Template atau Tema Blogger Baru dengan 4 Desain Baru

Template atau Tema Blogger Baru dengan 4 Desain Baru

Pada kurun beberapa bulan ini ada perubahan yang terjadi diproduk google, diantaranya tampilan dashboard blogger (blogspot) yang berubah menjadi lebih elegan, dan menghilangnya tab template diganti menjadi theme atau tema dalam bahasa indonesianya.

Sebutan template sangat identik dengan CMS blogspot, hal ini dikarenakan penggunaan istilah yang berbeda jika melihat dari rivalnya yang menggunakan istilah theme atau tema untuk penyebutan tampilannya.

Template blogger baru atau bisa dibilang template bawaan/standar/default blogspot yang baru, telah dirilis dibulan maret 2017 ini, resmi perilisannya kurang saya tahu, tetapi yang pasti saya baru mengetahui hari ini, 21 maret 2017. Hal ini saya ketahui setelah menerima informasi yang muncul secara pop up di dashboard blogger seketika setelah saya masuk.

Baca Juga: Blogger Menulis Untuk Keabadian

Seperti yang kita ketahui, sudah sangat lama sejak blogger.com terakhir kali merilis default templatenya, dan akhirnya sekarang merilis lagi.

Apa perbedaan template baru ini dengan template yang lama?

Template kali ini memiliki karateristik yang berbeda dari pendahulunya, yaitu modern (responsive), beda dari versi sebelumnya yg masih memakai tampilan versi mobile yang diperuntukkan bagi para pengunjung dari handphone (termasuk blog ini yang juga masih memakai versi mobile).

Template responsive adalah template blog yang lebar dan tampilannya dapat menyesuaikan diri dengan perangkat yang dipakai oleh pengunjung, baik melalui laptop/PC, tablet, maupun smartphone.

Era template responsive memang sudah 2 tahunan dimulai, dan sampai kesini semakin berkembang, alhasil semakin banyak template responsive yang telah bermunculan, hingga akhirnya blogger (blogspot) juga mengeluarkan default template responsivenya saat ini.

Apa keunggulan dari template baru ini?

1. Template ini termasuk dalam kategori template responsive, jadi sangat mobile friendly jika dilihat dari perkembangan penggunaan smartphone dan tablet dengan berbagai macam ukuran layar.

2. Karena merupakan template bawaan, tentunya optimalisasi maksimal sesuai dengan kebutuhan saat ini, yaitu kecepatan dan responsivitas.

3. Tampilan template yang elegan.

4. Gratis dan tidak ada link atribut pembuat template.

Jika jumlah template klasik blogspot sebelumnya berjumlah 7 macam, dengan kehadiran empat tema/template baru ini, maka jumlah total keseluruhannya menjadi 11 macam.

Sedangkan nama dari keempat desain tema baru tersebut adalah Contempo, Soho, Emporio, dan Terkemuka, dengan masing-masing memiliki 5 pilihan warna dan desain yang berbeda-beda.

Contempo
Desain Contempo (contoh blog)

Soho
Desain Soho (contoh blog)

Emporio
Desain Emporio (contoh blog)

Terkemuka
Desain Terkemuka (contoh blog)

Sebenarnya saya juga berminat untuk mengganti template blog ini dengan salah satu template tersebut, karena saya lebih suka memakai template/tema bawaan yang tentunya sudah dioptimalkan oleh blogger.com untuk kebutuhan saat ini.

Namun tidak sekarang, karena ada beberapa pertimbangan, termasuk masih males edit-edit template.

Bagi yang mau ganti template sangat direkomendasikan. Namun, seperti yang saya katakan sebelumnya, kadang dari kita juga masih berfikir dua kali untuk ganti template lagi, selain karena masih suka dengan template lama (baik versi mobile/responsive), tetapi juga membutuhkan waktu lebih untuk pengeditannya.

Baca Juga: Cara Menghias Blog dengan Baik dan Profesional

Meskipun begitu, over all, template atau tema ini mendapat apresiasi yang positif dari para blogger, khususnya yang memakai CMS blogspot.


(sumber gambar: blogger.googleblog.com)

No comments:

Post a Comment