chat yang anggotanya perlu dimasukkan satu-persatu.

Hal sama juga ditemukan pada BBM, mirip dengan sistemnya WhatsApp yang lebih mengedepankan usernya untuk berkomunikasi hanya dengan orang-orang yang sebelumnya sudah kita kenal dikehidupan real nya.

Aplikasi yang sudah Tutup dan Aktif

Aplikasi yang berbasis Public Room sudah mulai ditinggal kan, dan diantaranya sudah tutup, diantaranya yang sudah tutup adalah Mxit dan Mig33. Sedangkan untuk yang masih aktif mungkin sobat bisa mencoba untuk memakai 2go atau ChatGum.

Sebenarnya masih ada satu lagi, yaitu Nimbuzz yang dimasa dulu juga pernah populer, sayangnya saya lupa apakah saya pernah menggunakan Nimbuzz atau tidak, atau mungkin cuma sekedar mendaftar saja ya.

Kemudian dalam proses pembuatan artikel ini saya iseng mengeceknya di Playstore, dan sepertinya memang masih ada. Namun, terakhir saya berjumpa user Nimbuzz di 2go, dia bilang Nimbuzz juga sudah mulai sepi dan mirisnya banyak juga user abal-abal. User abal-abal adalah user yang foto dan data propilnya tidak sesuai dengan aslinya.

Mengulas 2go dan MXit Chat

Sebelum membahas 2go tidak baik jika kita tidak mengulas lebih dalam tentang Mxit. Kenapa bisa begitu?, karena Mxitlah yang lebih populer sejak awal, bahkan sejak saya baru memiliki hp ber OS Java.

Mxit
ilustrasi mxit, oleh mybroadband.co.za

Menurut wikipedia (2019),

"Mxit adalah generasi instant messenger mobile dan jaringan sosial perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk chatting di manapun dari ponsel atau PC secara gratis. Mxit rilis perdana pada tahun 2007."

Namun jika sobat mengunjungi situs resminya sekarang di www.mxit.com, disitu pihak mxit mengklaim bahwa,

"Mxit adalah MESSENGER MOBILE PERTAMA

Diluncurkan pada tahun 2005, Mxit sangat luar biasa dalam hal data-light dan memberikan kepada generasi milenium kesempatan untuk terlibat satu sama lain dengan cara yang inovatif dan hemat biaya.

Lebih dari 10 tahun ia tumbuh menjadi jejaring sosial seluler dengan ekosistem layanan yang dapat diakses di lebih dari 11.000 perangkat seluler, termasuk ponsel berfitur, dan digunakan oleh lebih dari 100 juta orang di pasar negara berkembang di seluruh dunia.

Mxit juga memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kehidupan jutaan orang melalui akses ke layanan pendidikan, kesehatan, dan konseling gratis. Pekerjaan ini berlanjut melalui The Reach Trust."

Yah tapi sayangnya ya itu, ditahun 2016 Mxit Tutup. Sebenarnya saya heran kenapa Mxit tidak melakukan hal yang sama yang juga dilakukan oleh developer aplikasi di Era Smartphone ini.

Mungkin dulu pemasukan Mxit hanya didapat dari pembelian Moola (mata uang di mxit) dan juga dari para donatur. Namun bukankah kesempatan untuk mendapatkan pemasukan finansial dari sebuah aplikasi sekarang juga lebih banyak.

Misalkan dengan ikut serta menjadi pulisher Google Adsense (Admob), dimana kita bisa memasang iklan pada aplikasi chat tersebut.

Hal sama juga dilakukan oleh pihak 2go yang pada akhirnya memasang slot iklan pada update an aplikasi terbarunya. Memang itu sedikit mengganggu, tapi para user juga perlu sadar bahwa semua developer butuh biaya operasional.

Tetapi saya juga mungkin menyadari masalah Mxit juga tidak sesederhana itu, pasti lebih kompleks dari apa yang saya ketahui sebagai orang luar.

Saya juga jadi ingat adanya artikel di tahun 2013 tentang Mxit yang merupakan jaringan sosial terbesar di benua Afrika pada masanya, sekaligus menjadi jaringan sosial seluler kebanggaan Afrika ini.

Artikel itu berisi tentang perbandingan user WhatsApps, BBM, Mxit, dan 2go di Afrika Selatan. Dalam artikel itu pada mulanya mengungkapkan tentang adanya persaingan ketat mobile instant messaging service di Afrika Selatan.

Kemudian mulai membandingkan user Mxit yang pada masa itu sebagai Aplikasi Chat dengan user aktif terbesar di Afrika Selatan, dengan jejaring sosial media Facebook yang mengalami kenaikan user secara drastis.

Lalu diikuti dengan perbandingan antar mobile instant messaging service lainnya, seperti BBM, WhatsApps, dan 2go, yang bahkan dalam artikel tersebut 2go dikatakan mungkin akan/sudah kehilangan pangsa pasar di Afrika Selatan.

Sobat bisa membacanya lebih lengkapnya disini, WhatsApp vs BBM vs Mxit vs 2go in South Africa oleh mybroadband.co.za.

Yang menjadi sorotan saya adalah, bagaimana bisa Mxit yang pada tahun 2013 masih bersikukuh menjadi salah satu Aplikasi Chat yag populer di Afrika selatan, saat ini memilih untuk TUTUP.

Dan sebliknya 2go yang menjadi Aplikasi Chat terbesar kedua dan digadang-gadang telah kehilangan pangsa pasar disana malah masih berusaha bertahan di tahun 2019 ini.

Selanjutnya kita beralih mengulas tentang 2go,

Menurut wikipedia (2019),

"2go adalah aplikasi jejaring sosial seluler gratis yang dikembangkan oleh 2go Interactive (Pty) Ltd di Cape Town, Afrika Selatan. 2go rilis perdana pada tahun 2007. Website resminya : www.2go.im"

Sampai sekarang ditahun 2019 ini 2go masih aktif. Dan saya pun sesekali masih menggunakannya untuk sekedar bertemu sapa dengan teman lama disana.

Apa fitur yang ada didalam 2go?,

2go pada dasarnya seperti mxit salah satu aplikasi chatting yang menyediakan beberapa room publik bagi usernya, sayangnya room publiknya tidak sebanyak yang ada di mxit.

Kebanyakan room publik berdasakan dengan daerah tempat mereka tinggal. Seperti misalnya di profil kamu mencatumkan bahwa kamu tinggal di Jatim, maka kamu hanya bisa masuk ke dalam room "Jawa Timur" dan tidak bisa masuk ke Room "Jawa Barat".

Sedangkan untuk room yang cakupannya lebih luas atau dengan berbagai domisili 2go menyediakan room lain seperti "Indonesia, Olahraga, Berita, 20 Plus, dan Go International".

Sayangnya ada perubahan/update yang membuat user 2go sedikit kecewa, beberapa diantaranya adalah,

Untuk membuka foto/profil di room publik sekarang kita memerlukan "GoCredits (mata uang 2go)", untuk add user di room juga memerlukan GoCredit.

Dan yang lebih mengecewakan, di Indonesia pembelian GoCredits tidak didukung. Jadi tau kan akibatnya, akibatnya jika kamu kehabisan GoCredits gratisan maka kamu tidak bisa lagi melihat profil user lain di room publik apalagi untuk nge Add mereka.

Tapi anehnya, dulu beberapa saat pembelian GoCredits pernah didukung di negara Indonesia namun beberapa saat sudah tidak ada lagi sampai sekarang di Januari, tahun 2019 ini.

Oh iya 1 lagi untuk chat di room GoInternational untuk "tiap ketikan" memerlukan GoCredits. Mungkin ini yang lebih miris diantara berlakunya aturan baru tentang Gocredits ini.

Kemudian yang menarik lagi dari 2go adalah tentang adanya sistem "Leveling Star pada Profile". Berikut ini adalah tingkatan star pada 2go,

Novice (awal)
Amateur
Senior
Enthusiast
Profesional
Expert
Leader
Veteran
Master
Ultimate
Sapphire
Emerald
Ruby
Diamond
Black Diamond (Tertinggi)

Tingkatan star tersebut bisa menggambarkan senioritas di antara pengguna 2go, dan itu bisa menggambarkan seberapa lama dia sudah menjadi user 2go dan juga seberapa aktif dia di 2go.

Untuk meningkatan star 2go kamu harus sering aktif di tugo, seperti sering mengobrol di room publik, mengobrol privat antar user, atau sekedar ganti foto dan status.

Bahkan jika kmu hanya sekedar membuka aplikasi 2go dan meninggalkannya dalam kondisi akun masih terlhat aktif oleh user lain dalam list temannya, itu semua bisa meningkatkan persentasi cepat tidaknya star 2go kamu naik di level berikutnya.

Karena begitu menariknya leveling star ini, terdapat beberapa aplikasi booster untuk meningkatkan leveling star. Dan juga ada aplikasi Multy agar bisa mengakses/mengaktifkan lebih dari 1 akun dalam waktu bersamaan.

Misalkan pada artikel yang dibuat Bian ini, yang berjudul multy 2go 12in1 buat android, dia membuat artikel tentang bagaimana cara kita agar bisa mengakses beberapa akun 2go dalam waktu bersamaan.

Namun perlu dicatat, saya tidak tau apakah itu melanggar TOS atau tidak, yaitu dengan membuat atau memakai aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan leveling star dengan lebih cepat.

Mungkin segitu dulu untuk artikel kali ini sob, sedangkan untuk sobat yang penasaran dengan aplikasi 2go atau sekedar untuk bernostalgia dengan Mxit, sobat bisa mulai mencoba mendownload dan menggunakannya.

Oh iya, jangan lupa juga sapa saya jika ketemu di 2go sob. Nick room saya di 2go untuk saat ini adalah AriesExc, misal ingin ganti ya nicknya tetap dengan nama Aries dan di imbuhi dengan kata lainnnya, karena jika cuma Aries maka banyak kembarannya.

Akhir kata, tetap semangat, selalu berkarya dan tentunya jangan lupa bahagia.

sumber gambar : ventureburn.com

No comments:

Post a comment