4 Cara Mudah Membuat Blog Yang Dapat Menarik Banyak Pengunjung

Membuat Blog Yang Dapat Menarik Banyak Pengunjung

Pengunjung adalah ujung tombak atau jiwa dari suatu blog atau website, memang karena pengunjunglah kita tidak sia-sia selama ini. Dengan benyaknya pengunjung/visitor pada blog kita maka blog kita akan menjadi hidup dan bernilai.

Sedangkan bagi para blogger yang menjadi seorang publisher adsense dan affiliate, pengunjung adalah faktor untuk mengukur penghasilannya, untuk itu pada postingan kali ini kita akan membahas "4 Cara Mudah Membuat Blog Yang Dapat Menarik Banyak Pengunjung", yakni sebagai berikut:

1.  Berbeda Dari Yang Lain.

Mencoba untuk menjadi yang paling berbeda adalah hal yang penting menurut saya. Karena perbedaan termasuk kedalam sebuah inovasi dan kreatifitas dari kita. Coba kita pikirkan jika blog kita berbeda dari yang lain maka blog kita akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung/visitor, atau malah akan menambah poin untuk diperhatikan dan memberi kesan baik.

Maka dari itu mari kita mencoba untuk melakukan dan membuat yang berbeda dari yang lainnya. Sedangkan perbedaannya bisa meliputi poin-poin sebagai berikut:

a. Desain/Tampilan Blog

Desain blog adalah hal pertama yang membuat pembaca/pengunjung kita terkesan dan nyaman oleh blog kita. Oleh karena itu hal ini perlu diperhatikan dengan baik.

Misalnya adalah cobalah untuk memakai desain/template yang berbeda dari blog yang memiliki niche yang sama dengan kita.

Jika dari observasi blog paling populer dengan niche kita menggunakan gaya magazine, maka cobalah untuk membuat blog anda dengan gaya lebih tradisional, atau mungkin yang lain. Yang tentunya lebih inovatif dan kreatif

Tapi ingatlah, yang terpenting dari desain/template adalah membuat pengunjung nyaman ketika membaca, jadi dalam hal ini warna juga perlu diperhatikan, misal warna yang baik/elegan adalah biru, oren, hijau, putih, dan hitam, tetapi akhirnya tetap saja tergantung dari kombinasi warna yang kita pilih.

Baca Juga: Cara Menghias Blog dengan Baik dan Profesional

b. Gaya Konten

Content Style atau Gaya konten memang bukan yang terpenting bagi blog kita, tetapi juga perlu kita perhatikan. Kemudian gaya konten yang bagaimana?

Kita perlu mencoba membangun gaya yang unik dan berkarakteristik yang berbeda dari semua blogger yang pernah ada sebelumnya.

Keunikan itu bisa meliputi penempatan gambar pada artikel diblog kita, font/gaya huruf yang kita gunakan, dan rumus ataupun konsep dalam penyusunan artikel. Tetapi hal ini jangan dipaksakan, karena akan muncul sendiri dari diri kita, karena setiap blogger mempunyai keunikan masing-masing.

c. Format Konten

Format konten yang dimaksud disini adalah jenis postingan, apakah itu vidio, audio, gambar, artikel atau yang lainnya. Gunakan jenis postingan yang unik di niche kita, yang tentunya membatu visitor untuk memahami konten kita dengan baik.

Misal mereka menggunakan artikel dan gambar saja, maka kita menggunakan artikel gambar dan vidio atau artikel dan vidio saja. Tetapi ingat, jangan berlebihan dalam menggunakan gambar dan vidio dalam artikel, karena bisa membuat loading berat pada blog kita.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar Agar SEO Friendly

Jadi lakukanlah sewajarnya, efektif, dan seefesien mungkin, sehingga tidak mengganggu pengunjung ketika sedang membaca artikel kita, karena kenyamanan pengunjung adalah salah satu hal yang penting untuk diutamakan.

d. Topik Blog

Topik blog sangatlah penting, karena sebelum membuat blog kita harus memilih topik yang tepat, sesuai bakat kita, dan tentunya unik dari yang lain. Misal kita bisa menggabungkan 2-3 topik terkait untuk memilih topik yang unik dan tepat.

Contoh: Karya kisah adalah blog tentang motivasi, cerita inspiratif, tips menghadapi masalah kehidupan. Mungkin ada dari kita yang beranggapan ini tidak terlalu penting, tetapi tidak ada salahnya kita coba, kita akan mencoba membuat sesuatu yang luar biasa dan berbeda.

Kesimpulannya dari beberapa kriteria diatas adalah kita harus dapat membuat para visitor/pengunjung mudah mengingat blog kita mulai desain, format konten, dan bahkan topik di blog kita.

2.  Membuat Konten Yang Unik dan Menarik

Dari desain dan format yang telah kita pilih sebelumnya, sekarang waktunya untuk fokus membuat konten yang unik dan menarik, dan tentu harus berhubungan dengan topik yang kita pilih. Cobalah untuk membuat konten yang tidak akan ditemukan di blog lainnya.

Dan juga buatlah postingan yang informatif dan tidak mudah kedaluarsa. Tidak lupa, cobalah juga untuk menggunakan beberapa tips seo dasar yang baik, sehingga postingan kita mempunyai peringkat lebih tinggi di search engine (google, yahoo, dll) dan tentu meningkatkan traffic pengunjung blog kita.

Untuk membuat potingan yang unik dan menarik, fokuslah pada:

a. Studi Kasus (mempelajari apa yang terjadi)
b. Panduan (seperti tips, trik, dan tutorial)

Kita perlu fokus pada kedua poin itu, karena hal itu akan membuat kita menjadi seorang profesional di niche blog/website kita. Dan menunjukkan bahwa kita tahu apa yang kita lakukan atau apa yang telah kita tulis.

Dan tambahan yang tidak kalah pentingnya adalah usahakan konten terdiri dari 500 atau 1000 kata keatas. Karena semakin panjang dan pembahasan yang mendalam dari suatu artikel, maka akan semakin bermanfaat pula bagi orang lain.

Jika ingin mengecek jumlah kata dari artikel kita, sobat bisa mengeceknya melalui tool pada artikel Cara Menghitung Jumlah Kata Artikel Dengan Cepat.

3.  Menyempurnakan Desain Halaman

Untuk menyempurnakan halaman kita sama halnya menunjukkan seberapa baik layanan kita pada para pengunjung. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan/disertakan dalam hal penyempurnaan ini:

a. Judul yang menarik dan unik (misal: Cara termudah membuat blog yang profesional),
b. Gaya huruf, tatanan tulisan, dan juga tatanan bahasa yang baik dan berkualitas,
c. Menyertakan About Us/Me, Contact, Privacy Policy, dan Disclaimer,
d. Navigasi yang baik dan jelas, tentunya juga beberapa label postingan,
e. Dan hal lainnya yang membuat visitor tertarik dengan website/ blog kita.
    Kalian tidak harus mengikuti tips ini, tapi saya kira ini adalah salah satu hal baik yang perlu dilakukan oleh seorang blogger/pemilik blog atau website yang profesional.

    4.  Meminjam Beberapa Otoritas

    Selanjutnya adalah meminjam beberapa otoritas, cara terbaik untuk melakukan hai ini adalah guest blogging. Guest Bogging adalah kegiatan menulis artikel di blog lain dengan imbalan mendapatkan link berkualitas dari artikel tersebut ke blog kita, ini untuk Link Building. Dengan Guest Bogging kita akan:

    a. Mendapatkan beberapa traffic untuk blog kita
    b. Mendapatkan Klien
    c. Dan jika kita menawarkan jasa, maka kita tampilkan pekerjaan kita

    Dan ketika mereka mengunjungi blog kita dari link building yang kita buat, lalu melihat konten yang menarik di blog kita, mereka akan berpikir untuk mengunjungi blog kita lagi bahkan berkali-kali.

    Perlu kita ketahui juga, bahwa hal terbaik tentang guest blogging adalah bahwa hal itu dapat membawa traffic ke blog kita selamanya.

    Demikianlah artikel 4 Cara Mudah Membuat Blog Yang Dapat Menarik Banyak Pengunjung yang dapat saya sampaikan untuk membuat blog kita banyak pengunjungnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para sahabat blogger.

    Inspirasi artikel: sf-disturb

    2 comments:

    1. Poin yang paling saya suka itu yang pertama min. Berbeda dari yang lain, sesuatu hal yang berbeda dari keseharian bukanlah hal yang salah, justru hal itu menambah variasi kekayaan sudut pandang kita tentang hidup, so, let's be different and be ourself. :)

      Agung Kharisma
      Daily Blogger Pro

      ReplyDelete
      Replies
      1. benar sekali mas, sama halnya dengan orang yang sukses, mereka melakukan sesuatu yang berbeda dari orang lain, dimana orang lain juga belum dan tidak siap untuk melakukan sesuatu itu dengan waktu yang cukup lama :)

        Delete