10 Tips SEO Untuk Blog atau Website Baru

10 Tips SEO Untuk Blog atau Website Baru
Search Engine Optimation atau disingkat SEO adalah suatu topik yang sering dibahas oleh para blogger. Karena bagi sebagian besar blogger, SEO adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan demi kemajuan blog atau websitenya.

SEO bukan hanya sekedar pengetahuan tapi adalah sebuah seni bagi para blogger. SEO sendiri berfungsi untuk meningkatkan atau menumbuhkan trafik ke blog/websitenya yang berasal dari search engine seperti google dan yahoo.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "10 Tips SEO Untuk Website/ Blog Baru". Berikut ini adalah beberapa startegi yang perlu kita ketahui untuk meningkatkan SEO blog/website kita supaya bisa menumbuhkan lebih banyak trafik yang masuk:

1. Menunjukkan Ekspetasi (Harapan)

Seperti yang kita tahu, blog/website yang baru kita buat belumlah dipercaya, mungkin memang masih sedikit halamannya dan juga masih minimnya konten yang unik. Dan pastinya kita belum bisa mendapatkan trafik yang tinggi, baik dengan mengoptimalkan SEO.

Untuk itu kita perlu menfokuskan blog/website kita pada rencana jangka panjang, rencana untuk membangun sebuah kepercayaan, konsistensi membuat konten yang berkualitas, dan yang terpenting adalah bagaimana kita mempermudah pengunjung/pelanggan agar bisa menemukan blog/website kita.

2. Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan adalah salah satu hal yang penting, terutama kepercayaan dari search engine (google,yahoo,dll) pada blog/website kita. Salah satu caranya adalah mengkreasi konten agar menjadi fress dan secara konsisten membuat konten yang berkualitas, baik, dan unik.

Dengan begitu banyak website yang menautkan diri ke website kita. Sehingga berlahan tapi pasti, search engine pun akan percaya pada blog/website kita.

Selalu ingatlah, konten adalah yang terpenting pada blog kita, jadi semakin berkualitas dan terupdate akan meningkatkan kualitas blog kita di search engine dan dimata para pengunjung blog/website kita.

3. Menjadi Ahli

Pada tahap awal strategi SEO mungkin kita belum meningkatkan trafik secara signifikan. Untuk itu rencana jangka panjang adalah ujung tombaknya, yakni kita harus menjadi seorang ahli dibidang yang kita geluti.

Jika kita ahli di niche blog/website kita, tentu saja itu menciptakan nilai lebih di segi manfaat bagi pengunjung dan kepercayaan dari blog/website lain, sehingga kita akan menghasilkan tautan dari mereka.

Kemudian ketika search engine melihat banyak tautan menuju situs kita, maka search engine akan mulai berfikir bahwa situs kita ahli di bidang tertentu. Karena search engine menggunakan keahlian sebagai salah satu faktor dalam meningkatkan rangking halaman di hasil pencarian

4. Menciptakan Konten

Kreasi konten cukup penting bagi blog/website kita. Dan ada tiga hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat konten yang baik dan juga berkualitas:

a. Konsisten membuat konten dengan kreasi dan kualitas yang seimbang, yang tentunya original.
b. Tidak berlebihan dan tidak hanya mengandalkan SEO saja,
c. Mempunyai strategi untuk mempromosikan konten secara efektif dan efisien, serta
d. Strategi membangun tautan untuk konten yang kita buat.

Dan yang paling terpenting dari semua itu adalah konsisten membuat konten yang original tanpa adanya artikel hasil copas, yang mana bermanfaat bagi semua orang. Karena blog yang informatif bagi semua orang adalah yang paling utama.

5. Membangun Inbound Links

Setelah kita fokus untuk meningkatkan blog/website yang menautkan diri ke blog/website kita, kita juga perlu membangun tautan yang menuju ke website kita atau lebih dikenal link Inbound.

Misalnya adalah dengan cara blog walking dan dengan membangun link antar konten agar pengunjung/pelanggan lebih mudah menemukan konten/artikel yang telah kita buat, hal ini juga dikenal dengan SEO On-Page. Dan juga pastikan tautan yang kita buat sealami mungkin.

6. Eksis di Sosial Media

Di zaman sekarang sosial media (facebook, twitter, dan google+ berkembang dengan begitu pesat dan tentu saja masyarakatlah yang membuat hal ini terjadi, meningkatnya pengguna sosial media juga meningkatkan pola berfikir pada para marketing blogger/webmaster.

Dengan kita eksis di sosial media, yakni dengan memperkenalkan blog/website kita seperti membuat fans page tentu akan berdampak positif. Karena sekarang search engine seperti google telah merayap pada percakapan maupun postingan di facebook dan twitter, semua itu akan menjadi penentu kualitas situs kita.

Tetapi ingatlah untuk tidak berlebihan dalam mempromosikan blog kita. Terkadang promosi yang berlebihan dapat menyebabkan blog kita dianggap blog spam oleh google. hal ini akan menurunkan reputasi blog kita dimata google. Jadi berusaha untuk bemain alami dan mengalir dengan sewajarnya.

Baca Juga: Cara Menghias Blog dengan Baik dan Profesional

7. Menautkan Diri Pada Website Lain

Setelah sebelumnya kita berusaha membangun kepercayaan agar website lain mau menautkan diri ke website/blog kita, sekarang kita juga berusaha menautkan diri ke blog lain. Kita harus berusaha untuk itu, meskipun memang sebagian website/bog mencoba menimbun tautan dan tidak menautkan diri pada website lain, terutama para blog/website yang sudah mapan.

Tetapi dengan menautkan diri ke blog orang lain dengan cara yang baik dan tepat, bisa membangun hubungan dan mempererat tali persaudaraan kita terhadap para blogger yang lain, hal ini sama halnya mempromosikan blog kita, apalagi pada situs profesional tingkat dunia seperti wikipedia.

8. Membuat Lebih Banyak Tautan

Untuk mengatasi masih sedikitnya tautan dari pihak luar, kita bisa memakai trik pada blog/website kita, yakni dengan  menciptakan lebih banyak tautan pada halaman (SEO On-Page), dengan demikian halaman-halaman di blog/website kita akan lebih cepat di telusuri dan diranking oleh mesin pencari seperti Google. Tetapi tetap sesuai dengan porsi yang sewajarnya.

9. Tujuan kita dari Optimasi SEO

Website atau Blog dengan Ranking 10 besar di pencarian atau muncul di halaman terdepan di Search Engine seperti Google dan Yahoo harus menjadi tujuan utama kita.

Dengan tampil dihalaman pertama, situs kita akan mendapat keuntungan besar, walaupun notabennya adalah tergolong blog/website yang masih baru. Jadi sangat perlu optimasi SEO yang baik.

10. Mencoba Lebih Bewarna

Pada SEO tradisional, selalu berkutat pada bagaimana kita menulis konten. Dan blog/website sekarang tidak hanya berisi konten dengan tulisan saja, yang tentunya membosankan. Sekarang kita perlu membuatnya lebih bewarna, seperti menambahkan gambar dan vidio dari chanel youtube. 

Tapi kita tetap harus memperhatikan kualitas teks dalam konten dan dengan porsi yang baik. Karena penambahan gambar dan vidio juga berarti waktu loading blog kita akan bertambah pula.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membuat Blog Yang Dapat Menarik Banyak Pengunjung

Demikian adalah 10 tips SEO untuk website/blog baru, semoga ulasan diatas dapat membantu dan memberi bermanfaat bagi para sahabat blogger.

Inspirasi artikel: hasbihtc

No comments:

Post a comment