Pengujian Situs Mobile Friendly - Think with Google

Pengujian Kecepatan dan Mobile Friendly Blog

Membangun situs, website, atau blog yang baik memiliki beberapa indikator yang perlu kita capai, beberapa diantarannya adalah mobile friendly dan kecepatan loading.

Ada banyak cara untuk mengetahui skor mobile friendly dan kecepatan loading blog kita. Salah satu diantaranya adalah dengan pengujian situs mobile friendly - Think with Google. Sebuah situs pengujian yang saya ketahui dari notifikasi saat baru masuk ke akun google.

Baca Juga: Apa Tujuan Kita Menjadi Blogger?

Cara menggunakannya dengan mengunjungi:

testmysite.thinkwithgoogle.com, atau

testmysite.thinkwithgoogle.com/intl/id-id/ (bahasa indonesia)

kemudian memasukkan url blog kita, lalu tekan "uji sekarang"

Berikut ini screenshotnya:









Dari pengujian pada blog ini saya rasa mendapat skor lumayan. Namun meskipun alat ini menghasilkan skor mobile friendly dan skor kecepatan loading blog, bukan berarti harus memiliki skor tinggi. kenapa demikian?,

Apakah pengujian mobile friendly dan kecepatan blog tidak terlalu penting?,

Berikut ini penjabarannya.

Diera sekarang sebagian besar pengunjung datang dari smartphone, hal ini menganjurkan para blogger untuk membuat blognya dapat terlihat dengan baik di perangkat smartphone, baik dari segi navigasi yang mudah, maupun kecepatan loading yang baik.

Namun, kita juga harus ingat dengan strategi dari blog kita masing masing. Misalnya adalah blog yang kompleks seperti blog yang memiliki gambar yang besar, hal ini akan membuat skor yang lebih rendah dibandingkan blog yang lebih kecil dan sederhana.

Selain gambar, jumlah banner iklan yang tertempel pada blog tentu juga mempengaruhi skor kecepatan secara signifikan.

Jadi hasil skor ini hanya perlu kita anggap sebagai masukan yang bisa dipertimbangkan atas dasar objektivitas blog kita. Jangan sampai skor seperti ini bertentangan dengan strategi kita secara keseluruhan.

Berikut ini hasil dari beberapa blog yang saya uji user friendly dan kecepatan loadingnya dan diurutkan berdasarkan perolehan skor yang paling tinggi (28 Maret 2017):

skor kecepatan www.bungfrangki.com

skor www.bungfrangki.com

skor kecepatan sugeng.id

skor sugeng.id

skor kecepatan asharry.web.id

skor asharry.web.id

skor kecepatan www.blogooblok.com

skor www.blogooblok.com

skor kecepatan www.lindaikejisblog.com

skor www.lindaikejisblog.com

skor kecepatan www.maxmanroe.com

skor www.maxmanroe.com

Perolehan skor diatas akan berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi pada laman blog masing-masing.

Ada juga faktor perolehan skor selain dari indikator utama dari tool itu sendiri, misal dari kecepatan koneksi internet kita, terkadang pengujian dua kali memiliki hasil yanag berbeda.

Selain koneksi internet, juga ada selisih nilai skor jika terjadi pengalihan laman landas, misal menguji melalui smartphone dan memasukkan url tanpa "?m=1" (versi mobile) atau terjadi pengalihan dari asharry.web.id ke www.asharry.web.id, meskipun cuma selisih 4 poin aja.

Sebelum ini sebenarnya google juga telah membuat pengujian lain, yaitu Pengujian kecepatan PageSpeed Insights (developers.google.com/speed/pagespeed/insights/) dan pengujian situs mobile friendly (search.google.com/search-console/mobile-friendly), tetapi tidak saya bahas lebih jauh pada artikel ini.

Baca Juga: Template atau Tema Blogger Baru dengan 4 Desain Baru

Kesimpulannya adalah usahakan sebaik mungkin untuk membuat situs, website, atau blog kita menjadi mobile friendly dengan kecepatan akses yang baik demi kenyamanan pengunjung. Namun harus sesuai dengan porsinya masing-masing, sesuai dengan kepribadian dari blog itu sendiri.

2 comments:

  1. Mau nanya nih kok beda ya antara speed 'https://' dengan http:// (tanpa s). Saat saya coba uji di Google web master cenderung menggunakan 'https lebih berat.dibanding http (tanpa s)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kan di enkripsi.. jadi waktu akses sedikit lebih lama dan konten kita jadi sedikit lebih berat..

      Delete